3 Cara Mengecek Touchscreen pada Android, Wajib Kamu Lakukan Saat Layar Rusak!

cara cek touchscreen hp android
cara cek touchscreen hp android

Touchscreen merupakan salah satu komponen ponsel yang sangat vital. Apalagi saat ini banyak ponsel yang menggunakan layar full touchscreen.

Umur sebuah touchscreen setiap ponsel berbeda-beda. Adakalanya touchscreen tiba-tiba berfungsi tidak normal atau error, misalnya tidak dapat disentuh di beberapa area atau tiba-tiba bergerak sendiri.

Sebelum membawa ke tempat servis, lebih baik Anda mengecek dulu. Apakah ada kerusakan pada touchscreen atau tidak. Mengecek touchscreen juga perlu dilakukan saat membeli HP bekas.

Ada beberapa cara mengecek touchscreen. Baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkahnya.

cara cek layar hp
cara cek layar hp

Menggunakan Kode Rahasia

Setiap Android memiliki kode rahasia yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Contohnya mengecek IMEI, informasi HP, kode reset HP, dan lain-lain. Saat ini, kami akan memberikan cara menggunakan kode:

  • Buka aplikasi Telepon
  • Ketik kode *#0*#* atau #*#0*#*#*
  • Setelah muncul touchscreen test, cobalah satu-satu

Penggunaan kode lebih praktis karena Anda cukup menghafalkan kodenya. Kode tersebut dapat digunakan dengan baik di beberapa jenis ponsel. Jika tidak bisa, gunakan cara selanjutnya.

Menggunakan Aplikasi

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Multi-Touch Test. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Play Store secara gratis. Cara menggunakannya juga mudah.

  • Setelah terinstal, buka aplikasinya
  • Di halaman utama akan muncul tiga menu, yaitu multitouch test, pain test, dan colour test.
    • Multitouch test digunakan untuk mengecek sentuhan layar.
    • Pain test dan colour test digunakan untuk mengecek keadaan layar saat menampilkan berbagai warna.
  • Silakan coba satu per satu.

Selain aplikasi ini juga ada aplikasi lain, seperti Touchscreen test. Fungsinya sama, untuk mengetes apakah touchscreen memberikan respon yang baik atau tidak. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store.

kode cek touchscreen
kode cek touchscreen

Periksa Fisik Ponsel

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga harus mengecek fisik ponsel. Hal ini sangat penting. Beberapa hal yang harus dicek adalah sebagai berikut.

  • Periksa kondisi layar, adakah garis atau tidak
  • Apakah ada retakan atau tidak
  • Periksa juga apakah layar masih responsif terutama di bagian sudut ponsel.

Itulah beberapa cara mengecek touchscreen HP pada Android. Cara di atas sebenernya leboh dikhususkan jika Anda membeli HP bekas. Jika Anda membeli HP baru, sudah pasti kondisi touchscreen masih sangat baik.

Hp yang sudah digunakan dalam waktu lama sangat rentan mengalami kerusakan, terutama di bagian touchscreen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih cermat saat membeli HP bekas.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like