Cara Agar PUBG Mobile Tidak Patah-Patah dan Nge-Lag Terbaru

Gambar PUBG Mobile patah-patah (Riaume)
Gambar PUBG Mobile patah-patah (Riaume)

Sudah jadi rahasia umum kalo kamu butuh HP berspesifikasi besar agar bisa memainkan PUBG Mobile tanpa nge-lag. Tapi, bukan berarti nggak ada yang bisa kamu lakukan untuk memainkan game battle-royale ini. Ya, tim Droila sudah siapkan cara agar PUBG Mobile tidak patah-patah terbaru.

Kini, sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah mendengar game bernama Player Unknown Battleground Mobile. Kerap disingkat PUBG Mobile, ini adalah game tembak-tembakan yang sangat populer. Nggak Cuma di Indonesia, tapi di berbagai penjuru dunia!

Permainan seru nan menegangkan bakal kamu dapatkan begitu menjalankan game PUBG Mobile pada HP kalian. Baik menggunakan HP Android maupun iPhone, game yang dikembangkan Tencent ini sukses mendapatkan puluhan juta pengguna harian.

Hanya saja, satu kendala yang sering dihadapi semua pemain PUBG Mobile: game yang nge-lag atau gambar patah-patah. Biasanya, hal ini diakibatkan karena spesifikasi perangkat nggak memenuhi syarat minimum agar bisa menjalankan aplikasi tanpa kendala.

Memang, awal bulan lalu Tencent sudah meluncurkan pembaruan yang disebut versi PUBG Mobile 1.0. Pada pembaruan ini, pengembang mengklaim kalo game lebih bersahabat dan bisa dimainkan pada semua jenis perangkat.

Hanya saja, kenyataan nggak sesuai dengan janji yang diberikan. Kendala gambar patah-patah masih dirasakan banyak pengguna. Bahkan, jika kita memperhatikan kapasitas data yang diunduh saat pembaruan, game tembak-tembakan ini cenderung membutuhkan lebih banyak source dibandingkan sebelumnya.

cara mengatasi Lag pada PUBG Mobile (GuruGamer)
cara mengatasi Lag pada PUBG Mobile (GuruGamer)

Cara Agar Main PUBG Tidak Patah-Patah

Memang, kelemahan ini sudah jadi rahasia umum. Dan beruntungnya, ada pemain yang menemukan cara agar PUBG Mobile tidak patah-patah. Alhasil, memainkan PUBG Mobile di RAM 2GB pun bisa lancar jaya!

Berdasarkan penelusuran penulis, ada tiga cara agar PUBG Mobile tidak lag yang bisa kamu coba. Baca trus langsung terapkan aja, ya.

Bersihkan Cache PUBG Mobile

Membersihkan cache PUBG Mobile (GuruGamer)
Membersihkan cache PUBG Mobile (GuruGamer)

Singkatnya, cache berfungsi untuk membuat aplikasi bekerja lebih cepat dan efisien. Soalnya, sebagian data dari aplikasi yang disimpan di penyimpanan internal HP. Hanya saja, tumpukan data cache yang terlalu banyak juga memiliki sisi negatif; bisa memperlambat perangkat karena data yang dibaca jadi lebih banyak.

Bisa jadi, penyebab aplikasi PUBG Mobile gambarnya patah-patah karena tumpukan cache dari aplikasi tersebut. Maka, solusi pertama yang bisa kamu lakukan agar PUBG tidak patah-patah yakni membersihkan cache. Begini langkah-langkah mudahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan HP
  2. Lalu, buka menu Apps, App Manager, atau Aplikasi yang muncul di halaman utama Pengaturan
  3. Setelah itu, tap menu Semua Aplikasi dan cari ikon PUBG Mobile, lalu tap ikon tersebut
  4. Selanjutnya bakal muncul menu jendela baru, tap tombol Bersihkan Cache atau Clear Cache

Matikan Aplikasi Latar Belakang

Cara menonaktifkan aplikasi bloatware HP Android (Tom'sGuide)
Cara menonaktifkan aplikasi bloatware HP Android (Tom’sGuide)

Sebelumnya, penulis pernah mengulas secara mendalam mengenai apa itu aplikasi latar belakang dan pengarunhya pada HP Android. Salah satu dampak buruknya, bisa mempengaruhi performa dan kinerja pemrosesan perangkat.

Dalam hal menjalankan game PUBG Mobile, lag yang kamu alami bisa saja merupakan akibat dari pemrosesan yang terlalu banyak. Dan biasanya, pemrosesan terbanyak dilakukan oleh aplikasi latar belakang.

Oleh karena itu, langkah kedua yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi PUBG Mobile yang nge-lag adalah dengan mematikan layanan dari aplikasi latar belakang. Lebih detail, begini lho uraian langkah-langkahnya.

  1. Buka Pengaturan pada HP Android
  2. Cari menu App. Untuk pengguna Samsung, biasanya menu ini bakal muncul dengan nama Application Manager. Kalo sudah ketemu, klik menu tersebut.
  3. Selanjutnya kamu bakal dibawa masuk ke menu lain, pilih menu All Apps atau Semua Aplikasi untuk kamu yang mengaktifkan layanan berbahasa Indonesia.
  4. Pilih aplikasi yang berjalan di latar belakang tapi nggak kamu butuhkan. Contohnya adalah aplikasi bawaani Google (Gmail, Drive, Play Musik, Play Film, Foto, atau Hangouts). Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi bloatware dari vendor.
  5. Tap tombol Force Stop agar sistem operasi Android menonaktfikan layanan dari aplikasi bloatware secara paksa

Settingan PUBG Agar tidak Lag di Android pakai GFX Tool

Setting GFX Tool terbaik untuk PUBG Mobile (Noobs2Pro)
Setting GFX Tool terbaik untuk PUBG Mobile (Noobs2Pro)

Pemain PUBG Mobile lawas tentu sudah tahu dan membuktikan keampuhan aplikasi GFX Tools. Nggak Cuma di Indonesia aja, tapi juga di beberapa negara dimana PUBG Mobile begitu populer.

Ya, aplikasi GFX Tool adalah pilihan paling tepat kalo kamu sedang cari cara agar PUBG Mobile tidak patah-patah selama permainan. Soalnya, aplikasi ini bisa membantu perangkat untuk mengurangi lag dan meningkatkan performa.

Selain itu, GFX Tools juga bisa meningkatkan FPS permainan! Alhasil, kamu bisa mendapatkan grafis memukau meskipun ponsel yang digunakan Cuma punya RAM 2GB aja! Penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi GFX Tools untuk mengatasi lag pada PUBG Mobile?

  1. Resolusi memiliki dampak terbesar pada grafik permainan. Menurut penulis, baiknya sih menerapkan grafis 1440 HD+. Tapi kalo game masih lag, coba deh turunkan ke 1280 HD. Jangan sampai turun lagi, soalnya grafik jadi nggak nyaman untuk dimainkan.
  2. Pilih jenis grafik so smooth atau smooth. Perlu kamu tahu, smooth merupakan pengaturan gambar terbaik yang bisa diaktifkan melalui GFX Tool.
  3. FPS 60. Rumusnya, semakin tinggi FPS, semakin mulus pula grafik permainan. Tapi, kalo FPS 60 masih bikin permainan lag, coba deh turunkan ke FPS 30.
  4. Klik disable pada menu anti-aliasing pada pengaturan GFX Tool, sehingga tampilan game PUBG Mobile bisa lebih mulus dan nggak nge-lag.

Nah, itulah berbagai cara agar PUBG Mobile tidak patah-patah. Pilih salah satu cara di atas, lalu langsung terapkan, ya. Kalo satu cara masih dirasa kurang, kamu boleh kok menambahkan dengan cara lainnya.

Jangan sampai ketinggalan tips dan trik game terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iOS serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like