4 Aplikasi Dokter Online Indonesia yang Wajib Kamu Install

aplikasi dokter online gratis
aplikasi dokter online gratis

Kini, kamu bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter dimanapun dan kapanpun. Cukup install salah satu aplikasi dokter online di bawah aja. Bisa 24 jam!

Dunia berubah, teknologi berkembang, dan kini kita hidup di era smartphone. Berkat alat yang ukurannya disesuaikan dengan genggaman tangan ini, semua kegiatan manusia lebih mudah diselesaikan – termasuk mencari konsultasi dokter.

Beruntunglah kita yang hidup di zaman ini. Sebelumnya, setiap pasien atau orang yang tengah kesakitan akibat penyakit tertentu  diharuskan mendatangi pusat kesehatan terdekat; seperti Rumah Sakit, Puskesmas, atau fasilitas kesehatan lainnya.

Kini, berkat kemajuan teknologi, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan dari aplikasi. Cukup mengusap layar, kamu bisa mendapat jawaban atas setiap gejala yang kamu rasakan. Tanpa harus datang ke pusat kesehatan atau bikin janji dengan dokter terkait waktu luang yang bisa kamu dapatkan.

Semua layanan ini bisa kamu dapatkan dari berbagai aplikasi dokter online. Semuanya sudah ada dan tersedia di PlayStore atau App Store.

Namun, tentu kamu butuh informasi terlengkap mengenai review, testimoni, atau jenis-jenis layanan yang bakal kamu dapat, kan? Untuk itu, simak uraian mengenai aplikasi dokter online yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini, ya.

aplikasi dokter online terbaik
aplikasi dokter online terbaik

Aplikasi Dokter Online Indonesia terbaik

Seiring perkembangannya, layanan konsultasi dokter online ini mendapat wadah dalam bentuk aplikasi digital. Kita mengenalnya sebagai aplikasi dokter online. Rata-rata aplikasi tersebut mencoba menyajikan layanan dari berbagai spesialisasi kesehatan: mulai dari konsultasi dokter penyakit dalam, konsultasi dokter kandungan, spesialis anak, gizi klinik, hingga penyakit kejiwaan.

Meskipun awalnya mendapat penolakan dari beberapa pihak terkait kode etik, kini aplikasi dokter online mulai mendapat kepercayaan dari masyarakat. Bahkan, ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan konsultasi dokter online 24 jam hingga pengantaran obat sampai ke rumah.

So, jangan sebut dirimu milenial jika belum menginstall aplikasi dokter online. Dan kalo kamu masih kebingungan menentukan pilihan, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih dan pasang. Langsung scrolling, ya.

PakDok – Tanya Dokter Tanpa Biaya

Ada dokter yang siap sedia selama 24 jam serta mudah dijangkau kapan saja dan di mana saja. Itulah moto yang dikedepankan oleh aplikasi buatan pengembang Pakdok Indonesia ini.

Nggak perlu ragu untuk menggunakannya. Pasalnya, setiap dokter yang bertugas sudah terdaftar di Konsili Kedokteran Indonesia serta memiliki Surat Ijin Praktek yang didapat dari Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah.

Dan yang pasti, setiap dokter-dokter yang melayanimu sudah dipastikan kompetensinya dalam melayani setiap pertanyaan kesehatan yang kamu ajukan. Tanpa biaya, komitmen tinggi, dan yang pasti nggak perlu antri.

Aplikasi Pakdok merupakan program kesehatan dari program digital pelayanan kesehatan milik Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Jadi, semua dokter yang terdaftar merupakan dokter-dokter yang sudah terverifikasi oleh pemerintah setempat.

aplikasi dokter online
aplikasi dokter online

YesDok

Merasakan sakit pada tengah malam dan bingung cari jawaban dari gejala yang kamu rasakan? Tenang aja, langsung unduh dan pasang aplikasi YesDok. Sama seperti aplikasi dokter online sebelumnya, kamu bisa mendapatkan konsultasi kesehatan yang langsung dilayani oleh dokter spesialis di bidangnya.

Fitur-fitur unggulan yang terdapat pada aplikasi ini antara lain konsultasi dokter online 24 jam, baik dalam bentuk chatting, video call, atau voice call. Selain itu, pasien juga bakal diberikan obat berdasarkan gejala penyakit yang dirasakan.

Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan konsultasi hasil laboratorium, lho. Cukup unggah hasil pemeriksaan laboratorium, maka kamu bisa langsung menghilangkan kekhawatiran dan penasaran. Terakhir, ada fitur bonus yang membuatmu bisa melakukan konsultasi online gratis dengan dokter. Syaratnya, cukup undang atau share aplikasi ini ke teman atau keluarga.

Hingga saat ini, aplikasi YesDok sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna. Enam ribu pengguna memberikan review positif dan aplikasi ini pun mendapat bintang 5 pada platform PlayStore.

KlikDokter

Jika kamu berpendapat usia merupakan tolak ukur kepercayaan terhadap sebuah layanan, barangkali KlikDokter merupakan jawaban tepat untuk konsultasi kesehatan dengan dokter. Aplikasi yang dikembangkan oleh Medika Komunika Teknologi ini sudah aktif dan melayani pasien sejak tahun 2008.

Aplikasi ini hadir dengan visi besar, yakni untuk memberikan informasi dan edukasi medis serta non-medis buat masyarakat. Dan visi tersebut diwujudkan dalam 6 fitur unggulan; antara lain Direktori Obat, Direktori Penyakit, Kalender Kehamilan, Kalender Kesuburan, Artikel, serta –yang paling utama- konsultasi dokter online 24 jam.

Pada situs resmi KlikDokter, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan yang update dan menarik. Semua artikel yang ditampilkan sudah melalui proses seleksi yang dilakukan tim redaksi dengan latar belakang medis dan terdiri dari dokter-dokter kompeten.

Di samping itu, platform yang aplikasi bisa kamu unduh lewat PlayStore ini juga menjalin kerja sama dengan ILUNI FK (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Indonesia), KKI (Konsili Kedokteran Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia), ILUNI FKG (Ikatan Alumni Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia, serta lembaga-lembaga lainnya.

Kini, aplikasi KlikDokter sudah diunduh oleh lebih dari 100 ribu pengguna dan mendapat rating 4,5 di PlayStore. So, kalo kamu pengin lebih tahu mengenai kesehatanmu, langsung unduh dan pasang aplikasi KlikDokter aja, ya.

aplikasi konsultasi dokter online
aplikasi konsultasi dokter online

Halodoc

Masalah ketidaktahuan adalah penyebab orang sukar percaya pada satu hal. Apalagi untuk urusan kesehatan, rata-rata orang mudah skeptis dan sukar untuk mempercayai. Dan aplikasi dokter online barangkali jadi salah satu hal baru di Indonesia. Maka, wajar jika masih belum mendapat posisi di masyarakat.

Jika penulis mencoba menguraikan, salah satu kendala yang membuat masyarakat sulit percaya adalah ketidaktahuan mereka terhadap tenaga-tenaga medis. Mereka nggak melihat langsung bagaimana dokter-dokter itu bekerja, mendiagnosa, lalu memberikan hasil referensi obat yang bisa dibeli dan dipakai.

Dan hal itu pula yang oleh HaloDoc coba atasi. Pada aplikasi ini, kamu bisa melakukan konsultasi dokter online dengan lebih dari 20 ribu dokter yang sudah memiliki lisensi di Indonesia. Bersama dokter-dokter yang sudah menjalin kerja sama, kamu bisa chat dokter di manapun dan kapan pun, mengunjungi langsung rumah sakit tanpa perlu mendaftar antrian beli obat, sampai cek laboratorium!

Masih sulit untuk percaya? Coba aja cek testimoni pengguna. Sampai sekarang, aplikasi Halodoc sudah diunduh lebih dari 1 juta pasien. 100 ribu di antaranya memberikan testimoni positif, dan hasilnya adalah rating 4,8 pada Play Store dan 4+ di App Store.

Nah, itulah berbagai aplikasi dokter online yang bisa memberimu layanan konsultasi kesehatan 24 jam. Jadi, nggak perlu panik jika sakit di tengah perjalanan atau dini hari; cukup install aplikasi lalu konsultasi langsung dengan tenaga kesehatan yang ada.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like