Fast Charging dan Quick Charging, Sama atau Beda?

apa itu fitur fast charging
apa itu fitur fast charging

Kemajuan teknologi komunikasi dapat diakses menggunakan gawai yang mumpuni. Kapasitas baterai pun semakin besar agar HP dapat digunakan seharian. Namun, semakin besar kapasitas baterai semakin lama pula pengisian dayanya. Masalah ini kini telah diatasi dengan adanya teknologi fast charging. Apa itu fast charging?

Kali ini Droila akan berbagi informasi mengenai seluk-beluk fast charging. Fitur ini hampir digunakan di setiap HP yang kapasitas baterainya di atas 3500 mAH. Adanya fitur ini tentu akan membawa angin segar bagi orang yang mengandalkan HP untuk bekerja dan bermain gim.

fast charging itu apa
fast charging itu apa

Apa Itu Fitur Fast Charging?

Masih ada orang yang mempertanyakan apa itu fitur fast charging? Fitur ini memang tidak tersedia di setiap HP. Fitur ini tersedia di HP menengah ke atas dan juga HP flagship biasaya sudah mendukung fitur ini.

Fast charging itu apa? Fast charging artinya teknologi pengisian daya cepat yang pengisian dayanya menggunakan kabel. Kabel yang digunakan biasanya kabel USB Type-C. Tak semua HP memiliki fitur ini. Sebuah HP dikatakan fast charging jika memiliki daya pengisian minimal 15W. 

Berapa Lama Fast Charging?

Setiap HP memiliki kapasitas daya yang berbeda-beda. HP keluaran terbaru rata-rata memiliki kapasitas 4.000 hingga 6.000 mAH. Kecepatan pengisiannya pun ada yang 15W, 30W, dan 45W. Untuk mengetahui berapa lama fast charging, mari kita ulas jenis fast charging pada smartphone.

1. Apple fast charging

Fitur ini digunakan pada perangkat iPhone. Apple mengklaim bahwa ponsel dapat terisi 50% dalam waktu 30 menit. Namun, kamu harus menggunakan adapter 18W agar bisa menikmati fitur ini.

2. MediaTek Pump Express

HP yang menggunakan chipset MediaTek juga dilengkapi dengan fitur fast charging. Mereka mengklaim bahwa ponsel dapat terisi 70% dalam waktu 30  menit.

3. Oppo SuperVOOC Flash

Fitur ini adalah fitur terbaru yang dimiliki oleh HP Oppo. Dengan menggunakan adapter 65W, ponsel dapat terisi penuh dalam waktu 31 menit.

fast charging artinya
fast charging artinya

Apa Keunggulan Fast Charging?

Memiliki HP yang dilengkapi fast charging memberikan banyak manfaat dan keunggulan.  Apa keunggulan fast charging? simak uraian berikut.

1. Hemat waktu sehingga produktivitas juga meningkat.

Banyak orang menggunakan HP untuk bekerja. Kehabisan baterai saat tengah bekerja tentu akan menghambat pekerjaan. Oleh karena itu, adanya fitur fast charging dapat mempersingkat pengisian daya sehingga prekerjaan tidak akan terhambat dan tetap maksimal.

2. Dapat mengisi daya dengan cepat saat main game.

Saat bermain gim dalam waktu lama, kehabisan baterai adalah hal yang sudah biasa. Mereka pun akan tetap bermain sambil mengisi daya baterai. Namun, HP akan terasa lebih panas karena HP bekerja lebih keras. Hal ini dapat memengaruhi performa saat bermain gim. Penggunaan fast charging dqpat mempersingkat pengisian daya sehingga HP tidak akan terlalu lama dalam kondisi panas.

3. Praktis karena tidak perlu membawa powerbank.

Saat bepergian jauh, orang-orang akan membawa powerbank agar dapat mengisi daya di mana saja. Ada pula situasi ketika seseorang terburu-buru sehingga menghentikan pengisian daya. Teknologi fast charging dapat mengatasi hal ini. Pengisian daya yang cepat tidak akan membuat kita menunggu terlalu lama. Dengan begitu, tidak perlu membawa powerbank ke mana-mana.

Itulah manfaat penggunaan fast charging sehingga fitur ini lebih unggul dari pengisi daya standar. Pengisian daya standar membutuhkan waktu minimal 2 jam. Tak heran jika banyak orang mengisi baterai saat menjelang tidur.

Apakah Charger Fast Charging bisa dipakai di HP biasa?

Tak semua HP dilengkapi dengan fitur fast charging, terutama HP jadul. Ada kalanya kita lupa membawa charger sehingga terpaksa meminjam charger teman. Namun, apakah charger fast charging bisa dipakai di HP biasa?

Jawabannya adalah bisa. Hal ini disebabkan charger fast charging juga mendukung arus standar, yaitu 5V 2A. Jadi, kamu tetap bisa menggunakan charger fast charging. Namun, usahakan gunakan charger yang original atau yang berkualitas bagus.

apa keunggulan fast charging
apa keunggulan fast charging

Beda Fast Charging dan Quick Charging

Kedua teknologi ini sebenarnya sama fungsinya, yaitu mengisi daya HP dengan cepat. Perbedaan fast charging dan quick charging ada pada penggunaan istilah saja. Quick charging digunakan untuk perangkat yang menggunakan chipset dari Qualcomm. Sementara itu, fast charging digunakan untuk perangkat secara umum.

Tips Mengisi Baterai dengan Fast Charging

Meskipun bisa menggunakan teknologi fast charging, hendaknya ponsel tetap dirawat. Seringkali mendengar rumor dampak fast charging yang negatif. Padahal, hal itu belum pasti kebenarannya. Berikut ini ada beberapa tips menggunakan fast charging.

1. Matikan HP atau aktifkan mode pesawat.

Dengan mematikan HP, daya dapat terisi lebih cepat karena HP tidak menjalankan fitur apapun.

2. Gunakan charger original.

Charger original lebih aman digunakan. Jika tidak menggunakan charger original, gunakan adapter dan kabel data yang berkualitas bagus. Kualitas yang bagus sangat berpengaruh terhadap pengisian daya dan keamanan HP.

3. Hindari tempat  bersuhu panas.

Saat mengisi daya, HP cenderung lebih panas. Suhu ruangan yang panas dapat membuat baterai memuai sehingga pengisian daya lebih lama dari biasanya.

Itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu fast charging. Kemajuan teknologi semakin pesat dari hari ke hari. Perkembangan yang positif memberikan banyak manfaat, seperti fitur fast charging ini. Oleh karena itu, kita harus selalu update teknologi.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like