5 Aplikasi Chat Android Terbaik 2022, Nggak Kalah Banyak Penggunanya dengan WhatsApp!

aplikasi chatting terbaru
aplikasi chatting terbaru

Seiring berkembangnya teknologi, semakin bertambah pula aplikasi chat Android terbaik yang bisa kamu pilih dan gunakan. Penasaran? Cek uraian lengkap di bawah ini, ya.

Melalui smartphone, kita bisa berkomunikasi lebih mudah dengan siapa pun. Mulai dari keluarga, saudara, teman, rekan, hingga pacar atau gebetan.

Kemunculan aplikasi chatting terbaru mengubah gaya komunikasi manusia. Dari yang sebelumnya tak terlalu intens karena fitur yang terbatas, kini kita bisa merasa lebih dekat. Semua ini bisa dirasakan berkat teknologi yang selalu dikembangkan.

Beberapa tahun terakhir, jika kita membicarakan aplikasi chat Android yang banyak digunakan, yang terbayang barangkali hanyalah beberapa nama saja. Di antaranya yakni WhatsApp, Line,  atau Facebook Messenger.

aplikasi chat android yang banyak digunakan
aplikasi chat android yang banyak digunakan

Aplikasi Chat Terlaris selain WhatsApp

Jika melihat fitur, layanan, serta kemudahan pengoperasian dari desain tampilan antar muka, keempat aplikasi chat tanpa biaya di atas layak populer dan mendapatkan kepercayaan.

 Lewat satu aplikasi, kamu bisa mendapatkan beragam layanan komunikasi. Mulai dari berbagi pesan singkat, telepon, video call, hingga mengirimkan file berupa gambar, dokumen, bahkan suara.

Selama ini masyarakat kita memang hanya mengenal keempat aplikasi di atas aja. Padahal, jika kamu memperhatikan Google Play Store atau App Store, ada banyak aplikasi chatting terlaris yang nggak terlalu populer di Indonesia. Masing-masing memiliki kelebihan dan menawarkan fitur-fitur unik dan menarik.

FYI, ada pula beberapa aplikasi yang dibekali fitur unik dan membuatnya disebut sebagai aplikasi chat cari gebetan. Kamu pengin mencoba? Langsung aja simak daftar aplikasi chat Android yang banyak digunakan selain WhatsApp yang sudah dirangkum Droila di bawah ini, ya.

Telegram

Mengklaim aplikasinya digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna aktif setiap hari, Telegram sukses meraih predikat sebagai aplikasi chatting Android yang paling cepat. Telegram bisa digunakan di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, hingga PC, laptop, atau iMac dan Macbook.

Kelebihannya, kamu bisa menyimpan utas percakapan lewat komputasi awan, membagikan file tanpa batasan ukuran, serta –yang paling mengagumkan- keamanannya terjamin, bray! Untuk soal keamanan, Telegram sukses mendapat kepecayaan pengguna karena menerapkan enkripsi 256-bit AES simetris, 2048-bit enkripsi RSA, serta kunci keamanan Diffie-Hellman.

Membaca jenis-jenis enkripsi dan teknolgi yang digunakan, mungkin kamu bakal kebingungan. Yang pasti, pun sudah diakui oleh berbagai ahli keamanan siber, Telegram menjamin keamanan data milik penggunanya bocor atau diretas!

Update aplikasi Telegram tahun ini membuat aplikasi yang dipimpin oleh Pavel Durov ini memiliki  tampilan chat jadi lebih asik dan interaktif. Kini, kamu sudah bisa menggunakan berbagai stiker lucu serta video .gif yang banyak.

Viber

Digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna aktif dari berbagai penjuru dunia, aplikasi chatting terlaris ini bakal menambahkan kontak pada perangkat yang kamu simpan secara otomatis.

Chatting menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengirimkan pesan, stiker, emoticon, bahkan melakukan telepon, video call, serta membagikan koleksi foto.

Pada update Viber terbaru, kamu bisa mengirimkan pesan teks berwarna, membuat grup chatting, serta fitur chat yang bakal menghapus sendiri.

Fitur unggulan Viber lainnya, kamu bisa melakukan telepon internasional atau domestik dengan konsumsi data sedikit. Jadi, kalo kamu cari aplikasi chat global, Viber adalah jawaban yang pas.

Aplikasi yang sudah dirilis sejak tahun 2010 ini dikembangkan oleh Rakuten Viber, bagian dari perusahaan Rakuten Inc. Kelemahannya, hingga sekarang Viber belum bisa digunakan lewat platform desktop.

Jadi, kamu masih membutuhkan smartphone untuk bisa menggunakan layanana dari aplikasi asal Jepang ini.

aplikasi chat tanpa biaya
aplikasi chat tanpa biaya

WeChat

WeChat adalah aplikasi chat Android terbaik yang paling populer di Cina dengan lebih dari 1 milyar pengguna harian. Memang, ini bukanlah salah satu aplikasi chatting terbaru yang layak dicoba. Akan tetapi, jika melihat fitur serta keunggulannya; barangkali kamu pun berminat untuk merasakannya.

Aplikasi chatting terlaris di Cina ini menawarkan semua fitur yang dimiliki aplikasi sejenis; mulai dari fitur berbagi pesan, membagikan foto atau video, serta membuat panggilan telepon dan video.

Fitur unggulan dari WeChat yang membuatnya dikenal sebagai aplikasi chat cari gebetan yakni fitur berbagi lokasi. Fitur ini bisa membantumu menemukan pengguna aplikasi ini yang juga berada di sekitar lokasimu.

Jadi, saat kamu senggang atau sedang cari gebetan, aktifkan aja fitur berbagi lokasi dari aplikasi ini. Dengan begitu, kamu bisa melihat siapa aja pengguna yang juga aktif di area sekitarmu.

Seperti WhatsApp dengan fitur Stories, ada pula fitur sejenis di aplikasi ini. Melalui fitur tersebut, kamu bisa membagikan foto atau video kegiatan sehari-hari. Kelebihan lainnya yakni WeChat sudah bisa kamu gunakan untuk alat pembayaran, lho.

Berdasarkan update terbaru WeChat, kini pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi chat terlaris di Cina ini pada perangan Wear OS atau Apple Watch. Keren, kan?

Signal

Seperti kita tahu, isu keamanan adalah salah satu kelemahan yang dimiliki WhatsApp. Apalagi sejak Facebook, perusahaan yang memiliki WhatsApp, kedapatan jual-beli data pada skandal Cambridge Analytic, kepercayaan pengguna pun semakin merosot dengan aplikasi chat Android yang banyak digunakan masyarakat Indonesia ini.

So, kalo kamu sedang mencari aplikasi chatting dengan keamanan yang benar-benar mumpuni, bisa lho menggunakan Signal. Dalam hal keamanan siber, aplikasi chatting ini menggunakan enkripsi Open Whisper System.

Kita tinggalkan sejenak apa itu penjelasan dari Open Whisper System. Yang pasti, itu merupakan enkripsi keamanan setingkat militer. Dan, yang jelas, semua teknologi yang menggunakan standar militer, tentu tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk berbagi pesan teks, panggilan telepon, panggilan video, membuat grup chat, serta mengirimkan berbagai file media atau dokumen. FYI, whistleblower intelijen asal Amerika Serikat, Edward Snowden, bahkan pernah menyarankan untuk menggunakan aplikasi chatting ini, lho. Khususnya buat kamu yang mencari keamanan data merupakan hal yang utama.

aplikasi chat android
aplikasi chat android

Snapchat

Dalam hal popularitas, pesona Snapchat bisa dibilang meredup. Apalagi jika membandingkannya dengan berbagai aplikasi chatting terbaru yang selalu muncul setiap bulannya. Akan tetapi, aplikasi ini malah sukses meraih simpati dan kepercayaan selebritis Hollywood serta remaja Amerika Serikat.

Ya, banyak selebritis Hollywood yang juga menggunakan aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan berbagai filter lucu dan unik –tentu saja di samping fitur-fitur aplikasi chat pada umumnya. Menggunakan aplikasi ini, kamu juga bisa mengirimkan pesan yang bisa menghapus sendiri (self-destruct).

Contohnya, kamu bisa mengirimkan foto atau video kepada teman. Beberapa saat kemudian, pesan tersebut bakal terhapus.

Dari segi usia, barangkali Snapchat adalah salah satu aplikasi chatting yang paling tua. Berkat tim kreatif dan pengembang yang senantiasa memberikan pengembangan aplikasi, Snapchat sukses bertahan dan masih memiliki banyak pengguna harian sampai saat ini.

Jadi, kalo kamu sedang mencari sensasi atau suasana baru dalam berbagi pesan; coba deh gunakan Snapchat. Nggak bakal menyesal deh, bray.

Usai sudah pembahasan kita mengenai aplikasi chat Android yang banyak digunakan selain WhatsApp. Sebenarnya, masih ada banyak aplikasi chatting yang bisa disebutkan; akan tetapi fitur dan keunggulannya nggak ada yang menyaingi kelima aplikasi chatting di atas.

Usai sudah uraian kali ini mengenai aplikasi chat Android terbaik yang banyak penggunanya selain WhatsApp. Semoga review aplikasi di atas bisa membantumu dalam mengatasi kebosanan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like