Cara Agar HP Tidak Panas Saat Digunakan Paling Ampuh dan Tips Supaya Cepat Dingin

cara agar hp tidak panas saat digunakan (Ranvoo)
cara agar hp tidak panas saat digunakan (Ranvoo)

Harus kamu akui, panas HP tetap dialami sekalipun sudah menggunakan ponsel terbaru. Pun jika saat ini ponsel anyarmu belum menunjukkan gejala, coba deh tunggu hingga enam bulan lagi. Pasti kendala tersebut bakal muncul. Oleh karena itu, itm Droila sudah menyiapkan cara agar HP tidak panas saat digunakan paling ampuh.

Memang, kini sudah banyak ponsel yang dibekali teknologi canggih. Bahkan, saat produsen chipset meluncurkan produk terbarunya, permasalahan efisiensi daya dan suhu kerap disebutkan. Disampaikan dengan bahasa seperti tidak mudah panas, pemrosesan lebih efisien, dan lain sebagainya.

Hanya saja, harus diakui pula jika kendalan tersebut tampaknya belum bisa diselesaikan. Bahkan dalam waktu dekat sekalipun.

hp tidak digunakan tapi panas (Mobygeek)
hp tidak digunakan tapi panas (Mobygeek)

Cara Agar HP Tidak Cepat Panas dan Boros Baterai

Ketika permasalahan daya tahan baterai sudah diatasi, melalui penerapan teknologi pengisian daya cepat, produsen tampaknya luput untuk mengatasi soal manajemen suhu.

Beruntungnya, ada beberapa trik dan cara agar HP tidak panas saat digunakan. Dan untuk memudahkanmu, tim Droila sudah mengumpulkan cara paling ampuh agar HP tidak cepat panas. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

Langkah paling mudah agar HP tetap dingin saat bermain HP adalah dengan menghindari terpapar sinar matahari secara langsung. Harus dicatat, bahan-bahan pembungkus ponsel yang kamu pakai mampu menyerap sinar matahari dan membuatnya makin panas.

Nantinya, panas dari luar akan turut memanaskan bagian mesin perangkat.Sehingga, jika kamu menggunakan ponsel di bawah matahari langsung, kamu tentu menemukan suhu yang cepat meningkat.

2. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara kedua yakni dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai. Terutama jenis aplikasi bloatware atau bawaan. Seperti kita tahu, ada banyak aplikasi bawaan yang bisa ditemukan pada perangkat. Dan meskipun aplikasi tersebut tidak pernah dipakai, tapi tetap berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, kamu perlu menonaktifkan atau menghapus pembaruan dari masing-masing aplikasi bawaan. Caranya cukup mudah.

Cuma dengan masuk ke menu Pengaturan, ketuk menu Aplikasi, lalu pilih aplikasi bawaan. Setelah itu, klik tombol Hapus Data Aplikasi untuk menghapus pembaruan yang sudah terpasang.

3. Hindari Kecerahan Layar Tinggi

Memang, pada ponsel dengan layar IPS LCD, sinar matahari langsung bisa menjadi musuh tersendiri. Membuat tampilan pada ponsel tidak terlihat. Gelap. Maka dari itu, biasanya pengguna pun meningkatkan kecerahan layar untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Jika dilakukan dalam tempo yang pendek, tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi tak terlalu jadi soal. Tapi, lain halnya jika kamu mengaktifkan sepanjang waktu. Bisa bikin baterai HP cepat panas dan boros!

Oleh karena itu, jika di dalam ruangan, pertimbangkan untuk menurunkan tingkat kecerahan. Yah, memang tampilan jadi agak redup. Tapi, jika membuat baterai ponsel tetap dingin, tentu jadi pengorbanan yang sebanding, bukan?

Aplikasi HP (Business Insider)
Aplikasi HP (Business Insider)

4. Jangan Gunakan Case yang Tebal

Jarang disadari, tapi juga bisa jadi penyebab HP panas saat tidak digunakan. Ya, case yang terlalu tebal juga bisa meningkatkan suhu perangkat. Apalagi jika case yang kamu pakai menutupi lubang-lubang yang menjadi saluran pembuangan. Pasti jadi cepat panas.

Oleh karena itu, kamu wajib teliti sebelum membeli case. Jangan cuma mempertimbangkan desain bentuk atau gambarnya aja. Tapi juga pertimbangkan terkait ukuran serta apakah menutupi lubang-lubang saluran pembuangan perangkat.

Tips untuk Mendinginkan HP yang Cepat Panas

Selain cara agar HP tidak panas saat digunakan yang bisa kamu jadikan langkah pencegahan, ada pula cara lain untuk mendinginkan HP yang cepat panas. Dikumpulkan dari berbagai sumber, langsung jalankan salah satu langkah di bawah, ya.

1. Hidupkan Mode Pesawat

Ketika suhu ponsel yang kamu pakai tiba-tiba meningkat tajam, segera aktifkan Mode Pesawat. Mengapa ini bisa berhasil? Soalnya, Mode Pesawat akan memutus koneksi internet dari perangkat. Dan tanpa koneksi internet, sejumlah pemrosesan dari beberapa aplikasi pun akan terhenti.

Dengan begitu, suhu yang tadinya meningkat gegara pemrosesan yang terlalu banyak pun akan menurun dengan sendirinya. Cukup mudah dan solutif, bukan?

cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai (Asurion)
cara agar hp tidak cepat panas dan boros baterai (Asurion)

2. Selalu Update Aplikasi yang Digunakan

Ya, sebisa mungkin, aplikasi yang sering kamu pakai harus selalu diperbarui. Update aplikasi bisa kamu lakukan lewat Play Store atau App Store.

Melalui pembaruan aplikasi, pengembang biasanya memberikan perbaikan pada bug atau sejumlah pemrograman yang eror. Biasanya, bug eror ini juga bisa jadi penyebab HP panas saat tiidak digunakan.

Oleh karena itu, jangan ragu dan malas untuk memperbarui aplikasi, ya.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Kini, semua aktivitas manusia bisa dilakukan melalui aplikasi. Sehingga, kita pun makin mudah untuk memasang aplikasi yang diiklankan. Karena dianggap bisa membantu aktivitas sehari-hari jadi lebih gampang.

Tapi, jika aplikasi tersebut tidak dipakai, lebih baik kamu hapus aja. Soalnya, meskipun aplikasi tidak dipakai dan dibuka, biasanya masih berjalan di latar belakang. Dan ketika terlalu banyak, baterai pun jadi boros, cepat panas, hingga HP Android lemot. Jadi, segera pilih aplikasi yang tidak dipakai namun masih terpasang pada perangkatmu, ya.

Nah, itulah beberapa cara agar HP tidak cepat panas saat digunakan yang bisa kamu coba. Semoga langkah-langkah di atas bisa membantumu mengatasi kendala ini, Sob.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like