Cara Bermain LoL Wild Rift Terlengkap: Panduan untuk Pemula

Awal pertempuran LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)
Awal pertempuran LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)

Salah satu game mobile Android atau iOS yang paling dinantikan akhirnya dirilis. Ya, tak lain adalah League of Legends: Wild Rift. Dan karena penulis sudah mencoba, berikut ini adalah cara bermain LoL Wild Rift buat pemula.

Meskipun masih dalam tahap Open Beta untuk wilayah Asia Tenggara, sudah banyak penggemar yang menunggu dan nggak sabar memainkan. Dan beruntungnya, penulis berkesempatan jadi salah satu yang bisa mencoba versi mobile dari game League of Legends ini.

Setelah penulis mencoba langsung, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar nggak kebingungan begitu sukses memasuki permainan. Berbekal tujuan mulia untuk membantu pemula menguasai gameplay dari permainan ini, penulis pun merancang cara bermain LoL Wild Rift terlengkap di bawah.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai game mobile bikinan Riot ini; mulai dari kapan rilis, gameplay, serta mekanismenya. Penasaran? Simak uraian di bawah, ya.

Lobi game LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)
Lobi game LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)

Kapan Rilis League of Legends: Wild Rift?

Barangkali, inilah pertanyaan yang kerap disampaikan banyak penggemar setia. Bahkan sudah mulai muncul sejak Riot pertama kali menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan versi mobile LoL ini pada awal tahun.

Nah, melansir dari perbincangan di website forum League of Legend: Wild Rift, developer memberikan beberapa keterangan mengenai kapan rilis game ini. Yakni, perusahaan bakal memulai dengan proses Alpha dan Beta Test yang diselenggarakan secara terbatasi di beberapa negara.

Setelah itu, perusahaan bakal membuka akses League of Legends: Wild Riftlebih luas lewat program open beta. Menurut rencana sih bakal diselenggarakan sampai akhir tahun 2020 dan bisa dimainkan melalui perangkat Android maupun iOS.

Cara main League of Legends Wild Rift untuk pemula (MMOCulture)
Cara main League of Legends Wild Rift untuk pemula (MMOCulture)

Cara Main League of Legends Wild Rift

Baik kamu seorang penggemar LoL atau pemain game MOBA lain seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Arena of Valor, tentu ikut dibikin penasaran dengan LoL Wild Rift. Apalagi kalo melihat keramaian perbincangannya di berbagai platform media sosial.

Nah, sebelum kamu mulai mengunduh dan memainkan game League of Legends: Wild Rift, ketahui dulu deh beberapa gameplay kuncinya. Selain itu, pahami juga bagaimana mekanisme serta role champions LoL Wild Rift. FYI, Champions merupakan istilah dari Hero yang bisa kamu gunakan dalam game ini.

Simak terus uraian di bawah, ya.

Gameplay Mirip LoL dengan Sedikit Penyesuaian untuk Mobile

Gameplay LoL Wild Rift (MMOCulture)
Gameplay LoL Wild Rift (MMOCulture)

Beruntunglah kalo kamu penggemar lawas game League of Legends, Soalnya, game Wild Rift seakan-akan merupakan game yang dibuat khusus untukmu. Berbagai informasi yang kamu ketahui, strategi yang kerap dimainkan lewat PC, bisa diterapkan pada smartphone.

Semuanya, termasuk kemampuan dari champions sampai ukuran dan isi Map pertempuran. Yang berbeda hanyalah dua turet Nexus dan Inhibitor di markas. Selain itu, Riot juga melakukan sedikit perubahan pada beberapa Champions.

Champions League of Legends Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)
Champions League of Legends Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)

Contohnya, skill ultimate Lux bisa menjangkau mulai dari markasmu hingga markas musuh, skill ultimate Ashe bisa dikontrol –meskipun terbilang sulit dalam melakukannya- dan skill dua Lee Sin nggak memerlukan champion tersebut untuk lari ke arah target.

Beruntungya, pemain Yasuo bisa merasa tenang. Sama seperti versi PC, Yasuo tetap OP dan memiliki kombinasi skill yang menyebalkan serta sulit ditandingi. Penyesuaian lain yakni Map yang bisa dirotasi.

6 Role Champion LoL Wild Rift: Begini Penjelasannya

Susunan champions (Dok.Istimewa/Droila)
Susunan champions (Dok.Istimewa/Droila)

Berbeda dari gameplay Mobile Legends atau AoV, role Champion League of Legends turut menentukan lane yang akan kamu ambil. Dan melansir dari Spin, terdapat lima role yang menentukan lane dalam Map yang harus kamu ambil. Penting lho mengetahui kalo kamu pengin menuntaskan artikel cara bermain LoL Wild Rift ini.

Pertama adalah Dragon Lane. Jalur dalam Map ini diperuntukkan bagi champions role Attack Damage Carry(ADC) dan Support. Dan perlu kamu ketahui, ADC merupakan carry utama dari tim. Biasanya champions bertipe Marksman yang mengisi role ini.

Map Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)
Map Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)

Sementara itu, untuk role supportterbagi untuk dua tipe Champions; entah itu Tank atau Mage. Nantinya, jenis champions dari Support juga bakal menentukan; apakah bakal jadi pemberi buff atau tameng dari ADC, atau malah jadi inisiator saat pertempuran.

Untuk Mid Lane memiliki fungsi dan operasi yang sama seperti game MOBA lainnya. Champions yang mengisi lane ini biasanya memiliki role second-carry dan biasanya juga bertugas untuk menjelajah peta untuk membuka pandangan bagi pemain lain.

Terakhir yakni Baron Lane. Ini merupakan lane yang tepat untuk Champions role initiator atau second-solo carry dari tim kalian. Bergantung pada komposisi Champions dan pengalaman, lane untuk pemain solo ini umumnya diisi oleh Champions dengan role Fighter –yang bisa ditinggal sendiri selama pertandingan.

Isi jungler dari Map LoL Wild Rift (Facebook @GGWellPlay)
Isi jungler dari Map LoL Wild Rift (Facebook @GGWellPlay)

Terakhir, masih ada satu lagi role yang terbilang unik dan jadi ciri khas dari game LoL dan Wild Rift. Tak lain adalah Jungler. Tugas dari role Jungler adalah untuk menghabiskan semua monster yang ada di hutan. Bila perlu, pemain juga harus menghabiskan monster di sisi Map milik lawan.

Jungler pun bakal lebih kaya dibandingkan anggota tim lain.  Di samping itu, Jungler juga memiliki tugas untuk membantu ketika tim membuka pertempuran di bagian mana pun dari map.

Mekanisme Last Hit dan Perubahan Pada Skill Ultimate

Pertempuran dalam LoL Wild Rift (GameReactor)
Pertempuran dalam LoL Wild Rift (GameReactor)

Kalo kamu sebelumnya memainkan versi PC LoL, tentu Wild Rift menawarkan perubahan besar dari keyboard atau mouse yang sebelumnya dipakai. Selain itu, ada beberapa mekanisme yang sudah disesuaikan agar membuat pemain mobile lebih nyaman. Salah satunya yakni mekanisme Last Hitting.

Diketahui, perusahaan menerapkan mekanisme Last Hit yang mirip dengan game MOBA lain –Mobile Legends dan Arena of Valor. Sistem bakal mengunci otomatis agar Champions menyerang setiap minion yang memiliki HP terendah. Selain itu, sistem juga bakal memprioritaskan Champions lawan, jika mereka berada di dalam jangkauan serangan.

Champions Fighter (Dok.Istimewa/Droila)
Champions Fighter (Dok.Istimewa/Droila)

Kunci serangan otomatis juga berlaku untuk skill Champion. Ya, mekanisme yang sangat berbeda dari LoL versi PC; dimana setiap pemain diminta untuk mengunci serangan pada Minion atau Champions lawan secara manual.

Alhasil, pertempuran pun berjalan lebih cepat. Apalagi, Skill Ultimate Champions sudah bisa terbuka begitu mencapai level 5 –alih-alih level 6 seperti versi PC pada LoL atau Dota 2. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa menjelajah Mid-Lane, jungle, atau gank lawan di awal-awal permainan.

Efek Runes dan Buff Pra-Game

efek Runes dan Item Champions LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)
efek Runes dan Item Champions LoL Wild Rift (Dok.Istimewa/Droila)

Kalo sebelumnya kamu sudah pernah memainkan League of Legends atau Mobile Legends, tentu kamu sudah memahami buff Pra-Games. Pada Mobile Legends, ini terwujud dalam bentuk Emblem serta Battle Spell.

Sementara itu, pada League of Legends, hal ini disebut Runes –yang juga diterapkan pengembang pada Wild Rift tapi dalam versi sederhana. Ya, setiap Champions sudah memiliki pengaturan Rune standar. Akan tetapi, kamu bisa menggantinya sendiri, kok.

Bahkan, kamu juga bisa mengubah susunan Rune dari masing-masing Champions. Ini bisa dilakukan lewat menu Pengaturan. Dan penulis juga mengakui kalo Runes bisa terasa membingungkan serta rumit untuk pemain pemula.

Runes LoL (Dok.Istimewa/Droila)
Runes LoL (Dok.Istimewa/Droila)

Maka dari itu, penulis bakal menguraikan lebih dalam mengenai efek serta pengaturan Runes Champions LoL Wild Rift pada artikel lain.  

Itulah berbagai hal dari cara bermain LoL Wild Rift yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel di atas bisa membantumu, ya. Baik kamu seorang pemula untuk game MOBA, maupun pemain Mobile Legends atau AoV yang pengin mencoba game Android dan iOS terbaru ini.

Jangan sampai lewatkan beragam tips dan trik games terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pemberitahuan informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, games, software, tips HP Android dan iOS, serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like