7 Aplikasi Emulator Android Teringan, Gratis dan Bisa untuk PC RAM 1GB!

Aplikasi emulator Android teringan (Unipin)
Aplikasi emulator Android teringan (Unipin)

Emulator Android bisa dipakai untuk melayani berbagai kebutuhan. Entah kamu seorang pengembang program komputer yang sedang mengujicoba aplikasi, atau gamer yang ingin memainkan game Android lewat layar PC. Apapun kebutuhannya, pasang aplikasi emulator android teringan di bawah aja.

Kini, kita nggak kekurangan pilihan aplikasi emulator untuk laptop atau PC. Kamu bisa menemukan banyak pilihan yang sudah tersedia lewat mesin pencari Google.

Hanya saja, sudah rahasia kalo kamu membutuhkan laptop berspesifikasi menengah agar bisa menjalankan aplikasi emulator Android tanpa kendala. Artinya, jarang ada aplikasi sejenis yang bisa dipasangkan pada laptop atau PC berspesifikasi rendah.

Nah, untuk kamu yang terkendala spesifikasi laptop, lebih baik pasang aja emulator android teringan di bawah. Tenang aja, masing-masing aplikasi sudah teruji dan diakui oleh banyak pengguna, kok.

Emulator Android paling ringan dan cepat (Android Authority)
Emulator Android paling ringan dan cepat (Android Authority)

Aplikasi Emulator Teringan untuk Laptop atau PC Windows atau Mac

Proses pemasangan aplikasi emulator bukanlah hal yang mudah. Cukup masuk ke halaman pengunduhan aplikasi, download file yang biasanya diakhiri dengan ekstensi .EXE, kemudian pasang pada laptop atau PC kalian.

Tanpa panjang lebar, berikut ini pilihan emulator Android teringan yang bisa kamu gunakan.

KOPlayer

Software KOPlayer (YouTube)
Software KOPlayer (YouTube)

Download KOPlayer: Windows | Mac

Seperti aplikasi emulator Android yang lain, layanan KO Player fokus pada menghantarkan pengalaman gaming Android lewat PC tanpa lag atau gangguan lain. Dan yang jelas, aplikasinya ringan dan cepat!

Tampilan interface yang sederhana serta mendukung pengoperasian berbagai perangkat Android. Keuntungan itu bisa kamu dapatkan tanpa membayar sedikit pun.

Di samping itu, pengembang juga nggak menyediakan metode pembayaran di dalam aplikasi, kok. Tapi,  kelemahannya, kamu bakal menemukan banyak iklan di mana-mana.

Kelemahan lainnya, terkadang software ini bakal freezes. Dan sampai sekarang masih belum diketahui apa penyebabnya.

LDPlayer

Aplikasi LDPlayer (AndroidAuthority)
Aplikasi LDPlayer (AndroidAuthority)

Download LDPlayer: Windows

LDPlayer adalah emulator Android yang fokus pada layanan gaming. Menjalankan sistem operasi Android 7.1 Nougat, LDPlayer dibekali beragam fitur yang bakal memaksimalkan pengalaman gaming pengguna.

Fitur-fitur tersebut antara lain mapping kontrol keyboard, dukungan FPS tingkat tinggi, grafis, dan masih banyak lagi. Di samping itu, software ini selalu diperbarui secara berkala. Sehingga, setiap bug yang kamu temui pun bakal teratasi ketika ada pembaruan.

Game Android atau iPhone yang bisa kamu mainkan antara lain Among Us, Free Fire, Mobile Legends, Rise of Kingdoms, dan masih banyak lagi. Dan berkat pembaruan terakhir, LDPlayer sekarang sudah bisa menjalankan game MOBA League of Legends: Wild Rift.

Android Studio’s Emulator

Android Studio's Emulator (Android Developers)
Android Studio’s Emulator (Android Developers)

Download Android Studio’s Emulator: Windows | Mac

Sebenarnya, ini bukanlah emulator Android seperti layanan lain. Android Studio merupakan platform untuk pengembang aplikasi yang disediakan oleh Google. Dan aplikasi ini bakal membantu pengembang dalam membuat aplikasi maupun game untuk smartphone Android.

Nggak cuma itu aja, Google juga menyediakan fitur emulator –yang bisa kamu pakai untuk mengujicoba aplikasi atau game lwat komputer. Sayangnya, pengaturan dan penyesuaian halaman terbilang rumit serta membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, kalo kamu bukan seorang pengembang, mendingan sih download emulator Android ringan yang lainnya, ya.

Gameloop

Aplikasi Gameloop (Tencent Game Assistant)
Aplikasi Gameloop (Tencent Game Assistant)

Download Gameloop: Windows

Membicarakan emulator Android teringan, kurang komplit rasanya jika nggak menyertakan Gameloop. Ya, software yang sebelumnya bernama Tencent Gaming  Buddy ini merupakan salah satu emulator android teringan yang wajib kamu miliki.

Soalnya, aplikasi ini bisa bekerja optimal pada semua jenis perangkat dan menyediakan beragam pilihan game mobile populer. Mulai dari Call of Duty Mobile, Chess Rush, Mobile Legends, hingga game RPG seperti Tales of Demons and Gods.

Namun, seperti namanya, software ini cuma tersedia untuk PC Windows saja. Selain itu, layanannya pun cuma bisa dipakai untuk bermain game. Alhasil, nggak disarankan kalo kamu bekerja sebagai pengembang yang pengin uji coba aplikasi.

Genymotion

Software Genymotion (YouTube)
Software Genymotion (YouTube)

Download Genymotion: Windows

Ini lho aplikasi emulator yang dipakai oleh sebagian besar pengembang aplikasi Android. Genymotion menyediakan layanan yang bisa membantumu mengujicoba aplikasi lewat berbagai jenis smartphone –tanpa perlu memiliki. Singkatnya, Genymotion menyediakan layanan Virtual Device atau smartphone virtual.

Layanan Genymotion lainnya yakni konfigurasi emulator jadi beragam jenis HP Android dan versi OS sesuai kebutuhan. Contohnya, kamu bisa kok membuka aplikasi lewat HP Nexus One dengan dukungan Android 4.2 atau Nexus 6 dengan Android 6.0 melalui PC.

Selain itu, aplikasi Genymotion juga menyediakan layanan untuk mengubah jenis Virtual Device dengan mudah. Sayangnya, kamu perlu membayar biaya berlangganan agar bisa menggunakan fitur komplit dari aplikasi.

Sedangkan untuk penggunaan personal, kamu bisa mengunduh software Genymotion secara gratis. Tapi tentu saja dengan fitur-fitur yang sudah dibatasi.

NetEase MuMu Player

Aplikasi NetEase MuMu Player (Android Authority)
Aplikasi NetEase MuMu Player (Android Authority)

Download Emulator NetEase MuMu Player: Windows

Meskipun lebih dikenal sebagai studio dan pengembang game mobile, NetEase juga memiliki aplikasi emulator yang dikembangkan sendiri, lho. Hasil kerja sama dengan MuMu, aplikasi ini diberi nama NetEase MuMu Player.

Memang, tak ada perbedaan yang kentara antara NetEase MuMu Player dengan aplikasi lainnya.Kamu bisa bebas mengatur kontrol permainan, grafis, hingga audio. Hanya saja, aplikasi ini baru menjalankan Android engan OS Marshmallow.

Ya, cukup tua dan tertinggal dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Tapi, dalam hal performa, NetEase MuMu Player diakui cukup bertenaga dan bisa menjalankan berabgai jenis game mobile.

Phoenix OS

Aplikasi Phoenix OS (Android Authority)
Aplikasi Phoenix OS (Android Authority)

Download Phoenix OS: Windows | Mac

Inilah emulator Android teringan dan terbaru. Soalnya, dibandingkan aplikasi lain, Phoenix OS diluncurkan belum lama ini.

Dan seperti aplikasi emulator ringan lain, Phoenix OS menawarkan performa yang mumpuni untuk gaming. Tapi ada satu kelebihan yang nggak dimiliki aplikasi lain, Phoenix OS juga mendukung fitur-fitur produktivitas.

Artinya, kamu bisa mengunduh beragam jenis aplikasi yang tersedia di Play store. Baik aplikasi game, chatting, hingga aplikasi edit video atau gambar. Semua jenis aplikasi tersebut bakal ditampilkan maksimal pada layar yang lebih lebar. Tertarik mencoba?

Nah, itulah pilihan aplikasi emulator paling ringan dan cepat untuk laptop atau PC berspesifikasi rendah. So, nggak perlu khawatir kalo kamu menggunakan laptop spek rendah, ya. Langsung unduh salah satu emulator Android teringan yang sudah disebutkan di atas aja.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like