Cara Ampuh dan Lengkap Mengatasi HP Lemot, Bikin Ngebut Lagi

Ilustrasi HP Android lemot (Medium)
Ilustrasi HP Android lemot (Medium)

Barangakali, caramempercepat HP Android yang lemot adalah salah satu pertanyaan yang kerapdisampaikan pengguna perangkat ini. Tentu saja diiringi pertanyaan-pertanyaanlain sejenis; seperti bagaimana caramempercepat HP Android, cara mengatasi HP lemot, cara mengatasi HP lemotdan panas, dan lain sebagainya.

Penyebab HP Android lambat (Android Pit)
Penyebab HP Android lambat (Android Pit)

Ya, adalah hal yang wajar untuk menuntut kesempurnaan. Apalagi jika itu berkaitan dengan sesuatu yang kita gunakan; yakni Android.

Sebagian besar pembaca tentu ingin HP yang dipakainya berpeforma maksimal dan bisa dipakai untuk berbagai jenis kegiatan.

Nah, untuk membantu pembaca yang tengah menghadapi masalahini, tim Droila bakal menguraikanpenyebab serta cara mengatasi HP lemot.Langsung simak aja, ya.

Penyebab HP Android Lemot

Ilustrasi mempercepat HP Android (PriceKart)
Ilustrasi mempercepat HP Android (PriceKart)

Terlepas berapa jumlah RAM dan ROM dari HP Android yang kamu gunakan, tak mungkin untuk lepas dari masalahini. Bahkan, ada beberapa alasan yang bisa mempengaruhi performa HP Android.

Entah itu karena masalah di hardware atau software. Menurut Android Authority, ada 8 penyebab dari HP Android lemot. Antara lain:

  • Terlalu banyak aplikasi latar belakang yangberjalan tanpa kamu ketahui
  • Kebanyakan aplikasi yang di-instal
  • Media penyimpanan penuh (karena aplikasi, file, ataucache)
  • HP nggak kuat menjalankan launcher
  • Fitur-fitur dukungan yang berjalan otomatis dilatar belakang
  • Daya tahan baterai
  • RAM yang sudah terlalu “tua”
  • Sistem operasi lawas yang nggak kompatibeldengan aplikasi terkini
HP Android lemot (MakeUseOF)
HP Android lemot (MakeUseOF)

Sebenarnya, masih ada banyak lagi alasan yang bisa menyebabkan HP Android lemot. Dan kalo kamu ingin mendapat keterangan yang lebih lengkap, scrolling lagi aja, ya.

Soalnya, di bawah ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi HP lemot.

Cara Lengkap Mengatasi HP Lemot

Karena ada banyak penyebab HP Android lemot, maka ada beberapa langkah pula yang perlu pembaca lakukan untuk mengatasi HP lemot.

Untuk membantu pembaca melewati pengalaman menyebalkan ini, penulis bakal menjelaskan secara terperinci langkah demi langkahnya.

Nonaktifkan atau Uninstall Aplikasi Bawaan atau Aplikasi yang Nggak Dipakai

Uninstall Aplikasi di Android (Systweak)
Uninstall Aplikasi di Android (Systweak)

Hampir sebagian besar HP Android, selain HP Android One atau Pixel, selalu dibekali aplikasi bawaan. Banyak juga yang menyebutnya sebagai aplikasi bloatware. Padahal, ada beberapa aplikasi bawaan yang berjalan di latar belakang.

Inilah salah satu penyebabHP Android lemot. Untungnya, kamu bisa menonatifkan. Bahkan, untuk beberapamerk, kamu juga bisa meng-uninstall-nya.Untuk melakukan hal ini, kamu perlu masuk ke aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Aplikasi.

Cara uninstall aplikasi di Android (RawInfoPages)
Cara uninstall aplikasi di Android (RawInfoPages)

Dengan begitu, kamu bisa melihat jumlah aplikasi yang sudah di-install. Dan ketika kamu menemukan aplikasi yang nggak kamu pakai, segera uninstall atau disable. Kalo ingin lebih gampang, kamu bisa menggunakan layanan dari aplikasi Files by Google.

Aplikasi yang dikembangkan Google ini bakal membantumu untuk membersihkan file-file sampah, cache, sampai aplikasi yang jarang atau nggak pernah dipakai. Unduh langsung aja, ya.

Media Penyimpanan Internal (ROM) Penuh

Memori ROM penuh (il4syrians)
Memori ROM penuh (il4syrians)

Satu fakta yang perlu kamu ketahui yakni Android butuh setiap memori yang tersedia di perangkat untuk mengoperasikan aplikasi dan OS. Baik RAM maupun ROM, keduanya digunakan. Bahkan, ketika kamu menambahkan memori eksternal (SD Card), pun bakal dipakai.

Maka, satu alasan utama yang menyebabkan HP Android lemot adalah memori yang penuh. Sederhananya, saat memori penuh maka OS bakal otomatis menggunakan memori internal (RAM). Jika RAM juga penuh, OS pun bakal menggunakan kartu SD.

Membersihkan Memori internal (ICTNews)
Membersihkan Memori internal (ICTNews)

Dan ketika semuanya penuh, akhirnya OS bakal menggunakan RAM dan ROM secara bergantian untuk menjalankan beragam program. Nah, inilah biasanya yang menjadikan HP Android berjalan lambat.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan beberapapilihan langkah di bawah:

Cara nonaktifkan bloatware di Android (Android Pit)
Cara nonaktifkan bloatware di Android (Android Pit)
  • Pastikan kalo media penyimpanan (RAM, ROM, ataukartu SD) memiliki sisa ruang minimal 500 MB.
  • Pakai aplikasi pembersih sampah untukmembersihkan memori internal dari file-file yang tak terpakai. Kamu juga bisamenggunakan Files by Google untukmelakukan hal ini.
  • Uninstallaplikasi yang sudah nggak terpakai lagi.
  • Backupatau pindahkan file gambar, video, atau berbagai media lainnya ke perangkatlain; bisa di laptop, PC atau eksternal hard disk. Atau, kamu juga menyimpannyadi komputasi awan lewat Google Drive.
  • Bersihkan AppCache lewat pengaturan perangkat.
  • Bersihkan AppCache lewat pengaturan media penyimpanan atau gunakan aplikasi pembersihmemori.

Memori RAM yang Nggak Mencukupi

Full Android RAM (Google User Content)
Full Android RAM (Google User Content)

Inilah pentingnya membeli HP dengan spesifikasi RAM besar. Pada dasarnya, RAM dipakai handphone pintar untuk menjalankan aplikasi.

Ketika memori RAM penuh, sistem operasi Android pun bakal menghapus aplikasi yang nggak terpakai di latar belakang secara otomatis. Hal ini dilakukan demi menyiapkan ruang untuk menjalankan aplikasi lainnya.

Biasanya, ada beberapa ciri yang menandakan RAM penuh;antara lain aplikasi sering menutup sendiri, performa jadi lebih lambat dansering lag, aplikasi yang di-minimize ditutup otomatis oleh OS ketika kamu membuka aplikasi lain.

Membersihkan memori Android (Android Central)
Membersihkan memori Android (Android Central)

Ada satu cara paling cepat untuk membebaskan RAM dari kerjanya yang terlalu berat. Caranya dengan restart HP.

Di samping itu, kamu bisa melakukan beberapa hal ini: tutup aplikasi yang nggak dipakai, tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, hapus berbagai bentuk widget aplikasi, pakai aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan memori RAM.

Pastikan Selalu Update Sistem Perangkat Lunak

Pembaruan sistem perangkat lunak Android (AndroidPIT)
Pembaruan sistem perangkat lunak Android (AndroidPIT)

Apakah kamu selalu menghapus pemberitahuan update sistem perangkat lunak? Padahal,ini adalah cara terbaik Android untuk berkomunikasi denganmu. Tujuannya mulia,bisa mengatasi HP lemot!

Pembaruan sistem perangkat lunak nggak melulu tentang pembaruan fitur. Yang lebih sering malah perbaikan bug serta peningkatan performa yang bisa mempercepat pengoperasian perangkat.

Cara memperbarui sistem operasi (Ubergizmo)
Cara memperbarui sistem operasi (Ubergizmo)

Maka, pastikan kalo kamu selalu update sistem perangkat lunak. Kalo kamu merasa pembaruan membutuhkan data terlalu besar, tunggu aja sampai tersambung jaringan Wi-Fi. Bagaimanapun caranya, jangan sampai telat dan tidak.

Factory Reset

Menu Factory Reset Android (Android Central)
Menu Factory Reset Android (Android Central)

Saat semua langkah di atas terbukti nggak mampu mengatasi HP lemot; maka kamu perlumelakukan factory reset. Di pengaturan Android bahasa Indonesia, menu ini biasanya disebut Kembali ke Pengaturan Pabrik.

Factory Reset bakal mengembalikan kondisi smartphone ke keadaansemula. Sama seperti saat kamu habis membelinya. Dan inilah langkah yang palingampuh untuk mengatasi HP Android lemot.

Satu-satunya kelemahan dari cara ini adalah semua data yang sudah tersimpan bakal terhapus. Maka dari itu, sebelum benar-benar menjalankannya; kamu perlu backup data Android.

Cara factory reset Android (iSunShare)
Cara factory reset Android (iSunShare)

Usai sudah penyebabdan cara mengatasi HP lemot kali ini. Kalo kamu punya solusi lain yang bisajadi cara mengatasi HP Android lemot,coba deh bagikan ke kolom komentar di media sosial Droila.

Dan buat pembaca yang masih mencari artikel tutorial Android terbaik lainnya, jangan lupa untuk subscribe website Droila, ya. Selain artikel tutorial, kamu juga bisa membaca beragam referensi handphone terbaik dan informasi seputar gadgets atau teknologi. So, jangan sampai ketinggalan!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like