Review Android 11: Fitur Baru dan Daftar Ponsel yang Mendapatkan Update OS Terbaru Ini

Fitur Baru Android 11 (Android Central)
Fitur Baru Android 11 (Android Central)

Diluncurkan awal bulan ini, Android 11 langsung memikat hati pengguna setia. Tawaran fitur Android 11 yang canggih menjanjikan kemudahan dalam berbagai kegiatan yang dilakukan lewat digital. Lalu, apa aja fitur Android 11? Kapan Android 11 tersedia untuk semua perangkat dan bagaimana cara update Android 11 pada HP milikmu? Simak uraian di bawah, ya.

Android 10 yang diperkenalkan tahun 2019 lalu menjadi landasan baru dari sistem operasi yang dikembangkan Google ini. Perubahan besar nggak cuma dalam hal peluncuran Mode Gelap yang sudah lama ditunggu serta peningkatan keamanan lewat ijin aplikasi.

Ya, Android 10 juga menandai keberangkatan Google dari yang sebelumnya menamai OS dengan nama hidangan pencuci mulit, ke dalam bentuk dan brand yang benar-benar baru. Selanjutnya, yang bakal pengguna dapatkan adalah nama sistem operasi yang diikuti angka sebagai penanda serinya.

Kini, setahun kemudian, Google telah meluncurkan sistem operasi terbarunya. Usai peluncuran resmi yang dilakukan perusahaan beberapa saat lalu, pengguna sudah bisa mencicipi bagaimana fitur-fitur canggih dari OS Android terbaru ini

Dan nggak berbeda dari seri Android 10, yang membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun untuk menyempurnakan sistem , begitupula dengan Android 11. Tapi, kalo kamu penasaran mengenai Android 11, simak uraian di bawah.

Ya, tim Droila sudah merangkum dari berbagai sumber terkait apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai Android 11. Di samping itu, disiapkan pula review Android 11, daftar ponsel yang kebagian pembaruan, serta kapan HP milikmu mendapatkan update Android 11. Penasaran?

Review Android 11

Setiap peluncuran sistem operasi Android baru, ada dua pertanyaan yang biasanya muncul di benak pembaca. Yakni apa saja fitur terbaru yang sudah ditanamkan serta kapan ponselmu mendapatkan pembaruan.

Lebih lengkap, berikut ini uraiannya. Simak terus, ya.

Apa Saja Fitur Baru Android 11?

Melansir dari halaman Blog Google, Android 11 diluncurkan dengan harapan untuk mempermudah aktivitas pengguna lewat perangkat Android. Lebih spesifik, kemudahan bakal kamu dapatkan saat chatting, menyambungkan perangkat satu dengan perangkat lain, keamanan, dan masih banyak lagi. Ini macam-macam fitur Android 11 yang perlu kamu ketahui.

Balon Percakapan dan Chatting Prioritas

Cara mengaktifkan balon percakapan Android 11 (Pocket-Lint)
Cara mengaktifkan balon percakapan (Pocket-Lint)

Saat kamu mendapatkan pesan dari aplikasi chatting, kini bakal muncul gelembung pemberitahuan di layar. Mirip dengan balon percakapan yang terdapat pada aplikasi Facebook Messenger.

Ya, sebelumnya fitur ini hanya tersedia pada aplikasi pihak ketiga saja. Dan kini, pengguna Android bisa mendapatkan tampilan pemberitahuan yang lebih kece dan canggih.

Untuk mengaktifkannya, cukup tekan dan tahan lama pada pemberitahuan pesan. Lalu, akan muncul jendela menu, pilih menu Show in a Bubble. Maka, balon pemberitahuan pun akan aktif secara otomatis.

Di samping itu, kamu juga bisa memberikan prioritas pada akun yang sering diajak chatting. Cukup tekan lama pada pemberitahuan pesan baru dari akun tersebut, lalu pilih pesan tersebut sebagai Priority. Mudah, bukan?

Desain Pemberitahuan Sesuai Keinginan

Desain layar pemberitahuan (Pocket-Lint)
Desain layar pemberitahuan (Pocket-Lint)

Yang keren dari Android 11, menurut penulis, ada fitur untuk mengkategorisasikan pemberitahuan dalam kelompok tertentu. Misal pemberitahuan pesan –seperti SMS- yang bakal muncul di posisi paling atas. Sehingga, akan memudahkan pengguna mendapatkan pemberitahuan dari perangkat.

Di samping itu, kamu juga bisa mengelompokkan pemberitahuan dari aplikasi yang nggak terlalu penting atau diinginkan. Sehingga, jendela pemberitahuan pun nggak lagi penuh dan sesak lalu mempersulitmu mendapatkan informasi terbaru yang diinginkan.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa kok memberi warna pada pemberitahuan tertentu. Memberikan warna yang berbeda tentu makin memudahkanmu mendapatkan informasi baru, bukan?

Tombol Menu dengan Kontrol Smart Home atau Rumah Pintar

Fitur smart home Android 11 (Pocket-Lint)
Fitur smart home (Pocket-Lint)

Tombol Power yang terletak di bagian pinggir perangkat sebelumnya hanya berfungsi untuk menu Turn Off, Restart, atau mengaktifkan Mode Pesawat. Kini, tombol tersebut memiliki lebih banyak fungsi.

Ya, melalui tombol tersebut, kamu bisa mengakses Gpay dan kontrol Smart Home lebih mudah. Sehingga, kamu pun bisa mengaktifkan atau mematikan produk Smart Home, lalu berganti ke produk lainnya tanpa membutuhkan waktu lama.

Widget Playback untuk Aplikasi Pemutar Media

Widget Playback (Pocket-Lint)
Widget Playback (Pocket-Lint)

Setiap aplikasi pemutar media yang ter-install di perangkat bakal bisa dibuatkan widget melalui pengaturan drop-down. Kamu juga bisa kok menghiasnya dengan warna dan gambar latar belakang tertentu.

Contohnya, penulis mencoba fitur ini untuk menerapkan pengaturan aplikasi Tidal. Tapi tenang aja, fitur ini juga bisa kamu gunakan pada aplikasi pemutar media lainnya, kok.

Jendela Picture-in-Picture yang Bisa Disesuaikan Ukurannya

Picture-in-picture pada Android 11 (Gadgethacks)
Picture-in-picture (Gadgethacks)

Kapanpun kamu menutup aplikasi video seperti YouTube atau Netflix di HP Android, secara otomatis bakal muncul video dalam bentuk jendela kecil di layar. Ya, alih-alih tertutup seperti pada OS Android seri sebelumnya, kini video tersebut bisa tetap diputar sekalipun aplikasi YouTube sudah di-minimize.

Bahkan, lewat preview pengembang Android 11, penulis mendapati kalo ukuran jendela video Picture-in-Picture bisa disesuaikan, kok. Sangat membantu, bukan?

Penyesuaian Sensitivitas Perintah Back Pada Navigasi Gestur

Back gesture Android 11 (9to5Google)
Back gesture (9to5Google)

Sudah jadi rahasia umum kalo perintah back pada sistem operasi seri sebelumnya sering jadi kendala tersendiri. Karena terlalu sensitif, kita usap sedikit aja OS langsung menerjemahkannya sebagai perintah.

Nah, hal itu nggak akan kamu temui lagi pada Android 11. Soalnya, gestur Back sudah diberikan tempat khusus oleh pengembang, yakni dengan cara mengetukkan jari pada bagian belakang perangkat. Hasilnya, kamu nggak perlu khawatir aplikasi keluar sendiri gegara nggak sengaja mengusap layar dengan gerakan Back, bukan?

Nggak Cuma itu, kamu bahkan juga bisa menyesuaikan sensitivitas pada setiap aplikasi. Membantu banget untuk kamu yang hobi gaming, nih!

Visual Screenshot Mirip iPhone

Fitur Screenshot Android 11 (9to5Google)
Fitur Screenshot (9to5Google)

Pada HP iPhone, setiap pengguna usai mengambil screenshot atau tangkapan layar, maka kamu bisa melihat thumbnail atau gambar mini yang terletak di ujung. Nah, Android pun memberikan fitur serupa.

Hanya saja, pada fitur baru Android 11, setiap thumbnail tangkapan layar bakal dibungkus frame kecil dengan tombol ‘X’ yang terletak di bawahnya. Di samping itu, terdapat juga menu Share dan Edit.

Sebenarnya, masih ada beberapa fitur Android 11 yang belum disebutkan. Tapi, menurut penulis, tujuh fitur di atas merupakan yang paling penting. Soalnya mampu meningkatkan pengalaman pengguna jadi lebih efektif dan efisien selama mengoperasikan HP Android.

Kapan Update Android 11 Tersedia untuk Semua HP?

HP Android 11 (Pocket-Lint)
HP dengan OS Terbaru (Pocket-Lint)

Setelah mengetahui berbagai fitur canggih Android 11 di atas, kamu tentu sekarang bertanya-tanya, kapan kira-kira perangkat milikmu mendapatkan pembaruan OS Android terbaru ini.

Dan seperti biasanya, perangkat yang pertama kali mendapatkan update Android 11 tentu saja HP keluaran Google, yakni Pixel. Antara lain Pixel 2 dan seri terbaru.

Setelah itu, beberapa HP China pun juga turut mendapatkan pembaruan. Antara lain OnePlus 8, Oppo Find X2, Oppo Find X2 Pro, Realme X50 Pro, Xiaomi Mi 10, dan Mi 10 Pro.

Eits, nggak perlu tegang kalo kamu gagal menemukan perangkatmu dari daftar ponsel yang mendapatkan update Android 11 di atas. Bukan berarti kamu nggak mendapatkannya. Hanya belum. Jadi, tunggu aja sampai Android mengabarkan sendiri pembaruan Android 11 pada perangkatmu, ya.

Bagaimana Cara Update di Xiaomi, Redmi, Samsung, Vivo atau Oppo?

HP yang sudah menjalankan Android 11 (Android Central)
HP yang sudah menjalankan Android 11 (Android Central)

Menurut penulis, butuh waktu beberapa bulan agar semua HP Android mendapatkan pembaruan OS terbaru ini. Terutama kalo HP milikmu adalah seri lawas, pasrah aja, deh.

Tapi kamu masih bisa memastikan kok apakah HP milikmu mendapat pembaruan atau tidak. Coba aja cek OS di Xiaomi, Redmi, Vivo, Oppo, atau Samsung di bawah.

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Usap layar ke atas, lalu masuk ke menu System > Advanced > System Update.
  3. Setelah itu, lihat bagian keterangan Android Version dan Security Patch Level.

Setelah itu, kalo kamu melihat perangkatmu bisa update Android 11, langsung terapkan cara ini:

  1. Begitu terlihat pemberitahuan terkait Update OS, tap tombol Update
  2. Ikuti langkah-langkah yang muncul di layar.
  3. Tunggu beberapa saat agar perangkat mengunduh data OS Android terbaru.
  4. Jika sudah, maka kamu akan diminta untuk restart perangkat.

Mudah, bukan?

Nah, itulah uraian lengkap mengenai review Android 11 dan berbagai hal yang perlu kamu ketahui dari OS terbaru ini. Kalo perangkatmu mendapat jatah pembaruan, langsung aja update dan nikmati kenyaman dari sistem operasi terbaru dari Google ini, ya.

Jangan sampai lewatkan beragam informasi teknologi terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terbaru seputar gadgets, software, games, tips HP Android atau iOS, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like