Rekomendasi Aplikasi Penyetel Gitar Akustik, Ukulele, atau Klasik Terbaik di Android

Aplikasi penyetel gitar (Yousician)
Aplikasi penyetel gitar (Yousician)

Perkembangan teknologi telekomunikasi tidak hanya terbatas pada chipset maupun fitur aja. Perusahaan produsen juga turut mengembangkan teknologi microphone selama beberapa tahun terakhir. Alhasil, sudah ada cara lebih mudah untuk menyetem gitar. Yakni menggunakan aplikasi penyetel gitar.

Sebelumnya, para musisi memanfaatkan tuner stem gitar untuk menyetel nada dari salah satu jenis alat musik petik ini. Tak jarang, banyak juga pemain gitar yang lebih mengandalkan insting serta pendengaran untuk mendapatkan nada paling tepat.

Kini, berkat teknologi, menyetel gitar bisa terasa lebih mudah. Soalnya, kamu sudah bisa memanfaatkan aplikasi penyetel gitar. Bahkan, ada beragam pilihan aplikasi penyetel gitar paling akurat yang bisa kamu temui di toko aplikasi Play Store maupun App Store.

Rekomendasi Aplikasi Penyetel Gitar Terbaik di Android

Untuk kamu yang menggunakan HP Android, tim Droila sudah siapkan beberapa aplikasi terbaik untuk menyetem gitar. Dikombinasikan dengan speaker dari HP berspesifikasi tinggi, kamu pun bisa mendapatkan nada terbaik dengan cara paling gampang.

Mau tahu apa aja pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan? Cek uraian di bawah, ya.

Fender Guitar Tune

Aplikasi Fender Tuner (Play Store)
Aplikasi Fender Tuner (Play Store)

Aplikasi pertama yang bisa kamu download dan manfaatkan adalah Fender Tune. Dari namanya, kamu tentu sudah bisa menebak siapa yang mengembangkan aplikasi ini.

Kamu tak salah, kok. Aplikasi ini memang dikembangkan oleh salah satu produsen alat musik gitar terbesar di dunia, yakni Fender –tapi melalui sub-perusahaan yang bernama Fender Digital, LLC.

Untuk penggunaan awal, aplikasi Fender Guitar Tune bisa kamu pakai secara gratis. Namun, jika sering kamu pakai, aplikasi pun bakal dibatasi fitur-fiturnya. Hanya saja, versi gratis pun sudah cukup membantumu untuk menyetel nada gitar agar terdengar indah.

Selain menyetel gitar, aplikasi ini jug amenyediakan lebih dari 5000 kord gitar, metronome digital, serta lebih dari 2000 skala gitar yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuanmu. Terakhir, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyetem gitar klasik, akustik, listrik, hingga ukulele atau gitar bass!

GuitarTuna – Tuner for Guitar Ukulele Bass & more!

Aplikasi GuitarTuna (Play Store)
Aplikasi GuitarTuna (Play Store)

Sudah banyak musisi maupun siswa seni musik yang memanfaatkan aplikasi ini. Alhasil, masyarakat luas pun sudah mengakui keampuhan dari layanan milik aplikasi ini.

Aplikasi GuitarTuna menawarkan lebih dari 100 jenis tuning. Termasuk jenis standar, drop-D, open tuning, half step down, 7-string tuning seperti drop-A dan 12 senar.

Di samping itu, aplikasi penyetem gitar ini juga menawarkan teknologi background noise cancellation. Sehingga, nada yang dihasilkan dari aplikasi ini pun lebih akurat dibandingkan aplikasi sejenis lainnya.

Hal itu pula yang menyebabkan GuitarTuna lebih dipercaya oleh banyak pengguna. Apalagi, sama seperti Fender Guitar Tuner, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menyetem berbagai jenis gitar!

Pano Tuner – Chromatic Tuner

Aplikasi Pano Tuner (Play Store)
Aplikasi Pano Tuner (Play Store)

Untuk pilihan ketiga, kamu bisa mengunduh aplikasi Pano Tuner. Dibandingkan aplikasi milik kompetitor, Pano Tuner menawarkan layanan yang lebih spesifik.

Bahkan, layanan tersebut diwujudkan dalam bentuk desain antarmuka yang sederhana. Dengan begitu, aplikasi Pano Tuner pun ramah dipakai oleh pemula sekalipun.

Berkat pendekatannya yang begitu sederhana, Pano Tuner kerap direkomendasikan oleh musisi maupun gitaris. Dan kamu pun bisa mengunduhnya secara gratis lewat toko aplikasi Play Store.

Sayangnya, untuk versi gratis, terdapat banyak sekali iklan yang cenderung mengganggu. Oleh karena itu, jika kamu seorang pemula yang sedang mempelajari alat musik gitar, wajib deh membeli versi premium.

Soalnya, pada versi premium, ada banyak sekali fitur yang bisa kamu manfaatkan. Seperti penghapusan iklan, tuning non-standar seperti Pythagorean, intonasi Just, 1/4 –comma mean tone, dan masih banyak lagi. So, wajib coba deh, ya.

Tuner – Pitched!

Aplikasi Tuner Pitched (Play Store)
Aplikasi Tuner Pitched (Play Store)

Satu lagi aplikasi yang sayang kalo kamu lewatkan. Apalagi, kalo dibandingkan aplikasi lain, Pitched Tuner terbilang lengkap. Soalnya, pengembang sudah menyediakan tuning mode instrumen maupun chromatic pada aplikasi ini.

Layaknya alat tuner, kamu bakal melihat jarum penunjuk tuner yang berfungsi untuk memandumu mendapatkan nada akurat. Tapi, kamu juga bisa kok mengatur sensitivitas suara, pitch tuning, nama nada, hingga tema aplikasi.

Pada mode tuning instrumen, kamu bisa menyetel alat musik gitar, ukulele, violin, mandolin, flute dan masih banyak lagi. Nah, kalo kamu pengin menghilangkan iklan, cukup bayar biaya langganan. Tak hanya menghapus iklan, kamu juga bisa mendapatkan fitur yang lebih lengkap!

Nah, itulah beberapa pilihan aplikasi penyetel gitar terbaik versi Droila. Baik kamu sedang belajar memainkan alat musik gitar, atau seorang musisi profesional, aplikasi di atas wajib diunduh.

Soalnya, benar-benar memudahkanmu untuk menyetel alat musik gitar di manapun dan kapanpun. Sehingga, main alat musik bakal terasa lebih gampang, bukan?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like