Cara Foto Keren dengan Kamera HP, Hasilkan Foto Aesthetic Meskipun Di Rumah Aja

cara foto keren dengan kamera hp (Southeast Amazonaws)
cara foto keren dengan kamera hp (Southeast Amazonaws)

Memang kini kamera HP sudah bisa menghasilkan foto yang bagus. Tapi, jika kamu ingin hasilnya lebih keren dan aesthetic, diperlukan juga kemampuan fotografi. Beruntungnya, berkat teknologi, nggak perlu jadi ahli, kok. Cukup lakukan salah satu cara foto keren dengan kamera HP berikut ini.

Selama beberapa tahun terakhir, kemampuan kamera HP semakin canggih. Resolusi semakin ditingkatkankan, jumlah lensa makin banyak, serta penyimpanan yang semakin besar –membuat kita lebih tenang jika mengambil foto dalam jumlah banyak.

Apalagi, berkat dukungan teknologi Kecerdasan Buatan, kini kita semakin mudah mendapatkan foto bagus. Cukup jepret shutter, lalu Kecerdasan Buatan akan membantu untuk memoles foto agar lebih indah. Baik dari sisi warna, cahaya, hingga fokus pada obyek.

Cukup memudahkan, bukan?

Tapi, lain soal jika kamu ingin menghasilkan foto aesthetic. Pasalnya, kamu membutuhkan kemampuan fotografi HP. Meskipun tidak perlu menjadi ahli, setidaknya kamu tahu bagaimana dasar-dasarnya.

Nah, untuk memudahkanmu menghasilkan foto ciamik, tim Droila sudah bikinkan cara mengambil foto yang bagus dengan kamera HP. Dengan menjalankan salah satu langkah di bawah, kamu bisa memamerkan lebih banyak foto yang indah di media sosial.

Penasaran? Langsung cek aja, ya.

Cara Foto Aesthetic dengan HP

Kecanggihan kamera HP yang kamu gunakan akan terasa kurang tanpa dukungan kemampuan fotografi. Berikut ini beberapa trik fotografi smartphone yang dirangkum penulis dari berbagai sumber.

Menjaga Komposisi dan Tiga Aturan Dasar Fotografi

Komposisi foto (Android Authority)
Komposisi foto (Android Authority)

Komposisi foto yang baik bisa mengalahkan apapun. Bahkan, juga bisa mengubah foto biasa menjadi sebuah mahakarya. Maka dari itu, salah satu bagian fotografi ini penting untuk kamu ketahui.

Perlu dicatat, mempelajari komposisi foto tidaklah semudah membaca artikel ini. Namun, sebagai pengantar, penulis menukil Tiga Aturan yang dikembangkan Android Authority.

Tiga Aturan sangatlah sederhana. Dimulai dengan menggambar dua buah garis imajiner secara horisontal dan vertikal. Nantinya, titik temu antara empat buah garis itu akan menghasilkan bentuk kotak sejumlah 3 x 3.

Nah, yang perlu kamu lakukan hanyalah memastikan kalo objek atau focus point  terletak di salah satu garis silang. Beruntungnya, hampir semua smartphone sudah dibekali fitur garis imajiner. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencoret layar HP, bukan?

Jangan Gunakan Lampu Flash!

Lampu flash kamera HP (Android Authority)
Lampu flash kamera HP (Android Authority)

Tidak menggunakan flash adalah salah satu tips fotografi HP terbaik yang bisa penulis berikan. Kecuali flash diposisikan dan diukur dengan seksama, kilat lampu biasanya malah menghancurkan foto.

Soalnya, kilatan lampu flash bisa mengaburkan fokus, menciptakan warna gelap, serta bikin wajah yang menjadi subyek jadi berubah. Maka dari itu, penulis sih tidak menyarankan kalo kamu menggunakan flash. Sangat amat tidak menyarankan!

Kenali dan Pahami Mode Malam

Mode malam kamera HP (Android Authority)
Mode malam kamera HP (Android Authority)

Nama dari fitur ini berbeda-beda pada setiap OEM. Google menyebutnya dengan istilah Nigh Sight, Samsung menamainya Bright Night, Huawei mengistilahkan Night Mode, sedangkan OnePlus memberi sebutan Nighscape.

Jika ponsel milikmu dibeklai fitur ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan hasil foto yang diambil dalam kondisi bercahaya kurang. Misal saat sore hari, di dalam gedung, atau bahkan mlam hari.

Cara kerja fitur ini mirip seperti HDR. Kamera akan mengambil sejumlah foto dengan tingkat eksposur berbeda. Kemudian, foto-foto tersebut digabungkan lalu mengambil detail dari seluruh foto untuk menghasilkan foto akhir yang lebih berwarna, fokus, dan detail.

Optimalkan Mode HDR

Apa itu mode hdr pada kamera hp (Android Authority)
Apa itu mode hdr pada kamera hp (Android Authority)

Sebelumnya, penulis sudah menguraikan tengan mode HDR pada kamera HP. Mulai dari pengertian, cara kerja, serta bagaiman tips mengoptimalkan. Dan mode fotografi ini juga menjadi salah satu cara mengambil foto yang bagus dengan kamera HP.

Meskipun teknologi kamera HP sudah mencakup mode HDR sebagai fitur yang berjalan otomatis, penulis sih menyarankan agar kamu menggunakan mode manual. Soalnya, hasil jepretan berdasarkan kemampuan dan teknik belum bisa dikalahkan teknologi!

Burst Mode: Pakai atau Tidak?

Burst Mode kamera HP (Android Authority)
Burst Mode kamera HP (Android Authority)

Saking mudahnya kita mengambil foto, muncul kebiasaan baru di mana kita menjepret sejumlah foto sekaligus untuk satu momen. Dalam fotografi, aksi tersebut disebut burst mode. Dan beberapa HP kamera terbaik kini juga memiliki fitur serupa.

Memang, ada kasus tertentu di mana kamu butuh menggunakan Burs Mode. Pasalnya, mode ini bisa jadi alat yang sangat membantu untuk momen tertentu. Tapi, kamu juga perlu mempelajari cara menggunakannya. Biar hasil jepretan jadi lebih optimal.

Sebagai catatan pengantar, Burst Mode bakal beruna saat kamu menjepret momen aksi atau objek yang bergerak. Misal, mode ini bisa sangat menguntungkan jika dipakai saat foto olahraga, kehidupan alam liar, atau objek bergerak lainnya.

Dalam kasus tersebut, objek bergerak dengan cepat. Maka, kesempatanmu untuk menghasilkan foto yang bagus bakal lebih tinggi jika mengambil lebih banyak foto dalam waktu singkat, bukan? Itulah mengapa kamu membutuhkan Burst Mode untuk momen tersebut.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai cara foto keren dengan kamera HP. Dengan menerapkan salah satu tips fotografi HP di atas, niscaya kamu akan bisa menghasilkan foto aesthetic meskipun berlatar belakang rumah sendiri. Nggak percaya? Langsung coba aja!

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like