Review Advan G5: Android 1 Jutaan yang Punya Desain Menawan

HP harga 1 jutaan Advan G5 (Gizmologi)
HP harga 1 jutaan Advan G5 (Gizmologi)

Untuk kamu yang pengin ganti perangkat tapi budget terbatas, tenangkan pikiran, ya. Penulis punya rekomendasi Android 1 jutaan terbaik, nih. Ya, tak lain adalah seri Advan G5. Simak review serta uraian kelebihan dan kekurangannya di bawah ini, ya.

Hadir di tengah bulan Ramadan lalu, Advan G5 langsung mencuri perhatian pengguna smartphone Indonesia. Betapa tidak, tawaran harga yang terlampau murah serta desain mewah –sekilas mirip iPhone 11 Pro-membuatnya layak disebut sebagai HP Android 1 jutaan berkualitas.

Sisi desain memang jadi keunggulan HP Advan terbaru ini. Tapi, begitu kami bongkar, ternyata mesin yang ditanamkan pun nggak mengecewakan. Yang jelas, bisa jadi perangkat yang tepat kalo kamu berminat ganti HP tapi terpaksa menahan budget akibat ekonomi yang sulit.

Mau tahu bagaimana harga dan spesifikasi Advan G5? Simak terus uraian di bawah, Gan.

Spesifikasi Advan G5 (Review1st)
Spesifikasi Advan G5 (Review1st)

Spesifikasi dan Harga Advan G5 Terbaru

Chandra Tansri selaku CEO Advan mengaku kalo pihaknya senantiasa berupaya untuk menyajikan produk-produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dan bisa dibilang, Advan G5 merupakan perwujudan yang sempurna. Perpaduan antara spesifikasi memuaskan, desain elegan, serta harga bersahabat tentu jadi godaan yang sulit ditolak, bukan?

Desain, Display, dan Kamera

Display Advan G5 (Carisinyal)
Display Advan G5 (Carisinyal)

Banyak reviewer dan ulasan yang menilai jika desain elegan jadi salah satu ciri utama dan keunggulan HP  harga 1 jutaan ini. Dan saat penulis menggenggam, klaim dan penilaian tersebut benar adanya.

Perangkat ini memiliki dimensi 156.3 x 75.14 x 9.6 mm. Menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,2 inci, Advan G5 terasa pas di genggaman. Kamu juga nggak perlu khawatir tangan bakal jadi pegal. Soalnya, beratnya terbilang ringan.

Dimensi Advan G5 (JalanTikus)
Dimensi Advan G5 (JalanTikus)

Alhasil, bisa menemani berbagai kegiatan pengguna; baik di dalam maupun di luar ruangan.

Bagian belakang dibungkus material berbahan plastik. Terdapat panel yang diisi tiga buah kamera dan satu LED Flash. Panel ini terletak di sisi pojok kiri perangkat. Sedangkan ketiga kamera memiliki kemampuan 13 MP + 0.3 MP + 0.3 MP.

Ya, panel inilah yang membuat Advan G5 mirip dengan iPhone 11 Pro atau 11 Pro Max. Dan berkat desain ini pula, Advan G5 mudah mencuri perhatian dan minat calon pembeli.

Dapur Pacu dan Perangkat Lunak

Android 1 jutaan Advan G5 (Review1st)
Android 1 jutaan Advan G5 (Review1st)

Bagian dapur pacu, Advan G5 ditenagai chipset Unisoc SC9863A yang memiliki empat inti pemrosesan. Sedangkan untuk bagian pengelola grafis, masih didukung GPU dari PowerVR GE8320.

Bisa dibilang, Android 1 jutaan ini cukup menguntungkan. Selain desain elegan, kamu juga bakal mendapat perangkat yang dibekali RAM 4GB dengan ROM 32GB. Alhasil, Advan G5 mampu digunakan untuk bermain game; baik game ringan maupun berat.

Tapi, untuk game berat, harap sabar, ya. Baiknya sih kamu memainkan game seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends dengan pilihan grafis terendah. Soalnya, begitu tampilan grafis ditingkatkan, perangkat jadi mudah panas dan lag.

Display Advan G5 (Carisinyal)
Display Advan G5 (Carisinyal)

Kekurangan tersebut sedikit terobati berkat fitur-fitur canggih yang ada pada Android 10. Ya, begitu diaktifkan, Advan G5 sudah mendukung OS Android 10 dengan OS untuk tampilan antar muka IDOS.

Terakhir, HP 1 jutaan ini juga dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. So, untuk kamu yang aktif di luar ruangan, bisa sedikit bernafas lega. Soalnya, baterai Advan G5 diakui awet dan mampu bertahan lama.

Harga Advan G5 Terbaru

Advan G5 (YouTube)
Advan G5 (YouTube)

Saat pertama kali diluncurkan, perusahaan membanderol Advan G5 dengan harga Rp1,399 juta. Murah banget, bukan? Bahkan, ada banyak keuntungan untuk pembeli awal; dua di antaranya yakni bundling kartu perdana AXIS dan Earphone Wireless StartGo TWS2.

Kini, berdasarkan penelusuran penulis di beberapa toko online, harga jual Advan G5 sudah turun! Bahkan, ada pula toko yang menjual Advan G5 dengan harga Rp1,2 juta. Dan kalo kamu tertarik membeli perangkat Advan G5, langsung klik tautan yang sudah disiapkan di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Advan G5

Tabel spesifikasi Advan G5 (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi Advan G5 (Dok.Istimewa/Droila)

Murah dengan desain menawan. Hanya saja, kurang bertenaga untuk menjalankan game berat. Lebih lengkap, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Advan G5 yang harus kamu tahu.

Kelebihan

  • Dukungan tiga kamera dengan harga 1 jutaan
  • Desain menarik, mirip dengan smartphone flagship
  • Baterai berkapasitas besar
  • Performa nggak terlalu mengecewakan untuk HP kelas low-end
  • Sudah menjalankan OS Android 10
  • Didukung slot kartu SD
Desain body Advan G5 (YouTube)
Desain body Advan G5 (YouTube)

Kekurangan

  • Tidak didukung fitur Fast Charging
  • Tidak dibekali sensor fingerprint
  • Kapasitas ROM terlalu kecil

Kesimpulan dan Review Advan G5

HP Android 1 Jutaan Advan G5 (Gizmologi)
HP Android 1 Jutaan Advan G5 (Gizmologi)

Kalo menilik dari harga dan tampilan, Advan G5 diluncurkan dengan banyak sekali keunggulan. Tampak keinginan perusahaan untuk mendominasi kelas entry-level; di tengah kompetisi yang makin ketat dan pilihan yang makin banyak.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan ponsel dari vendor lain, Advan G5 terlihat kurang komplit dan menawan. Apalagi, ada beberapa pilihan dari HP China yang dibekali chipset lebih bertenaga serta selisih harga nggak terlalu jauh.

Dukungan triple camera pada Advan G5 (Jalantikus)
Dukungan triple camera pada Advan G5 (Jalantikus)

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai review Android 1 jutaan Advan G5. Setelah selesai membaca, bagaimana pendapatmu mengenai perangkat ini? Coba deh bagikan pendapat kalian di media sosial Droila, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari. Klik subscribe agar kamu mendapat pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, games, software, dan tips HP Android atau iOS setiap harinya.

2 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like