5 Aplikasi Scan PDF di HP yang Tidak Berbayar, Gratis Buat Android dan iPhone!

Aplikasi scan pdf di hp (Blog The Tech)
Aplikasi scan pdf di hp (Blog The Tech)

Dalam dunia yang bergerak semakin kencang menuju digitalisasi, membuat setiap dokumen yang tersedia dalam bentuk juga harus ada bentuk format file. Beruntungnya, kini sudah ada sejumlah aplikasi scan PDF di HP yang bisa kamu gunakan.

Terutama untuk kamu yang membutuhkan makin banyak file digital. Entah dalam bentuk sheet Excel, dokumentasi software, resep, catatan keuangan, bahkan gambar foto buah hati. Dan itu hanyalah contoh kecil dari jenis data yang diproduksi manusia setiap hari.

Kini, tingkat produksi kita semakin meningkat. Seiring makin melekatnya aktivitas dengan teknologi, semakin banyak pula data yang akan diciptakan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Masa di mana aktivitas produktif manusia terpaksa harus dilakukan dari rumah.

Rekomendasi Aplikasi Buat Scan Dokumen

Memang, saat ini sudah tersedia beberapa pilihan aplikasi scan dokumen ke pdf di HP Android maupun iPhone. Hanya saja, sebagian besar layanan hanya bisa digunakan jika kamu membayar biaya berlangganan.

Oleh karena itu, di bawah tim Droila sudah menyiapkan beberapa pilihan aplikasi scan PDF di HP yang gratis. Langsung unduh aja jika kamu membutuhkannya, ya.

FineReader PDF – PDF Document Scanner App + OCR

Aplikasi FineReader PDF – PDF Document Scanner App + OCR (Play Store)
Aplikasi FineReader PDF – PDF Document Scanner App + OCR (Play Store)

Jika membicarakan aplikasi scan dokumen gratis terbaik, FineReader PDF merupakan aplikasi yang tepat untuk predikat tersebut.

Bagaimana tidak, aplikasi yang dikembangkan studio ABBYY Mobile ini didukung teknologi Kecerdasan Buata yang menjanjikan pengguna beragam kemudahan.

Sehingga, aplikasi ini bisa mengubah ponsel milikmu menjadi alat yang cukup komplit buat membuat salinan file digital. Baik dalam bentuk file PDF maupun JPEG.

Di samping itu, setiap file yang dihasilkan pun bisa kamu edit menggunakan aplikasi office lain –misal Word, Excel, hingga PDF Reader.

Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Aplikasi Adobe Scan (Play Store)
Aplikasi Adobe Scan (Play Store)

Alat yang cukup komplit kedua yakni Adobe Scan. Sayangnya aplikasi yang dikembangkan Adobe ini hanya tersedia dalam versi Android saja. Belum tersedia untuk versi iPhone atau iPad.

Meskipun begitu, jika membicarakan layanan, Adobe tentu tidak perlu kita ragukan. Komplit dan –yang pasti- terpercaya! Tak ayal, perusahaan pun mengklaim aplikasi pdf scanner bikinannya ini sebagai yang paling komplit.

Salah satu keunggulannya yakni mampu mengenali teks secara otomatis. Sehingga memudahkan pengguna dalam membuat file PDF maupun JPEG di mana saja. Di samping itu, kamu juga bisa mengedit file yang sudah tersimpan. Cukup komplit, bukan?

SwiftScan – PDF Document Scanner

Aplikasi SwiftScan (Play Store)
Aplikasi SwiftScan (Play Store)

Jika dua aplikasi di atas memang diperuntukkan buat aktivitas kantor, maka SwiftScan mencoba menyediakan layanan yang lebih komplit. Tak hanya bisa dipakai untuk scan dokumen aja, SwiftScan juga bisa dipakai untuk scan kode QR.

Selain itu, setiap file scan yang kamu bikin melalui aplikasi ini bisa langsung disimpan pada beragam platform penyimpanan cloud. Contohnya seperti Google Drive, Dropbox, Evernote, dan masih banyak lagi.

Sama seperti dua aplikasi lain, SwiftScan juga menyediakan teknologi Kecerdasan Bantuan. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah membuat dokumen scan yang jernih dan jelas.

CamScanner: scan ke PDF, Word, Excel, Foto, Gratis

Aplikasi CamScanner (Play Store)
Aplikasi CamScanner (Play Store)

Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, CamScanner merupakan aplikasi yang mengubah kamera dari ponselmu menjadi scanner dokumen. Menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memindai beragam jenis dokumen. Mulai dari catatan invoices, hingga resep.

Software bikinan perusahaan mampu mengubah dokumen yang di-scan menjadi file PDF. Selanjutnya, kamu pun bisa langsung mengunggahnya ke layanan cloud seperti Box, Google Drive, OneDrive, dan masih banyak lagi.

Menargetkan pengguna bisnis, aplikasi ini juga bisa kamu pakai bersama tenam untuk melihat serta memberi komentar pada file scan. Hanya saja, teman yang diundang juga harus memiliki akun CamScanner untuk bisa menggunakan layanan tersebut.

Genius Scan – PDF Scanner

Aplikasi Genius Scan (Play Store)
Aplikasi Genius Scan (Play Store)

Di urutan aplikasi scan ke PDF di HP yang terakhir, ada Genius Scan. Aplikasi bikinan The Grizzly Lab ini cukup cepat mengundang pengguna. Dan hingga saat ini, sudah lebih dari 5 juta pengguna HP Android yang mengandalkannya.

Memiliki ukuran 34MB saja, aplikasi Genius Scan cukup ringan dan ramah untuk beragam jenis spesifikasi HP. Apalagi, pada Android, aplikasi ini juga bisa dipakai oleh ponsel yang masih menjalankan versi sistem operasi Android 5.0.

Tak hanya itu, pengembang juga senantiasa memberikan pembaruan aplikasi. Sehingga, kamu pun bakal minim menemukan bug atau error dalam layanan pada aplikasi ini. Maka, wajar kiranya jika Genius Scan sudah dipakai oleh lebih dari 5 juta pengguna, bukan?

Nah, itulah pilihan aplikasi scan PDF di HP yang bisa kamu pasang dan gunakan. Jika merasa aktivitas online semakin tinggi, dan menuntutmu untuk selalu mengubah dokumen fisik ke dalam format file, langsung gunakan aja salah satu aplikasi di atas.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like