Apa Itu Aperture Kamera HP dan Bagaimana Pengaruhnya pada Kualitas Gambar

Cara memilih kamera HP yang bagus (Android Authority)
Cara memilih kamera HP yang bagus (Android Authority)

Saya yakin, sebagian besar dari kamu pasti menggunakan kamera HP sebagai kamera utama. Artinya, digunakan dalam berbagai kebutuhan; baik sehari-hari maupun profesional. Bahkan, barangkali ada beberapa di antara kamu yang lebih memilih pakai kamera HP, meskipun punya kamera DSLR. Sekalipun aperture kamera HP lebih kecil dibandingkan DSLR, hasilnya kini nggak terlalu jauh berbeda!

Harus diakui, untuk pemakaian sehari-hari, kamera HP flagship sudah lebih dari cukup. Dan yang lebih menarik, produsen tampaknya belum menunjukkan tanda untuk memperlambat pengembangan maupun inovasi dari teknologi ini.

Hasilnya kini kita bisa mendapatkan HP dengan dua kamera, tiga, bahkan sampai lima –yang sudah digunakan oleh Mi Note 10. Di samping jumlah kamera, beberapa produsen lebih memilih untuk fokus pada aperture kamera HP.

Tapi, apa itu kamera HP? Mengapa istilah ini seringkali disebutkan pada berbagai ulasan. Serta bagaimana cara kerja aperture kamera HP sehingga mempengaruhi kualitas gambar. Dalam tulisan rubrik Ragam kali ini, penulis bakal menguraikan lebih dalam mengenai aperture kamera HP. Scrolling lagi, ya.

Lensa kamera HP (Android Authority)
Lensa kamera HP (Android Authority)

Apa itu Aperture pada Kamera HP?

Secara lebih luas, fotografi adalah mengenai pencahayaan yang tepat. Maka, dalam menilai kualitas kamera, bisa didasarkan pada bagaimana kemampuannya untuk menangkap cahaya. Biasanya, sensor canggih yang dikombinasikan dengan lensa yang bagus banyak dicari fotografer –selain DSLR dan kamera mirroless tentunya.

Prinsip serupa bisa kita terapkan pada smartphone –tentu dengan keterbatasannya. Ukuran HP yang lebih kecil menandakan sensor dan lensa yang lebih kecil pula. Hal itu pun berdampak langsung pada jumlah cahaya yang bisa dikumpulkan tentu makin sedikit. Hasilnya tentu saja pada kualitas gambar.

Memang, saat ini kita bisa melihat bagaimana produsen memanfaatkan ukuran sensor piksel yang lebih besar untuk mengatasi kendala tersebut. Dan ditambah dengan jumlah aperture, maka jumlah cahaya yang ditangkap pun mampu menyaingi kamera DSLR atau kamera profesional.

Jenis aperture kamera HP (NewAtlas)
Jenis aperture kamera HP (NewAtlas)

Untuk pengguna HP yang sudah terjun terlebih dulu di dunia fotografi, tentu sudah nggak asing lagi dengan istilah aperture. Singkatnya, aperture adalah bukaan pada diafragma lensa kamera.

Umumnya, nilai pengukuran aperture pada sebuah lensa menggunakan tanda ‘f/angka’. Misal, yakni f/2.2, f/2.3, dan lain sebagainya.

Lalu, pertanyaan selanjutnya tentu saja mengenai arti huruf ‘f/’ serta besaran angka yang mengikutinya. Ikuti terus, Gan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk HP kamera terbaik tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Aperture yang Bagus: f/2.0 vs f/2.3 bagus mana?

Skala Aperture (AirGunNationForum)
Skala Aperture (AirGunNationForum)

Sebenarnya, angka yang berada di belakang huruf ‘f/’ menandakan nilai dari bukaan lensa. Atau dalam bahasa lain, yakni diafragma dari lensa. Semakin besar angka tersebut, maka semakin kecil bukaan lensa. Begitupula sebaliknya.

Sebagai contoh, kita menggunakan HP yang punya nilai aperture atau bukaan sebesar f/4. Melansir dari Wikipedia, nilai aperture ditentukan dari hasil pembagian panjang fokus lensa (focal length) dengan nilai aperture itu sendiri.

Dari aperture f/4, kita bisa mengambil kesimpulan kalo lensa punya focal length 100m dan mampu terbuka dengan diameter 25mm. Oleh karena itu, semakin kecil nilai angka yang mengiringi ‘f/’, maka semakin besar bukaan lensanya.

Sementara itu, HP kamera Android maupun iPhone terkini rata-rata sudah dibekali aperture yang makin kecil. Dan salah satu yang nilai yang bikin pengguna bingung yakni aperture kamera hp f/2.0 vs f/2.3 bagus mana?

Jenis-jenis aperture kamera smartphone (Android Authroity)
Jenis-jenis aperture kamera smartphone (Android Authroity)

Dengan menggunakam rumus nilai aperture di atas, bisa kita simpulkan kalo kamera HP dengan bukaan f/2.0 memiliki peluang menghasilkan foto yang lebih bagus. Soalnya, dari bukaan itu mampu membuka lensa lebih besar dibandingkan f/2.3.

Dengan logika yang sama, makin besar bukaan lensa, makin banyak pula cahaya yang tertangkap. Kembali ke premis awal, makin banyak cahaya yang dikumpulkan, makin tajam dan detail pula gambar yang dihasilkan sebuah kamera.

Tapi, pernyataan di atas bisa digugurkan dengan bantuan fitur serta teknologi kamera HP terkini. Selain itu, aperture kamera sangat memengaruhi mode gambar yang dihasilkan. Aperture yang kecil mampu memotret landscape. Sebaliknya, bukaan yang besar sangat pas untuk objek jarak dekat.

Jadi, selain memahami fitur kamera, kamu juga wajib menyesuaikan dengan jenis fotografi yang dilakukan. Harapannya tentu saja supaya performa kamera HP lebih optimal.

Cara Memilih Kamera HP yang Bagus

Apa itu Aperture kamera HP (Android Authority)
Apa itu Aperture kamera HP (Android Authority)

Setelah sampai sini, kamu mungkin bisa menyimpulkan kalo rasanya kurang pas menjadikan aperture sebagai tolak ukur dari sebuah kamera HP yang bagus. Terutama dalam dunia fotografi, angka ini bahkan nggak terlalu dipikirkan sebelum membeli perangkat pilihan.

Meskipun begitu, mengetahui aperture bisa menyingkat waktu dan membantumu dalam banyak hal. Terutama kemungkinan untuk mendapatkan HP yang bisa menghasilkan gambar low light serta punya shutter speeds bagus.

So, kalo kamu bertanya pada penulis, bagaimana cara memilih kamera HP yang bagus, yang bisa penulis berikan hanyalah jawaban subyektif. Dan menurut penulis, mempertimbangkan kualitas kamera yang disertai kemampuan dari chipset serta fitur-fitur bawaan merupakan hal penting.

Kalo bagi penulis, HP yang punya lensa wide dan zoom bisa jadi pilihan menarik. Soalnya, bisa memberimu gambar-gambar yang lebih unik dan artistik. Lalu, bagaimana pendapat pribadimu?

Usai sudah uraian kali ini mengenai aperture kamera HP dan berbagai hal yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai ketinggalan beragam informasi teknologi terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagaiinformasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, tips HP Android atau iOS, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like