58 Aplikasi Kursus Online Bersertifikat yang Bisa Dipilih untuk Program Kartu Prakerja

kursus online bersertifikat (unsplash)
kursus online bersertifikat (unsplash)

Program Pra Kerja gelombang 12 akan segera dibuka. Sejak diluncurkan pada bulan Maret 2020 lalu, program ini telah sukses mengakomodasi kurang lebih 35,1 juta masyarakat untuk mendapatkan hak mengakses aplikasi kursus online bersertifikat.

Diharapkan, menggunakan sertifikat keahlian tersebut, masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 mampu berdaptasi dengan Kebiasaan Baru. Baik dengan cara mencari lini pekerjaan baru atau bahkan mengembangkan usaha sesuai keahlian yang dimiliki.

Seperti biasa, pemerintah bekerja sama dengan platform kursus online dalam pelaksanaan program Kartu Prakerja. Mitra resmi platform digital yang bisa dipilih pengguna antara lain Tokopedia, Kemnaker, Bukalapak, Pintaria, Pijar, Mau Belajar Apa, serta Sekolahmu.

Selain itu, masih ada juga aplikasi kursus online lain yang juga bekerja sama dengan program ini. Contohnya seperti SkillAcademy, Tempo Institute, Excellence Asia, Udemy, Binus Center, Luar Sekolah, Cakap, Pakar, dan masih banyak lagi.

Total, terdapat 58 lembaga kursus online yang sudah terdaftar dan bisa kamu beli kelas online yang disediakan. Tim Droila mengutip keterangan dari situs resmi Prakerja, berikut ini pilihannya.

Pelatihan kursus online (Fisipol UGM)
Pelatihan kursus online (Fisipol UGM)

Aplikasi Kursus Online Terbaik yang Bekerjasama dengan Program Pra Kerja

Jika dihitung, terdapat puluhan aplikasi kursus online bersertifikat yang bisa dipilih pengguna. Nah, untuk memudahkan pencarian, tim Droila sudah rangkumkan tujuh platform kursus online terbaik berdasarkan pilihan kelas online yang disediakan. Mau tahu?

SkillAcademy – Kelas Online Terbaik Bersertifikat

Baik kamu seorang peserta Program Pra Kerja, maupun orang yang ingin menambah kemampuan, bisa kok mempercayakannya pada Skill Academy. Platform kelas online terlengkap bersertifikat ini dikembangkan Ruangguru.

Kamu bisa mengakses berbagai kelas online. Mulai dari kelas Bisnis & Keuangan, Pemasaran, Pengembangan Diri, hingga Teknologi & Software. Setiap kamu selesai menyelesaikan kelas, peserta berhak mendapatkan sertifikat –yang tentunya bisa kamu pakai untuk mendaftar kerja.

Selain itu, setiap materi dibawakan oleh para profesional di bidangnya. Mulai dari profesional industri teknologi, bisnis, keuangan, hingga ahli dalam hal pengembangan diri. So, jangan sampai melewatkan setiap kelas yang disediakan, ya.

Udemy – Aplikasi Belajar Bahasa, Pemrograman, Marketing, hingga Pengembangan Diri

Diluncurkan pada tahun 2010, Udemy merupakan platform kursus online bersertifikat yang ditujukan bagi profesional maupun para pencari kerja. Pada bulan Januari lalu, platform ini sudah diakses lebih dari 50 juta siswa dan memiliki 57 ribu pengajar yang terbagi dalam 65 bahasa.

Melihat jumlah peserta, pengajar, serta materi yang ditawarkan, tentu kamu berpikir kalo aplikasi kursus online ini hanya berbayar saja. Padahal, ada banyak pelatihan online gratis yang ditawarkan Udemy, lho. Bahkan jenis materinya pun beragam, mulai dari pengembangan diri, perencanaan keuangan, sampai programing atau kemampuan digital lainnya.

Aplikasi kursus online bersertifikat (Teknologi)
Aplikasi kursus online bersertifikat (Teknologi)

Pintaria – Kursus Online IT, Bahasa, Industri Kreatif, dan Bisnis

Satu lagi perusahaan rintisan asal Insdonesia yang menyediakan kursus keahlian dari berbagai bidang. Mulai dari belajar online bahasa bersertifikat, IT, bisnis, industri kreatif, kuliner, perhotelan, dan masih banyak lainnya.

Dikembangkan oleh Haruka Edu, Pintaria bekerja sama dengan berbagai mitra lembaga kursus. Antara lain: Algoritma; Bina Mutu Bangsa; Cakap; Dattabot; DynEd; English First; English Today; EZtudia; Internasional Test Center; Kennedy, Voice & Berliner; London School of Public Relations; CloudSwyft x MyEduSolve; dan lain-lain.

Yang pasti, masing-masing mitra menyediakan sertifikat yang bisa kamu pakai untuk mendaftar kerja di perusahaan berskala lokal hingga internasional! So, tawaran yang menarik, bukan?

Sekolah.mu

Berdasarkan keterangan dari situs resmi, program Kartu Prakerja dari platform Sekolah.mu dirancang khusus untuk mendukung pelatihan skill dengan kurikulum aplikatif. Kurikulum tersebut disusun secara kolaboratif oleh pemimpin usaha industri, praktisi profesional, serta ahli pendidikan.

Macam-macam kelas keahlian bersertifikat yang bisa kamu pilih dari platform ini ada beragam. Mulai dari keahlian pemrograman, menjahit, bahasa, marketing serta public speaking.

Untuk memberikan hasil terbaik, Sekolah.mu sudah bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan terpercaya. Seperti Arsikei Consulting, Binus Center, PT Yureka Edukasi Cipta, Kita Juara, Gordi, Skillify, Data Academy, Maxima, hingga Clevio Coder Camp.

platform kursus online (TechGyd)
platform kursus online (TechGyd)

Tokopedia

Selain menawarkan layanan e-commerce, Tokopedia mulai melebarkan sayapnya ke bidang pelatihan online terlengkap. Tak tanggung-tanggung, platform yang dipimpin CEO William Tanuwijaya ini menggandeng 14 mitra lembaga pendidikan, baik lembaga offline maupun online.

14 mitra yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia dan bisa kamu pilih kelas keahliannya antara lain Excellence Asia, Udemy, Pakar, Luar Sekolah, Cakap, Kelas.com, Tech in Asia Edu, Dicoding, Babastudio, Tempo Institue, Mina Indonesia, Binus Center, Sekolah Desain, serta International Design School.

Dari 14 mitra tersebut, kamu bisa memilih kelas online dari berbagai bidang. Mulai dari keahlian fotografi, bisnis, pemrograman, kecantikan, hingga jasa. Di setiap akhir pembelajaran, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang bisa dipakai untuk mendaftar pekerjaan, lho.

Nah, itulah berbagai aplikasi kursus online bersertifikat yang sudah bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja. Untuk peserta Gelombang 11, bisa lho salah satu platform kelas online di atas.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like