Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP Penerima, Mudah Lho!

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP Penerima (Fonpit)
Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP Penerima (Fonpit)

Sering pengin mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor baru tanpa menyimpannya dulu? Tenang, ada kok cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor HP penerima. Gampang!

Meskipun layanan WhatsApp sudah berusia lebih dari 10 tahun ,dan memiliki lebih dari 2 juta pengguna harian dari seluruh penjuru dunia, aplikasi pengiriman pesan ini cuma bisa dipakai untuk menghubungi nomor yang tersimpan sebagai kontak. Selebihnya, tidak bisa.

Artinya, saat kamu pengin menghubungi orang yang baru dikenal, kamu masih harus menyimpan nomor teleponnya terlebih dulu sebagai kontak. Selanjutnya, tunggu aplikasi WhatsApp untuk melakukan sinkronisasi kontak, sehingga nomor orang tersebut muncul pada aplikasi.

Cukup panjang, bukan? Padahal, tak jarang kita ingin melewati proses yang memakan waktu ini. Entah karena ada urusan yang mendesak, atau karena terlalu malas untuk melewati langkah demi langkahnya.

Beruntungnya, ada beberapa trik yang bisa kamu coba. Ya, kini sudah ada beberapa cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor HP penerima. Mau tahu apa aja? Berikut ini beberapa cara mengirimkan pesan WA tanpa menyimpan nomor HP penerima yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber. Cekidot, gan!

Tautan WA.Me

Mengirim pesan WA lewat wa.me (Android Police)
Mengirim pesan WA lewat wa.me (Android Police)

Beruntungnya, WhatsApp menyediakan cara resmi buat menghubungi seseorang yang nomornya belum kamu simpan. Hanya saja, cara ini tidak tersedia di dalam aplikasi.

Seperti yang dijelaskan melalui laman FAQ, kamu bisa memulai percakapan dengan nomor baru sekalipun hanya dengan membuka Chrome, Firefox, atau aplikasi browser lainnya.

Kemudian, ketikan alamat https://wa.me/nomortujuan. Gantikan bagian ‘Nomor Tujuan’ dengan nomor dari orang yang ingin kamu hubungi. Lengkap dengan kode wilayah atau negara. Tapi tanpa tambahan kode ‘+’ atau ‘()’ serta ‘00’.

Sbagai contoh, jika kamu pengin menghubungi kontak nomor +62-1234-5678-9101, maka tautan yang perlu kamu ketikkan adalah: https://wa.me/123456789101. Ketikkan tautan tersebut pada kotak alamat yang terdapat pada aplikasi browser.

Kemudian, kamu akan dialihkan ke halaman yang meminta ijin untuk mengakses aplikasi WhatsApp. Ketuk ikon WA berwarna hijau yang terletak di bagian tengah dari halaman tersebut. Selanjutnya, kamu bisa langsung kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor HP penerima.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Kirim pesan WA tanpa simpan nomor pakai aplikasi (Android Police)
Kirim pesan WA tanpa simpan nomor pakai aplikasi (Android Police)

Jika cara di atas dirasa terlalu membingungkan, tetap tenang. Masih ada langkah alternatif untuk mengirimkan pesan WA tanpa menyimpan nomor HP penerima. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Kini, sudah tersedia beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan ini. Tapi, pada dasarnya, masing-masing aplikasi mengandalkan tautan Wa.me.Cuma, sudah diolah dan dikembangkan agar pengguna tak perlu melalui proses yang panjang dan rumit.

Di antara beberapa pilihan aplikasi yang tersedia, Click to chat merupakan aplikasi pengirim WA tanpa menyimpan nomor yang paling ringan. Ukurannya cuma 113 KB saja. Di samping itu, aplikasi ini juga sudah dibuat agar tidak menampilkan iklan serta tak membutuhkan ijin-ijin khusus terhadap file maupun data perangkat.

Selain itu, masih ada aplikasi Easy Massage. Ini adalah alternatif Click to chat yang cukup bisa diandalkan. Layanannya mirip seperti Click to chat. Pula, pengembang aplikasi juga tidak menambahkan iklan serta dirancang dengan tampilan yang mudah digunakan.

Pilih Teks, Lalu Ketuk Menu Aksi yang Muncul

Kirim pesan WhatsApp lewat pintasan aplikasi (Android Police)
Kirim pesan WhatsApp lewat pintasan aplikasi (Android Police)

Di antara beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas, bisa dibilang jika inilah yang paling mudah, cepat dan ringan. Kamu tidak membutuhkan tambahan aplikasi pihak ketiga. Pula, tak perlu mengakses tautan khusus lewat aplikasi browser.

Hanya saja, cara ini cuma bisa diterapkan pada ponsel yang sudah menjalankan sistem operasi Android 9 atau 10. Jadi, jika ponselmu belum menjalankan salah satu OS Android ini, harap jalankan dua langkah sebelumnya aja, ya. Atau, jika bisa diperbarui, segera perbarui versi sistem operasi pada perangkatmu.

Nah, untuk melakukan cara ini, berikut langkah-langkahnya. Pertama, ketikkan nomor telepon yang ingin kamu hubungi pada kotak alamat yang tersedia di aplikasi browser. Selanjutnya, tekan dan tahan beberapa saat nomor tersebut hingga muncul jendela informasi baru.

Nantinya, pada jendela informasi tersebut, akan muncul pilihan ikon WhatsApp. Tak hanya itu, tersedia pula sejumlah ikon pintasan menuju aplikasi lain. Kamu bisa mengklik ikon WA agar ponsel. Selanjutnya, aplikasi WhatsApp bakal muncul di layar dan akan menampilkan halaman pesan pribadi menuju nomor kontak tersebut.

Meskipun cara terakhir terbilang agak memutar dan ribet, setidaknya bisa membantu kamu  untuk menghubungi nomor kontak seseorang tanpa perlu menyimpannya. So, tinggal pilih aja, ya.

Perlu diketahui, masih belum jelas sampai saat ini mengapa perusahaan membatasi metode komunikasinya. Namun, setidaknya, melalui tiga cara mengirim pesan di atas, Anda bisa menghubungi siapa pun yang diinginkan.

Tiga cara kirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor HP penerima di atas bisa kamu pilih salah satu. Dan semoga, salah satu cara di atas bisa membantumu untuk menghubungi seseorang tanpa perlu menyimpannya terlebih dulu.

Lalu, apa yang kira-kira menurutmu paling mudah dilakukan? Jika pernah mencoba, coba deh bagikan pengalaman kalian lewat kolom komentar.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like