Cara Downgrade Android Pie ke Oreo yang Mudah, Bisa untuk Semua Merek HP

Cara menurunkan versi Android (YouTube)
Cara menurunkan versi Android (YouTube)

Sempat dikabarkan, nggak ada cara downgrade Android Pie ke Oreo. Tapi, beruntungnya, tim Droila berhasil menemukan tutorialnya. So, untuk kamu yang nggak betah pakai Android Pie karena dirasa boros baterai, coba deh terapkan cara di bawah.

Tak bisa dipungkiri, Android 9.0 Pie membawa banyak sekali kemudahan untuk aktivitas penggunannya. Resmi diluncurkan kurang lebih 20 bulan lalu, kini hampir semua HP Android terbaru sudah menjalankan OS Android Pie.

 Akan tetapi, nggak semua HP bisa menjalankan OS ini secara mulus. Biasanya, kendala terbesar berkaitan dengan kapasitas memori. Minimnya kapasitas memori yang dimiliki berdampak langsung terhadap kecepatan pemrosesan.

Hasilnya, HP Android pun jadi lemot, baterai cepat habis dan seringkali overheat atau terlalu panas. Itulah kendala-kendala yang seringkali menyebabkan banyak pengguna berpikir untuk downgrade versi Android Pie ke Oreo.

Di samping itu, ada pula alasan-alasan yang bersifat lebih personal; menggunakan Android 8.0 Oreo dirasa lebih nyaman ketimbang versi terbarunya. Dan apa pun alasannya, sah-sah aja kok untuk menurunkan versi Android kalian.

Cara Downgrade versi Android (GetDroidTips)

Cara Menurunkan Versi Android Pie ke Oreo

Sejak pertama kali diluncurkan, Google memastikan agar semua perangkat yang sudah menjalankan Android 9.0 Pie versi stabil nggak bisa di-downgrade. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi maslaah keamanan.

Hasilnya, mungkin pembaca pernah melihat di berbagai forum teknologi; HP Android milik pengguna yang sudah menjalankan OS 9.0 Pie nggak bisa lagi di-downgrade. Dan jika dipaksakan, maka HP Android tersebut bakal nggak bisa di-reboot.

Tenang aja. Itu adalah kendala yang dihadapi pengguna kurang lebih tahun 2018 lalu. Saat awal-awal sistem operasi Android terbaru ini diluncurkan.

Ya, kini sudah ada beberapa cara downgrade Android Pie ke Oreo yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mudah dan nggak perlu banyak tambahan peralatan, kok. Yang pasti, kamu harus menyediakan syarat-syarat yang sudah dituliskan aja agar tutorial berjalan lancar.

So, untuk kamu yang ingin mengembalikan versi Android 9 ke Android 8, coba deh jalankan langkah-langkah di bawah. Selamat mencoba!

Install ADB dan Fastboot di PC

ADB dan Fastboot tools (XDA-Developers)
ADB dan Fastboot tools (XDA-Developers)

Sebelum mulai menjalankan langkah ini, terlebih dulu kamu harus memasang aplikasi ADB (Android Debug Bridge) dan Fastboot pada laptop atau PC Windows milikmu. Kamu bisa mengunduh aplikasi ADB untuk Windows atau macOS lewat laman yang pernah diunggah XDA-Developers. Klik di sini. Untuk download Fastboot, klik di sini.  

Download Firmware Android Oreo

Selanjutnya, kamu juga perlu download dan menyimpan firmware Android Oreo di PC. Klik di sini untuk memudahkanmu. Dan terakhir, pastikan kalo baterai HP Android milikmu minimal memiliki daya sebesar 60%.

Masuk ke Langkah Menurunkan Versi Android

Membuka Kunci OEM (Dok.Istimewa)
Membuka Kunci OEM (Dok.Istimewa)

Kini, kita saatnya masuk ke cara downgrade Android Pie ke Oreo. Pertama, mengaktifkan OEM Unlocking pada HP milikmu. Caranya, masuk ke pengaturan versi pengembang Android, lalu geser toogle pada menu Membuka kunci OEM.

Buka Laptop

Jika kunci OEM sudah kamu buka, kini beralihr ke PC atau desktop. Buka jendela command. Caranya, tekan Windows + R atau ketikkan cmd pada pencarian di jendela Windows.

Aktifkan Mode Bootloader Android

Mode Bootloader Android (DigitalTrends)
Mode Bootloader Android (DigitalTrends)

Kini, aktifkan mode bootloader pada HP Android kalian. Caranya, tekan tombol Kurangi Volume dan tombol Power secara bersamaan.

Sambungkan HP Android dengan PC

Perintah Fastboot 1 (GetDroidTips)
Perintah Fastboot 1 (GetDroidTips)

Kalo sudah, sambungkan HP Android kalian dengan PC menggunakan kabel data. Lalu, masukkan kode perintah fastboot devices pada jendela Command Promt yang muncul di layar laptop atau PC kalian.

Masukkan Perintah Kedua

Perintah Fastboot 2 (GetDroidTips)
Perintah Fastboot 2 (GetDroidTips)

Jika sudah, kamu bakal melihat nomor serial dari perangkat milikmu di layar desktop. Kemudian, ketikkan perintah fastboot flashing unlock untuk membuka kunci Bootloader HP Android.

Unlock Bootloader

Perintah Fastboot 3 (GetDroidTips)
Perintah Fastboot 3 (GetDroidTips)

Ketika kode perintah di atas sudah kamu ketikkan, akan  muncul keterangan Unlock Bootloader yang muncul di HP Android kalian. Arahkan pilihan pada Yes menggunakan tombol Volume, lalu tekan tombol Power untuk mengkonfirmasikan perintah. Begitu selesai, perangkat bakal booting secara otomatis dan masuk pada mode Fastboot.

Pilih Folder Firmware Android Oreo

Perintah Fastboot 4 (GetDroidTips)
Perintah Fastboot 4 (GetDroidTips)

Kini, masuk pada penyimpanan di mana kamu meletakkan firmware Android Oreo dalam bentuk file Zip. Ekstrak file tersebut ke dalam folder AndroidSDK. Kemudian, masuk ke dalam folder tersebut dan buka jendela command dari sini. Untuk melakukannya, tekan Shift + Right Click di mana pun di dalam folder, lalu pilih menu Open Command Windows.

Masukkan Kode flash-all

Perintah Fastboot 5 (GetDroidTips)
Perintah Fastboot 5 (GetDroidTips)

Terakhir, masukkan kode flash-all pada jendela command yang muncul lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat sampai kamu melihat pemberitahuan Finish yang menandakan proses telah selesai. Lalu, ketikkan perintah fastboot reboot untuk memulai ulang perangkat Android milikmu.

Nah, itulah cara downgrade Android Pie ke Oreo menurut tim Droila. Semoga, tutorial di atas bisa membantumu untuk mengatasi masalah akibat menggunakan Android Pie.

Tapi, harap dicatat, jalankan langkah demi langkah di atas sesuai urutan. Dengan begitu, kamu pun bisa terhindar dari eror atau hasil yang nggak diinginkan.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP terlengkap lainnya dari Droila. Tekan tombol subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi teknologi, aplikasi, games, dan rekomendasi handphone terbaik setiap harinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like