Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik 2020

Ilustrasi aplikasi penguat sinyal (Forbes)
Ilustrasi aplikasi penguat sinyal (Forbes)

Merasa sinyal WiFi seringkali lemot atau nggak stabil? Tenang, nggak Cuma kamu aja kok yang mengalaminya. Saking banyaknya orang yang merasakan, kini pun sudah tersedia solusinya: gunakan aja aplikasi penguat sinyal WiFi.

Ya, nggak ada yang lebih menjengkelkan dibandingkan sinyal WiFi lemot. Apalagi kalo hal ini dialami saat kamu di tengah meeting dengan tim atau video konferensi dengan teman. Menjengkelkan sekali, bukan?

Yang lebih menyebalkan, kondisi ini bisa dialami siapa pun dan pada perangkat apa pun. Tak peduli handphone yang kamu miliki harganya mahal atau dibekali spesifikasi tinggi. Bahkan, kamu pun nggak akan bisa menikmati keunggulan spesifikasi perangkat kalo koneksi internet nggak kuat.

Aplikasi penguat sinyal WiFi (AndoridPIT)
Aplikasi penguat sinyal WiFi (AndoridPIT)

Pilihan Penguat Sinyal WiFi Terbaik

Beruntungnya, kini sudah tersedia banyak apliksai yang bisa membantumu memperkuat sinyal WiFi. Dan untuk kamu yang sedang mencari pilihan terbaik, tim Droila sudah menyiapkan daftar aplikasi penguat sinyal WiFi jarak jauh untuk iPhone, Android, laptop, atau PC. Penasaran?

Peta WiFi 3G 4G & Speed Test

Aplikasi OpenSignalMaps (Android Authority)
Aplikasi OpenSignalMaps (Android Authority)

Apakah kamu pernah mengelilingi rumah untuk menemukan tempat dengan koneksi internet terbaik? Pasti pernah, bukan? Dan memang sulit untuk menebak di mana lokasi dengan koneksi terbaik. Bahkan, tak jarang ada pula di antara kita yang rela memanjat tembok atau atap demi mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Nah, hal itu nggak perlu kamu lakukan lagi. Kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Peta WiFi 3G 4G & Speed Test. Aplikasi yang dikembangkan OpenSignal ini benar-benar bakal menunjukkanmu di mana lokasi yang memiliki koneksi paling stabil.

Ya, saat kamu membuka aplikasi ini, kamu bisa melihat peta berisikan panah. Panah-panah tersebut menunjukkan kekuatan koneksi internet di lokasi sekitar. Bahkan, disertakan pula lokasi Tower pemancar. Dengan begitu, kamu pun nggak perlu menebak lokasi mana yang memiliki sinyal paling lancar, bukan?

WiFi Overview 360

WiFi Overview 360 (Android Authority)
WiFi Overview 360 (Android Authority)

Sama seperti aplikasi sebelumnya, WiFi Overview 360 menyediakan layanan yang membantumu menemukan lokasi dengan koneksi terbaik. Hanya saja, kamu bisa lebih mudah menemukannya jika menggunakan aplikasi ini.

Di samping itu, aplikasi ini juga bisa membantu memperkuat koneksi WiFi lewat pengecekan saluran dan radar saluran. Hasil dari pengecekan tersebut berupa deskripsi lengkap mengenai koneksi internet yang tersedia; termasuk nama, kekuatan koneksi, nomor saluran, serta enkripsi.

Ya, inilah aplikasi hack WiFi yang sudah terbukti keampuhannya. Hanya saja, untuk merasakan layanan hack WiFi, kamu perlu berlangganan versi premium. Nggak mahal, kok. Cukup Rp38 ribu saja, kamu sudah bisa mengetahui password WiFi tetangga yang disembunyikan. Tertarik mencoba?

Net Optimizer

Aplikasi Net Optimizer (Play Store)
Aplikasi Net Optimizer (Play Store)

Berbeda dari layanan lain, aplikasi ini bisa membantumu untuk menemukan server DNS dengan koneksi tercepat. Pencarian dilakukan dengan mempertimbangkan lokasi dan koneksi. Dengan begitu, koneksi internet pun akhirnya bisa jadi lebih cepat.

Fitur-fitur yang bisa digunakan secara bebas terdiri dari menemukan DNS server, deteksi perubahan koneksi serta penyesuaian untuk mengoptimisasi koneksi secara otomatis, serta bisa bekerja dengan baik untuk jaringan 3G/4G/5G.

Hanya dengan satu sentuhan saja, kamu bisa merasakan semua hal tersebut. So, untuk kamu yang ingin meningkatkan kecepatan internet, langsung pasang aplikasi ini, ya. Tapi, ingat, aplikasi ini hanya bisa dipasang untuk perangkat Android saja.

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi di HP

Alat penguat sinyal (Hackernoon)
Alat penguat sinyal (Hackernoon)

Sebenarnya, ada lho cara meningkatkan kecepatan WiFi di HP. Dan cara ini bisa kamu terapkan pada HP Android atau iPhone.

Maka, untuk pembaca yang merasa enggan memasang aplikasi baru di perangkat, coba deh jalankan langkah di bawah. Cukup tiga hal saja. Tapi, masing-masing bisa meningkatkan kecepatan WiFi di HP secara signifikan. Mau tahu apa aja?

Update Firmware Router

Sama seperti perangkat teknologi lain, Router juga punya Firmware. Ini adalah perangkat lunak yang bisa membantu Router menjalankan fungsinya. Maka, saat kecepatan dirasa lambat, bisa jadi sumber masalah dari firmware router yang belum diperbarui.

Tempatkan Router di Lokasi Strategis

Sudah jadi rahasia umum jika penempatan router bisa memengaruhi cakupan jaringan WiFi. Padahal, masih ada fungsi lain dari penempatan router; juga bisa menentukan kecepatan koneksi!

Melansir dari PCMag, tempat paling tepat untuk meletakkan Router adalah di bagian tengah rumah. Jika memungkinkan, letakkan di lokasi yang bisa menjangkau seluruh area rumah. Selain itu, untuk kamu yang menggunakan router nirkable, ada beberapa catatan; router ini membutuhkan tempat terbuka.

Jadi, jangan sampai kamu tutupi kotak atau menyembunyikan router nirkabel di belakang buku, ya. Soalnya, bisa memnegaruhi secara langsung sinyal koneksi internet.

Tambahi Alat Penguat Sinyal WiFi

Jarak adalah salah satu yang paling memengaruhi kecepatan koneksi internet dari WiFi. Semakin jauh jarak perangkat dari router, semakin pelan pula koneksi internetnya.

Maka, kalo kamu tinggal di rumah atau lokasi yang terbilang luas, coba deh pertimbangkan untuk membeli alat penguat sinyal WiFi. Kini sudah ada banyak pilihan yang tersedia di toko online, kok. Dan kalo kamu tertarik untuk beli, coba deh cek harga dari alat penguat sinyal yang ada di dua toko online di bawah ini.

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai aplikasi penguat sinyal WiFi terbaik 2020. Dari ketiga aplikasi di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba? Bagikan pengalaman dan pendapat kalian melalui media sosial Droila, ya.

Selain ketiga cara di atas, masih ada 4 tips lainnya dari Teknologi.id yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi tanpa harus memasang aplikasi tambahan, klik di sini untuk membaca tips selengkapnya.

Jangan sampai ketinggalan beragam informasi teknologi, aplikasi, games, tips HP dan rekomendasi handphone terbaik yang update setiap hari di Droila, ya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like