Temani Siswa di Rumah Akibat Sekolah Ditutup, Ruangguru Buka Kelas Belajar Online Gratis

Banner Sekolah Online Ruangguru (Ruangguru)
Banner Sekolah Online Ruangguru (Ruangguru)

Sejak awal bulan Maret, penyebaran virus corona meningkat tajam. Beberapa sekolah dan universitas diliburkan. Dan di tengah kondisi ini, Ruangguru menghadirkan program kelas belajar online gratis untuk para siswa.

Persebaran virus corona atau yang juga dikenal COVID-19 mulai meningkat tajam sejak minggu pertama bulan Maret. Dari yang semula hanya enam pasien, berubah jadi 34, lalu melonjak hingga 117 per hari Minggu (15/03/2020).

Kondisi tempat wisata di Jakarta yang sepi akibat virus corona (Merdeka)
Kondisi tempat wisata di Jakarta yang sepi akibat virus corona (MerdekaCOM)

Untuk mencegah penyebaran, beberapa kepala daerah yang berada di pulau Jawa mengeluarkan keputusan menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Diperkirakan, sekolah ditutup ini akan berlangsung selama dua pekan.

Ruangguru Luncurkan Belajar Online Gratis Indonesia

Menghadapi hal tersebut, Direktur Utama dan founder Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, memutuskan mengambil langkah. Belva menyampaikan kalau pihaknya bakal meluncurkan Sekolah Online Ruangguru Gratis.

“Hal ini merupakan bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan penyakit COVID-19,” ungkap Belva dalam video yang dibagikan melalui Instagram, kemarin, Sabtu (14/03/2020).

Nantinya, para siswa dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA bisa mengikuti belajar online gratis ini mulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Penyelenggaraan kegiatan belajar secara online ini dilakukan serentak melalui 15 kanal live teaching.

Melalui program Sekolah Online Ruangguru gratis ini, pelajar juga bisa mendapatkan berbagai pelajaran. Baik dari IPA maupun IPS. Dan para pengajar pun merupakan Master Teachers Ruangguru yang sudah dipilih.

Poster Sekolah Online Ruangguru (Instagram @ruangguru)
Poster Sekolah Online Ruangguru (Instagram @ruangguru)

Sementara itu, untuk para siswa yang karena keterbatasan atau halangan jadi nggak bisa mengikuti kelas online, masih bisa mendapatkan materi pelajaran dengan mengakses rekaman Sekolah Online.

Pelajar bisa mengaksesnya pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Jika dirasa kurang, siswa juga bisa mendapatkan latihan dengan mengerjakan soal-soal yng terdapat di fitur Bank Soal Ruangguru dan Online Tryout secara gratis.

Program Pelatihan Guru Online

Program SekolahOnlineRunagguru (Instagram @ruangguru)
Program SekolahOnlineRunagguru (Instagram @ruangguru)

Tak Cuma siswa aja yang mendapatkan perhatian dari platform edutech ini. Para guru sebagai garda depan pendidikan pun mendapatkan porsi layanan yang tak kalah besar.

Dalam video penjelasan Belva tersebut, pihaknya juga meluncurkan program yang bisa dipakai oleh para guru untuk meningkatkan kapasitas. Ya, ada 250 video berisi modul pelatihan guru yang bisa diakses melalui program Pelatihan Guru Online.

Dari 250 video tersebut, terdapat berbagai materi kompetensi dasar pada bidang pedagogik dan profesional. Misal materi pengembangan rencana belajar, manajemen kelas, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan masih banyak lagi.

Sama seperti siswa, guru pun bisa mengakses semua materi ini secara gratis selama satu bulan penuh. Maka dari itu, langsung aja unduh aplikasinya dan nikmati kemudahan belajar online gratis yang sudah ditawarkan Ruangguru, bray.

Untuk pembaca yang masih membutuhkan informasi terupdate seputar startup, jangan lupa subscribe Droila, ya. Kamu juga bisa membaca beragam referensi handphone menarik, informasi game dan aplikasi terbaik, serta masih banyak lagi.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like