Pengin Buat Aplikasi Android Sederhana yang Gampang? Gini Caranya

Buat aplikasi android (Business Insider)
Buat aplikasi android (Business Insider)

Hampir sebagian besar kebutuhan manusia kini bisa dipenuhi lewat aplikasi. Dan beruntungnya, buat aplikasi Android pun kini juga semakin mudah. Bisa kamu lakukan sendiri, atau kerja sama dengan orang lain secara freelance. Dan kali ini, tim Droila bakal uraikan beberapa cara membuat aplikasi Android sederhana.

Membuat aplikasi Android tidaklah sesulit yang kita pikirkan. Bahkan, kini, tanpa kemampuan koding pun kamu sudah bisa melakukannya.

Yang kamu butuhkan hanyalah dukungan alat yang pas, serta panduan yang tepat.

Untuk alat, ada dua hal yang wajib kamu sediakan. Pertama yakni memasang Android Studio pada laptop. Sedangkan yang kedua yakni laptop dengan spesifikasi minimum Ram 3GB.

Rekomendasi Droila sih baiknya RAM 8GB. Karena untuk menjalankan emulator Android, kamu membutuhkan laptop dengan RAM besar.

Cara Membuat Aplikasi Android

Nggak sabar pengin tahu gimana cara buat aplikasi Android? Tenang. Itu bukanlah persoalan sulit. Dan jika dua alat bantu di atas sudah kamu siapkan, maka langsung aja jalankan langkah-langkah di bawah.

Ingat, ikuti langkah demi langkah yang dijelaskan secara berurutan. Jangan sampai ada yang terlewat. Pula jangan sampai ada yang kurang. Soalnya bisa berpengaruh pada fungsi serta layanan aplikasi.

Tanpa panjang lebar, begini cara membuat aplikasi Android sederhana yang bisa kamu coba:

Ilustrasi cara membuat aplikasi android (LinkedIn)
Ilustrasi cara membuat aplikasi android (LinkedIn)

Membuat Project pada Android Studio

Saat software Android Studio sudah terpasang, maka langsung buka aja pada PC atau desktop yang sudah tersedia. Klik tombol ‘+Start a new Android Studio project’ untuk memulai pekerjaan ini

Setelah itu, kamu akan diarahkan menuju halaman Activity. Di sini, pilih jenis Empty Activity. Lalu klik Next untuk memulai project pembuatan aplikasi Android.

Selanjutnya, konfigurasi project yang Anda buat. Pada langkah ini, ada beberapa informasi yang perlu kamu isi. Antara lain Nama Activity dan Project, Package Name atau nama identitas yang dipakai untuk memanggil suatu program di Android, Save Location sebagai lokasi penyimpanan, Language untuk memilih bahasa yang dipakai, serta Minimum API Level.

Kalo semua sudah terisi, klik Finish untuk memulai langkah pembuatan aplikasi.

Merancang Tampilan Antarmuka atau Interface Aplikasi

Memang, layanan aplikasi bisa berjalan dengan baik tanpa perlu diberi tampilan antarmuka atau interface. Akan tetapi, aplikasi dengan tampilan serta navigasi yang baik tentu meningkatkan pengalaman pengguna.

Maka dari itu, langkah selanjutnya untuk buat aplikasi Android adalah merancang tampilan antarmuka. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa melakukannya lewat View atau ViewGroup.

Sebagai perkenalan, View adalah komponen pada layr di mana pengguna bisa melihat dan berinteraksi dengan aplikasi. Ada empat komponen utama dari menu View Android. Antara lain TextView, ImageView, ListView, serta GridView.

Sedangkan ViewGroup adalah lokasi yang membungkus objek-objek View dan ViewGrup serta menciptakan satu kesatuan dari tampilan aplikasi yang lebih utuh.

Sama seperti View, ViewGroup juga terdiri atas empat komponen utama. Yakni LinearLayout, FrameLayout, RelativeLayout, dan TableLayout.

Begitu bagian tampilan sudah tampak sempurna, kini saatnya kamu memasang data adapter. Ini adalah komponen dari aplikasi yang bakal mengatur bagaimana tampilan data pada aplikasi.

Tools untuk Membuat Aplikasi Android Online

Membuat aplikasi Android bisa lebih gampang jika kamu memanfaatkan salah satu dari tiga tools di bawah. Apalagi, sudah banyak pengembang aplikasi yang membuktikan keampuhan serta kemudahan dari salah satu aplikasi ini.

Masih penasaran? Cekidot langsung aja, ya.

Swiftic

Tools pertama yang bisa kamu coba adalah Swiftic. Ini adalah tools yang bisa dipakai untuk mengembangan aplikasi seluler dari bisnis Kalo kamu pengin membuat aplikasi buat online shop atau e-commerce , bisa mengandalkan tools ini.

Soalnya, Swiftic memiliki kemampuan untuk terhubung langsung dengan WooCommerce serta Shopify. Sehingga, kamu bisa merancang katalog produk, kebutuhan calon klien, opsi pemeasanan, dan masih banyak lagi.

BiznessApps

Aplikasi kedua yang bisa kamu coba yakni BiznessApp. Sudah banyak pengguna yang  mengakui keampuhan aplikasi ini. Terutama pada jenis aplikasi yang dibuat oleh perusahaan.

Tak hanya itu, aplikasi BizznessApps juga membantu Anda membangun aplikasi Android dari 0. Cukup menarik, bukan?

Layanan Fastwork (Fastwork)
Layanan Fastwork (Fastwork)

[Bonus] Buat Aplikasi Android Sendiri Malah Pusing? Kamu Bisa Andalkan Fastwork

Tak jarang, kita memiliki waktu yang lebih sedikit. Dan jika salah satu cara di atas dianggap menghabiskan waktumu, harap tenang. Kamu bisa mengandalkan layanan dari fastwork, kok.

Platform kerjaan paruh waktu ini juga menawarkan tenaga-tenaga kerja paruh waktu yang terkenal dan bisa buat aplikasi Android alam waktu singkat.

Padahal, jika kamu coba, kamu bisa merasakan secara langsung gimana perbedaan platform ini dengan platform lain. Pasalnya, Fastwork.id bakal menyambungkanmu ke klien-klien. Sedangkan harga coprywriter tidak ada yang naik. Cukup tragis, bukan?

Merasa khawatir tidak mendapatkan tenaga freelance yang sesuai? Tenang, Fastwork menyediakan ruang diskusi yang bisa kamu gunakan untuk menjelaskan gambaran tentang proyek yang akan digarap.

Sehingga, melalui layanan ini, kemungkinan hasil kerja yang tidak memuaskan pun bisa diminimalisir. Pengin langsung coba? Cukup klik tautan https://fastwork.id/mobile-application agar kamu langsung diarahkan menuju halaman utama Fastwoork.

Tunggu hingga kamu menemukan pekerja paruh waktu yang sesuai. Kemudian, kamu tinggal menunggu pembuatnya selesai mengembangkan aplikasi. Mudah, bukan?

Nah, itu dia beberapa langkah buat aplikasi Android sendiri yang bisa kamu coba. Masih merasa bingung? Tak perlu khawatir. Kamu bisa langsung menelepon layanan customer service agar mendapat penjelasan yang lebih lengkap terkait platform ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like