5 Cara Agar Baterai HP Awet dan Tidak Cepat Habis Saat Main Game

Cara merawat baterai HP (Android Authority)
Cara merawat baterai HP (Android Authority)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baterai Android milikmu kualitasnya menurun. Artinya daya tahan makin pendek dan menuntutmu untuk selalu dekat dengan colokan listrik. Antaranya yakni ukurannya terlampau tipis, kecerahan layar, kecepatan pemrosesan, serta jumlah aplikasi latar belakang yang aktif bebarengan. Di sisi lain, ada juga cara agar baterai hp awet.

Bahkan, ada pula cara membuat baterai HP awet kembali. Ya, dari yang semula boros atau lebih sering disebut bocor, jadi balik normal. Yang kamu butuhkan hanya melakukan beberapa hal. Dan beruntungnya, tips HP Android di bawah ini sudah penulis siapkan agar bisa diterapkan pada berbagai merk HP.

Barangkali ada beberapa di antara pembaca yang menyangkal. Pun meragukan kebenaran serta akurasi informasi di bawah. Apalagi, melalui Android 6.0 Marshmallow, Google sudah menambahkan fitur Doze. Fitur ini berfungsi untuk menonaktifkan ponsel secara otomatis ketika diletakkan di meja.

Artinya, sistem operasi bakal menghentikan pemrosesan dari beberapa layanan. Kecuali pemberitahuan dirasa penting; misal pemberitahuan dari WhatsApp atau media sosial, suara maupun layar nggak akan menyala.

Melalui fitur ini, setidaknya Google sukses untuk memberikan fitur yang mampu bikin baterai HP awet. Sayangnya itu hanya berlaku sementara. Seiring masa penggunaan, maka semakin menurun pula kualitas baterai. Dan kita pun kembali ke persoalan lama.

cara agar baterai hp awet (TechniPages)
cara agar baterai hp awet (TechniPages)

Tips dan Cara Merawat Baterai HP

Maka, cara merawat baterai HP agar awet tentu perlu kamu ketahui. Nggak ribet dan rumit, kok. Kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah aja. Bahkan, kalo kamu rutin menjalankannya, bisa jadi cara membuat HP baterai awet kembali dari yang semula bocor atau boros. So, langsung cekidot, Bro.

Aktifkan Fitur Mode Hemat Daya

Fitur mode hemat daya (YouTube)
Fitur mode hemat daya (YouTube)

Cara paling mudah dan cepat agar baterai awet adalah dengan mengaktifkan Mode Hemat Daya. Beruntungnya, fitur ini sudah terdapat pada OS Android KitKat, kok. Artinya, cara pertama ini bisa diterapkan pada hampir semua jenis perangkat.

Untuk mengaktifkan Mode Hemat daya, cukup masuk ke aplikasi Pengaturan, lalu buka menu Baterai & Performa. Setelah itu, geser toogle yang terletak di samping menu Penghemat Baterai. Jika sudah aktif, nantinya mode ini bakal membatasi aktivitas pemrosesan serta mengurangi tingkat kecerahan layar. Di samping itu, fitur ini juga bakal menjaga agar konsumsi daya bisa seminimum mungkin tanpa memengaruhi fitur-fitur penting.

Atur Kecerahan Layar Secara Manual

Menonaktifkan fitur kecerahan layar otomatis (Android CEntral)
Menonaktifkan fitur kecerahan layar otomatis (Android CEntral)

Memang, fitur auto-brightness bisa memudahkan dan bikin nyaman pengguna. Tapi ada konsekuensinya juga; bakal bikin konsumsi daya baterai lebih banyak. Hasilnya, baterai HP Android pun jadi lebih boros. Dan untuk jangka panjang, baterai bakal jadi bocor.

Oleh karena itu, cara agar baterai hp awet yang kedua yakni mengatur kecerahan layar secara manual. Dan sejak seri Android KitKat sampai Android 11, pengaturan kecerahan bisa kamu temukan lewat jendela yang menu kala mengusap layar dari atas ke bawah.

Pun kamu juga bisa melakukannya lewat Pengaturan perangkat. Cukup masuk aplikasi Pengaturan, lalu buka menu Display. Kamu bakal langsung menemukan menu yang mengatur kecerahan layar. Sedangkan kalo kamu ingin daya baterai lebih tahan lama, atur pula durasi layar kunci sependek mungkin. Pilihan paling pendek yakni 15 detik.

Uninstall Aplikasi yang Jarang Dipakai

Uninstall aplikasi Android (DigitalTrends)
Uninstall aplikasi Android (DigitalTrends)

Memang, beragam jenis layanan yang tersedia dalam bentuk aplikasi memudahkan kita. Tapi, kalo aplikasi tersebut nggak dipakai, malah bakal membebani kinerja perangkat. Tak terkecuali daya tahan baterai. Apalagi kalo aplikasi tersebut termasuk dalam jenis yang berjalan di latar belakang. Makin boros!

Maka dari itu, coba deh pertimbangkan lagi aplikasi yang sudah terinstall. Pilih dan tentukan, kira-kira aplikasi apa sih yang masih atau sudah nggak digunakan. Jika sudah terkumpul, uninstall aja, deh. Dengan begitu, kamu bisa menjaga daya tahan baterai jadi lebih awet dan tahan lama.

Sembunyikan Semua Pemberitahuan

Pemberitahuan di HP Android (RelianceDigital)
Pemberitahuan di HP Android (RelianceDigital)

Kalo kamu benar-benar ingin baterai HP Android awet dan tahan lama, coba deh buat menonaktifkan pemberitahuan. Merasa takut ketinggalan informasi atau kabar dari aplikasi chatting? Hmm, apa benar kamu butuh tahu setiap pembaruan informasi dan kabar terkini?

Jika kebutuhan tersebut dirasa kurang penting, maka baiknya sih langsung nonaktifkan aja. Selain bisa menjaga baterai jadi lebih awet, pun bisa kamu gunakan sebagai langkah detoksifikasi media sosial, bukan?

Nonaktifkan Layanan GPS

Fitur GPS di Android (TechAdvisor)
Fitur GPS di Android (TechAdvisor)

Aplikasi seperti Google Maps, Grab, atau Gojek, membutuhkan akses lokasi agar layanannya bisa berjalan maksimal. Kamu tentu nggak pengin kehilangan makanan gegara babang ojol gagal menemukan lokasimu akibat GPS yang nggak aktif, bukan?

Tapi, terkait layanan GPS, ada dilema. Soalnya, fitur GPS dikenal menguras banyak sekali daya baterai. Jadi, menurut penulis, lebih baik kalo kamu mengaktifkan GPS kala menggunakan layanan aplikasi aja. Begitu selesai, langsung nonaktifkan, deh.

Caranya gampang, kok. Cukup usap layar dari atas ke bawah untuk membuka jendela pemberitahuan. Setelah itu, usap lagi agar kamu bisa melihat lebih banyak pilihan pintasan menu. Lalu tap pada ikon Lokasi. Dengan begitu, fitur GPS pun akan langsung nonaktif.

Usai sudah uraian hari ini mengenai cara agar baterai hp awet. So, kalo kamu aktif di luar ruangan atau suka maen game tapi juga ingin menjaga daya tahan baterai, langsung aja terapkan langkah-langkah di atas, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terupdate seputar teknologi, gadget, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like