Yang Harus Kamu Ketahui dari Aplikasi Keluarga Sehat: Manfaat dan Cara Bikin Akun

Aplikasi kesehatan (IndoIndians)
Aplikasi kesehatan (IndoIndians)

Indonesia Sehat adalah salah satu program pemerintah Indonesia. Dan agar pemerintah mengetahui betul bagaimana kondisi kesehatan masyarakat yang tersebar di berbagai daerah, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Pusat data dan Informasi (Pusdatin) mengeluarkan aplikasi keluarga sehat.

Aplikasi ini bertujuan mendata informasi dari setiap keluarga. Dengan megintegrasikan data kesehatan masyarakat yang dari puskesmas di setiap daerah, harapannya, proses digitalisasi data kesehatan ini diharapkan bisa menjadi salah satu senjata dalam mewujudkan program Indonesia Sehat yang dicanangkan pemerintah.

Dan untuk lebih mengenal aplikasi kesehatan keluarga ini, tim Droila bakal menguraikan lebih dalam mengenai manfaat, cara menggunakan, serta tautan untuk mengunduh aplikasinya. So, langsung scrolling aja, ya.

Manfaat Aplikasi Keluarga Sehat

Melansir dari situs resmi Pusdatin, Aplikasi Keluarga Sehat merupakan upaya dalam bidang teknologi informasi. Melalui aplikasi ini, proses pendataan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK (Kartu Keluarga) dari Dukcapil bisa terintegrasi.

Dengan mencantumkan NIK pada aplikasi tersebut, nantinya memudahkan proses pendataan kondisi lapangan, analisa, serta pengolahan data pasien dari fasilitas kesehatan di daerah tertentu. Nggak Cuma itu aja, penyajian data dalam bentuk agregat IKS (Indikator Keluarga Sehat) juga bisa didapatkan untuk kemudian diolah.

Aplikasi Keluarga Sehat (RuangLaptop)
Aplikasi Keluarga Sehat (RuangLaptop)

Barangkali, banyak di antara pembaca yang mengira jika data hanyalah hal remeh semata. Tapi, patut disadari, dengan memiliki data jenis tertentu, bisa membantu pemerintah –baik pusat maupun daerah- dalam merancang kebijakan hingga program yang sesuai sasaran.

Maka dari itu, penting kiranya jika aplikasi ini bisa diunggah dan dipasang oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukankah menyisakan sedikit penyimpanan dari HP untuk jalannya aplikasi ini serta sedikit waktu guna mengisi data yang diminta nggak sulit, kan? Apalagi, sesuatu yang nggak sulit tersebut bisa bermanfaat lebih luas; baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Sementara itu, ada beberapa tingkatan akses dari pengguna aplikasi. Tingkatan pengguna ini terdiri dari pusat, provinsi, kabupaten atau kota, serta puskesmas. Di samping itu, pengguna juga dibagi dalam beberapa jenis; antara lain admin, KA Puskesmas, supervisor, serta surveyor atau pengumpul data.

Bentuk Platform Aplikasi Keluarga Sehat

Sampai saat ini, masyarakat bisa mengakses layanan ini melalui dua platform yang berbeda. Tapi, isi maupun fungsinya tetap sama, kok. Dan untuk kamu yang tertarik berperan aktif dalam pendataan kesehatan nasional, berikut adalah penjelasan platform aplikasi keluarga sehat yang bisa kamu gunakan.

Versi Android

Aplikasi Keluarga Sehat versi Android (Play Store)
Aplikasi Keluarga Sehat versi Android (Play Store)
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like