5 Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik untuk HP Android atau iOS

Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik (AppReviewsBucket)
Aplikasi Pencatat Keuangan Terbaik (AppReviewsBucket)

Jangan sampai kismin di akhir bulan jadi siklus yang selalu berulang. Pakai aplikasi pencatat keuangan terbaik di bawah agar keuangan pribadi lebih terjaga.

Harus diakui, mengatur keuangan bukanlah persoalan gampang. Sekalipun kebutuhan dasar sudah dipenuhi, tanpa mencatat pengeluaran kamu tetap bakal kesulitan. Akhirnya, kismin di akhir bulan.

Dulu, solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan mencatat pengeluaran pada buka kas. Dari buku tersebut, kamu bisa melacak pemakaian uang setiap bulan serta sisa yang bisa ditabungkan.

Penghitungannya sederhana, hanya menggunakan variabel Saldo dan Debit lalu total atau sisa.

Kelemahannya, kamu perlu meluangkan waktu khusus untuk mencatat pengeluaran dalam sehari. Tentu dirasa sulit bagi kamu yang sudah dibikin sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan, bukan?

Aplikasi Pencatatan Keuangan Terbaik

Beruntungnya, kini sudah ada lho aplikasi pencatat keuangan. Diisi dengan cara pencatatat keuangan pada umumnya, kamu bisa lebih mudah dan leluasa dalam melacak konsumsi dan penggunaan uang dalam sebulan.

Terlebih, aplikasi ini juga bisa dipakai oleh pengguna HP Android maupun iOS. Mau tahu apa aja aplikasi pencatat keuangan terbaik saat ini? Coba deh cek uraian di bawah.

AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi AndroMoney (Play Store)
Aplikasi AndroMoney (Play Store)

Aplikasi AndroMoney merupakan salah satu aplikasi pencatat keuangan yang sukses. Bahkan, layak disebut sebagai yang terbaik.

Beberapa fiturnya yang tersedia mendukung penggunaan akun lebih dari satu, melihat transaksi dan saldo akun, fungsi budgeting, serta bisa menampilkan banyak kurensi.

Kalo kamu ingin mendapatkan data selama beberapa bulan, AndroMoney juga menyediakan fitur pengunduhan data dalam bentuk file Excel. Wajar kiranya kalo aplikasi berukuran 26MB ini sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna HP Android maupun iOS.

Apalagi, pengembang juga sudah merancang tampilan antarmuka yang menjanjikan kenyamanan pengguna pemula. Terakhir, kamu bisa menggunakan layanannya secara gratis!

Financial Calculator

Aplikasi Financial Calculator (Play Store)
Aplikasi Financial Calculator (Play Store)

Kalo kamu punya keinginan dan ingin merancang pendanaan, aplikasi Financial Calculator merupakan aplikasi yang penting untuk dimiliki. Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki sejumlah kalkulator yang bisa membantumu merancang berbagai hal.

Mulai dari pencarian pinjaman, pengambilan KPR, dan masih banyak lagi. Cukup masukkan angka, durasi waktu peminjaman, bunga yang dijadikan sebagai syarat pinjaman, maka kalkulator bakal menghitungkan berapa banyak tagihan setiap bulan yang harus kamu setorkan.

Memang, aplikasi ini nggak mengatur keuangan sebagaimana aplikasi lain. Tapi, setidaknya aplikasi ini bisa membantumu dalam hal budgeting untuk kebutuhan-kebutuhan yang dirasa mendesak.

Goodbudget: Budget & Finances

Aplikasi Goodbudget Budget Planner (Play Store)
Aplikasi Goodbudget Budget Planner (Play Store)

Goodbudget merupakan aplikasi yang cukup populer dipakai untuk merancang pendanaan. Aplikasi ini mendukung akses lewat berbagai platform; mulai dari HP Android, website, iPhone. Dan ketiga platform tersebut bisa disinkronisasikan, sehingga memudahkanmu selama menggunakannya, bukan?

Tampilan antarmuka dan navigasi cukup memudahkan pengguna. Kamu juga bisa mengunduh data yang tersimpan dalam bentuk file CSV, QFX (untuk platform Quicken), OFX (untuk platform Microsoft Money), dan masih banyak lagi.

Beruntungnya, aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Saking komplitnya layanan yang sudah ditanamkan, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari satu juta pengguna dan mendapatkan rating 4,5 pada Google Play Store.

Mint: Budget, Bills, & Finance Tracker

Aplikasi Mint (Play Store)
Aplikasi Mint (Play Store)

Sebenarnya Mint merupakan pengganti dari aplikasi yang lebih lawas bernama Mint Bills. Kedua aplikasi dikembangkan oleh studio Intuit, studio yang juga mengembangkan aplikasi TurboTax. Dan sebagai aplikasi baru, pengembang sudah menanamkan fitur yang lebih banyak pada Mint.

Ya, bisa dibilang kalo kamu bisa mendapatkan banyak hal dalam satu aplikasi. Mulai dari mengatur keuangan, mencatat pengeluaran, bahkan membayar tagihan bulanan!

Di samping itu, aplikasi ini juga menyediakan penilaian dalam bentuk credit score, pengingat untuk membayar tagihan, hingga otentifikasi multi-faktor sebagai keamanan. Cukup komplit, bukan?

Monefy: Monefy Manager

Aplikasi Monefy (Play Store)
Aplikasi Monefy (Play Store)

Aplikasi pencatat keuangan terbaik selanjutnya yakni Monefy. Aplikasi ini dikembangkan oleh studio Aimbity AS dan sudah diakui oleh banyak pengguna sebagai salah satu aplikasi pencatatan keuangan terbaik untuk HP Android atau iPhone.

Aplikasi ini menawarkan fitur yang sederhana. Dan aplikasi ini terbilang cepat meraih popularitas berkat kemudahannya untuk digunakan. Soalnya, pengembang sudah merancang agar fitur dan tampilan bisa memudahkan pengguna dalam menambahkan data baru; baik data transaksi maupun pendanaan.

Aplikasi Monefy bisa kamu unduh secara gratis lewat Play Store. Akan tetapi, untuk membuka beberapa fitur yang lebih penting, kamu perlu membayar biaya bulanan.

Nah, itulah pilihan aplikasi pencatat keuangan terbaik 2020 untuk HP Android dan iPhone versi Droila. So, nggak perlu khawatir kalo keuanganmu bocor lagi, kan?

Setiap habis gajian, langsung aja catat jumlah uang yang masuk ke aplikasi ini. Mudah dipakai, mudah pula dipahami bagaimana keuanganmu selama ini. Dengan begitu, nggak perlu deh khawatir kismin di akhir bulan!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like