BerandaFutureBagaimana Cara Kerja Internet dan Teknologi Komunikasi?

Bagaimana Cara Kerja Internet dan Teknologi Komunikasi?

Dalam kehidupan modern, internet bukan lagi sesuatu yang asing bagi manusia. Hampir setiap hari dan seluruh aktivitas kita memanfaatkan teknologi ini. Tapi, apakah kamu tahu apa itu internet dan cara kerjanya? Lebih lengkap, simak penjelasan mengenai cara kerja internet dan manfaatnya dari Droila berikut ini, yuk.

Bagaimana Cara Kerja Internet dan Teknologi Komunikasi?

Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa mengakses internet adalah hal yang sepele. Namun, di balik itu ada proses yang rumit agar kamu bisa mengakses internet dan akhirnya bisa melihat banyak situs. Internet adalah hal yang luar biasa karena kamu bisa mengakses informasi dengan cepat bahkan dengan perangkat yang kecil seperti handphone.

Secara keseluruhan, internet merupakan jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain.

Internet punya banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai sarana konektivitas dan komunikasi. Internet dapat menghubungkan hampir seluruh dunia. Internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi meski terpisah jarak yang jauh.

Selain internet juga berfungsi sebagai akses informasi, pengetahuan atau edukasi. Sebab, internet mengandung beragam pengetahuan dan informasi yang tidak ada habisnya. Nggak cuma itu aja internet juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi pencarian alamat, kemudahan bisnis, serta hiburan.

Karena internet punya banyak peranan penting bagi kehidupan manusia, kali ini Droial akan menjelaskan bagaimana cara kerja internet. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

droila-cara-kerja-internet-dan-dns-server
cara kerja internet dan dns server

Terhubung dengan Modem/Router 

Komputer atau smartphone kamu dapat terhubung ke jaringan melalui modem atau router. Secara bersamaan, perangkat ini terhubung ke jaringan di belahan dunia lainnya.

Router tersebut dapat menghubungkan semua komputer dalam satu jaringan, dan modem bertanggung jawab untuk menghubungkan ke ISP atau Internet Service Provider yang biasanya didapatkan melalui kabel.

ISP inilah yang menyediakan akses internet. Contoh perusahaannya mulai dari Telkom, Telkomsel, Indosat, XL dan masih banyak lagi.

Mengetikkan Alamat Website atau Domain 

Ketika kamu mengetikkan alamat website di browser dan menekan tombol enter, maka alamat tersebut akan terhubung dengan ISP. ISP tersebut juga terkoneksi dengan DNS atau Domain Name Server.

Selanjutnya, browser yang kamu gunakan akan mencari alamat IP dari alamat yang sudah kamu ketik melalui DNS. Bisa diibaratkan bahwa DNS adalah buku yang isinya alamat situs seperti ‘youtube.com’, ‘twitter.com’, ‘wikipedia.org’, ‘netmedia.co.id’, serta alamat IP yang berbasiskan angka seperti IP Primary: 8.26.56.26.

Misalnya saja, alamat IPv6 IP Publik Google adalah 2001.4860.4860.8888. Dan, setiap situs memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Sebagai informasi tambahan, lokasi server mempengaruhi kecepatan akses sebuah situs. Situs yang memiliki server di Indonesia aksesnya akan lebih cepat bila dibandingkan server yang berada di luar negeri.

Baca Juga:
1. Mengenal Android 12 dan Perbedaannya dengan Android 11
2. Apa Itu Sertifikasi IP di HP Android dan iPhone?
3. Apa itu Cache, Apakah Menghapus Cache Akan Menghilangkan Data?

droila-cara-kerja-jaringan-internet
cara kerja jaringan internet

Berkenalan dengan Hypertext Transfer Protokol (HTTP) 

Setelah itu, browser yang kamu gunakan akan mengirim HTTP request pada server yang dituju menggunakan TCP/IP. Kemudian jika semua berjalan lancar, server yang dituju akan mengirimkan sinyal “200 OK”. Barulah seluruh elemen seperti teks dan gambar dalam bentuk data akan dikirimkan.

Cara Kerja Browser Dalam Menampilkan Data 

Nah, dari data tersebut, browser yang kamu gunakan akan menampilkan seluruh data tersebut sehingga kamu bisa membacanya seperti pada situs-situs yang kamu buka. Alias bisa dibilang bahwa web browser akan menampilkan konten yang sesuai dengan request user.

Kesimpulan

Dari apa yang sudah Droila sampaikan di atas, dapat disimpulkan bahwa internet merupakan suatu hal yang sangat penting terutama di kehidupan saat ini. Manfaat internet sangat beragam. Internet dapat menghubungkan hampir seluruh orang di dunia. Internet memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi pada saat itu juga meski terpisah jarak yang jauh. Kita bisa mengirim email, melakukan panggilan suara atau video kepada siapa pun di dunia dengan internet. Padalah di zaman dahulu, dibutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk berkirim surat atau paket.

Dengan bantuan internet, kita juga apat meningkatkan keterampialn. Sebab, internet mengandung beragam pengetahuan dan informasi yang tidak ada habisnya. Internet memungkinkan kita mempelajari topik apa pun. 

droila-bagaimana-cara-kerja-internet
bagaimana cara kerja internet

Selain itu internet memberi kemudahan pada dunia bisnis. Muali dari melakukan jual-beli dan transaksi. Internet bisa menjadi tempat untuk mengiklankan dan menjual barang atau jasa setiap saat kepada semua orang di dunia. Internet juga memungkinkan untuk belanja secara online. Kita bahkan dapat menemukan produk yang diminati tanpa harus ke toko langsung.

Nggak cuma itu, internet juga memberi akses lebih luas ke dunia hiburan seperti menonton video, menonton film, mendengarkan musik, bahkan bermain game online bersama dengan orang di kota atau belahan negara lain.

Dapat dikatakan, manusia sangat dekat dengan internet. Berbagai kegiatan manusia secara tidak langsung membutuhkan koneksi internet. Meski demikian, kita sangat jarang memikirkan cara kerja internet. 

Oleh sebab itu, Mimin Droila harap dengan adanya artikel ini, kita bisa mengapresiasi teknologi internet ini dan bisa menggunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan positif. Semoga artikel ini bermanfaat!

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik