9 Aplikasi Catatan Keuangan Harian Terbaik untuk Android atau iPhone

aplikasi pencatat keuangan
aplikasi pencatat keuangan

Kamu merasa kesulitan mengatur pengeluaran keuangan harian atau bulanan? Tenang, kamu bisa manfaatkan salah satu aplikasi catatan keuangan harian di bawah. Bisa membantumu mengatur pengeluaran dan pemasukan!

Mengatur pengeluaran dan keuangan adalah hal yang penting. Apalagi kita hidup di era di mana berlangganan apa pun mudah dilakukan. Mulai dari konten video, streaming musik, sampai kebutuhan sehari-hari. Semua bisa dilakukan berkat kemajuan teknologi.

Meskipun pendapatan bulanan terhitung besar, bukan berarti kamu bisa menghabiskannya begitu saja. Ada banyak hal yang harus dipenuhi selain gaya hidup. Mulai dari membeli rumah, kendaraan, dan yang paling penting adalah menyiapkan dana hari tua atau dana pensiun.

Tentunya kamu sudah membayangkan menghabiskan masa tua untuk bermain bersama cucu, mengunjungi kerabat atau kawan. Menikmati hidup yang tak sempat dinikmati gegara tumpukan pekerjaan di meja.

Maka, agar dana pensiun benar-benar tersedia dan bisa membuatmu hidup tenang tanpa kekhawatiran soal ekonomi, kamu perlu mengatur keuangan. Merasa kesulitan karena kebutuhan yang terlampau banyak? Coba deh pakai salah satu aplikasi catatan keuangan harian di bawah.

aplikasi pengatur keuangan
aplikasi pengatur keuangan

Daftar Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik

Ada dua jenis aplikasi pencatat keuangan. Yang pertama yakni pelacak pengeluaran, sedangkan yang kedua adalah aplikasi yang bisa membantumu merancang pengeluaran dalam satu bulan.

Aplikasi manajemen keuangan ini nggak Cuma berguna bagi pemilik bisnis aja. Kamu, para pekerja yang tengah menyiapkan dana untuk hari tua, tentu sangat membutuhkannya.

Dan di antara beragam nama aplikasi catatan keuangan harian yang bisa kamu temui di toko aplikasi, tim Droila sudah membuat daftar 9 terbaik. Langsung cek aja, ya.

AndroMoney

Ini adalah salah satu aplikasi keuangan Android yang sukses mendapat kepercayaan banyak pengguna di Android. Aplikasi pengatur keuangan ini menawarkan layanan multi-platform; artinya kamu bisa menggunakannya di Android maupun iOS.

Beberapa fitur utama yang bisa kamu gunakan pada AndroMoney yakni akun ganda, layanan penghitung pemasukan dan pengeluaran, fungsi budgeting, serta mendukung untuk berbagai jenis mata uang.

Desain aplikasi manajemen keuangan  ini dibuat sederhana dan menjadikan pengguna pemula gampang mengoperasikannya. Dan satu-satunya kelemahan yang dimiliki hanyalah kemunculan iklan –yang bagi beberapa orang tentu saja terasa mengganggu.

aplikasi keuangan
aplikasi keuangan

Financial Calculators

Inilah dia aplikasi penting kalo kamu pengin merancang pendanaan untuk masa depan. Pada dasarnya, aplikasi pencatat keuangan ini berisikan sekumpulan kalkulator yang akan membantumu untuk memahami banyak hal. Mulai dari penghitungan pinjaman, KPR rumah, dana pensiun, hingga pembayaran kartu kredit.

Contohnya adalah fitur kalkulator pinjaman. Kamu bisa menghitung dari dana pinjaman yang dicairkan, berapa yang harus dibayar per bulan serta bunganya. Menarik, kan?

Ada sekira 50-an jenis kalkulator penghitung keuangan yang bisa kamu pakai. Memang, Financial Calculators nggak bisa kamu pakai untuk memanajemen keuangan bulanan. Akan tetapi, aplikasi keuangan Android ini sangat membantu untuk menghindarkanmu dari membuat keputusan atau pembelian yang salah.

Goodbudget

Aplikasi catatan keuangan harian yang tak kalah populer adalah Goodbudget. Ada beberapa fitur utama yang bisa kamu pakai, salah satunya yakni dukungan lintas platform yang bisa membuatmu mensikronisasikan beberapa perangkat seperti Android, Windows serta iOS.

Fitur-fitur tambahan lain yang ada di aplikasi Goodbudget adalah fitur standar yang ada di aplikasi keuangan. Contohnya seperti pencatatan pengeluaran, pencatatan pemasukan, serta beberapa alat budgeting menarik dan layak coba.

Desainnya dibuat sederhana. Oleh pengembang, tampilan antarmuka pun dibuat agar memudahkan pengguna pemula. Bisa dibilang, kemudahaan inilah yang menjadikan Goodbudget digunakan banyak orang.

aplikasi catatan keuangan
aplikasi catatan keuangan

Mint

Sebenarnya ini adalah aplikasi catatan keuangan harian pengganti dari versi yang lebih lawas bernama Mint Bills. Keduanya dikembangkan oleh studio Intuit, studio yang juga mengembangkan aplikasi TurboTax.

Di dalamnya, ada banyak fitur yang sudah ditanamkan. Ya, kamu bisa merasakan berbagai fitur dari satu aplikasi saja. Mulai dari mengatur tagihan dan keuangan, bahkan juga bisa membantumu untuk melakukan pembayaran tagihan.

Aplikasi keuangan ini juga menyediakan skor kredit, mengingatkanmu tenggang waktu pembayaran tagihan, serta otentifikasi dari banyak faktor agar keamanannya terjaga. Dan jika kamu benar-benar tertarik untuk menggunakannya, langsung unduh dan pakai aplikasi Mint aja, ya.

Monefy

Monefy adalah salah satu aplikasi pengatur keuangan yang dirancang sederhana. Berkat kesederhaannya pula aplikasi yang dikembangkan oleh Aimbity AS ini cepat populer di masyarakat.

Sistem komputasi aplikasi catatan keuangan ini diatur agar pengguna bisa mudah memasukkan data baru serta menghitungnya dengan cepat. Dan sejauh ini, komplain biasanya hanya disampaikan oleh mereka yang perangkatnya kurang mendukung.

Di samping itu, kamu bisa menggunakan berbagai fitur menarik lainnya di Monefy; seperti dukungan banyak jenis mata uang, kalkulator, proteksi kode keamanan, integrasi dengan komputasi awan Dropbox, dan masih banyak lagi.

aplikasi manajemen keuangan
aplikasi manajemen keuangan

Money Manager

Namanya memang sederhana, begitupula fungsinya. Aplikasi pembukuan ini menawarkan semua fitur yang bisa dipakai untuk mengatur keuangan. Kelebihannya, sebagian besar konten serta fitur disajikan dengan tampilan visual yang menarik.

Alih-alih membaca angka, kamu pun bisa dengan mudah mengetahui arus pemasukan maupun pengeluaran hanya dengan melihat gambar-gambar yang tertera. Dan selain gambar, kamu juga bisa melihat laporan keuangan dalam bentuk angka, kok.

Kamu juga bakal mendapatkan kunci kode keamanan, fitur manajemen aset, pemberitahuan status, serta backup data, jika saja kamu berencana mengganti perangkat. Ya, Money Manager didesain dengan banyak hal yang diharapkan bakal memanjakan pengguna.

My Budget Book

My Budget Book bisa dibilang merupakan aplikasi aplikasi pencatat keuangan yang serius. Pasalnya, ada banyak sekali fitur yang bisa memberimu laporan keuangan secara mendetail. Di samping itu, kamu pun juga bisa mengatur keuangan dengan berbagai macam cara.

Ada fitur ‘Batasan’, yang mana bisa kamu pakai untuk membantumu mengatur berapa jumlah budget yang baiknya disiapkan untuk membeli baju, hiburan, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan, semua fitur ini bisa kamu pakai tanpa gangguan iklan, tak ada pembelian di aplikasi catatan keuangan ini, serta tema tertentu.

Karena keunggulan itu, My Budget Book bisa diunduh jika kamu membayarnya lewat Play Store. Nggak mahal, kok. Hanya Rp41 ribu saja, kamu bisa menikmati semua fitur-fitur unggulannya. So, langsung bukan Play Store dan unduh aplikasi ini, ya.

My Finances

Aplikasi catatan keuangan harian yang terakhir yakni My Finances. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Android maupun iOS.

Di samping fitur standar yang biasanya ada di aplikasi pengatur keuangan, kamu juga bisa lho memanajemen banyak akun, merencanakan tabungan untuk masa depan, serta melihat history pembelian yang pernah kamu lakukan.

Didesain dengan tampilan yang penuh warna, aplikasi manajemen keuangan ini membebaskanmu untuk melakukan personalisasi pada pengaturannya.Ya, hanya butuh waktu untuk mengatur, dan kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan di My Finances.

Usai sudah pembahasan kita hari ini mengenai aplikasi pencatat keuangan yang tersedia di App Store dan Play Store. Jika kamu berencana untuk menyiapkan masa depan, manfaatkan layanan dari salah satu aplikasi di atas, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like