Cara Main Game Berat di HP Kentang, Pakai GLTools Aja Bray

cara main game berat di ram 1gb android (Portada-Online)
cara main game berat di ram 1gb android (Portada-Online)

Sudah jadi rahasia umum, HP Android entry-level yang biasanya dijual dengan harga murah seringkali nggak mendukung untuk menjalankan game berat. Alasannya sederhana, HP jenis ini biasanya dibekali dengan spesifikasi hardware yang rendah.

Memang dari segi tampilan dirancang agar terlihat kekinian. Namun, lain hal untuk bagian dalaman. Biasanya, perusahaan membekali dengan chipset berspesifikasi rendah serta dukungan RAM kecil.

Cara main game berat di HP kentang (Android Authority)
Cara main game berat di HP kentang (Android Authority)

Pun jika ada HP 1 jutaan RAM 3GB, dukungan chipset berkualitas rendah kerap jadi kendala. Paling terasa biasanya dari performa sistem operasi kala menjalankan operasi. Paling apes, bikin kamu gagal memainkan game berat Android.

Lalu, bagaimana kalo kamu pengin memainkan game berat Android di HP kentang? Beruntunglah kamu yang hidup di jaman ini. Soalnya, ada aplikasi GLTools yang sudah terbukti keampuhannya.

Aplikasi Game Booster GLTools

Cara main game berat di Android RAM 1GB (YouTube)
Cara main game berat di Android RAM 1GB (YouTube)

Cara main game berat di HP kentang yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi game booster. Jenis aplikasi utilitas ini sudah ada banyak tersedia di Google Play Store. Hanya saja, harap hati-hati, ya.

Soalnya, penelitian dari lembaga keamanan Trend Micro menemukan kalo ada banyak aplikasi berbahaya di Android yang tersedia di Play Store. Dan sebagian besar aplikasi tersebut menyaru sebagai aplikasi utilitas.

Aplikasi GLTools (Play Store)
Aplikasi GLTools (Play Store)

Dan khusus untuk meningkatkan performa Android untuk main game berat, tim Droila memilih pakai aplikasi GLTools. Aplikasi yang sudah lama melayani kebutuhan pengguna Android ini terbukti ampuh meningkatkan performa. Terutama untuk kamu yang ingin main game berat di RAM 1GB Android.

Play Store

Cara Main Game Berat di HP RAM 1GB Pakai GLTools

Perbedaan main pakai GLTools (WordPress)
Perbedaan main pakai GLTools (WordPress)

Kalo belum, segera unduh aplikasi GLTools di HP kentang kalian, deh. Penulis juga udah menyertakan tautan untuk mengunduhnya di atas, kok.

Dan kalo sudah dipasang, berikut adalah langkah-langkah penggunaan GLTools untuk main game berat di Android RAM kecil.

  1. Buka aplikasi GLTools yang sudah dipasang pada HP. Sebelumnya, kamu matikan terlebih dulu koneksi internet di HP. Baik koneksi lewat Wi-Fi maupun data selular.
  2. Setelah itu, isi centang pada tiga kotak menu yang muncul lalu klik menu Install using recovery. Kalo udah selesai, akan muncul menu pop-up yang memintamu untuk reboot. Kamu bisa pilih untuk melakukannya secara manual atau otomatis. Kalo kamu pilih langkah otomatis, kamu perlu menyediakan akses untuk aplikasi SuperSU. Ini adalah aplikasi root Android. Dan begitu semua sudah lengkap, maka perangkat pun akan restart secara otomatis dan masuk ke mode Recovery.
  3. Selanjutnya, tap menu Install lalu cari file yang secara otomatis dibuat aplikasi dan disimpan pada memori penyimpanan internal. Nama file tersebut adalah “install_gtools.zip
  4. Begitu file tersebut sudah ter-install, maka perangkat akan restart secara otomatis.
  5. Kalo sudah, buka aplikasi GLTools. Sekali lagi, pastikan kalo perangkat nggak tersambung jaringan internet. Soalnya, cara main game berat di HP kentang ini bisa gagal.
  6. Nantinya, akan muncul daftar aplikasi. Pilih game yang ingin kamu kustomisasi pengaturannya.
  7. Pengaturan untuk game yang dipilih pun bakal keluar. Kini, tap pengaturan Enable Custom untuk aplikasi ini. Setelah itu ubah pengaturan yang keluar; contohnya seperti Anti-Aliasing dan beberapa pengaturan lain
  8. Di sini, kamu akan mendapat pilihan menu untuk pakai informasi GPU palsu, yang mana bisa kamu pakai untuk memainkan game berat.
Cara pakai GLTools untuk main game berat di HP Android RAM 1GB (WordPress)
Cara pakai GLTools untuk main game berat di HP Android RAM 1GB (WordPress)

Begitu langkah-langkah di atas sudah kamu mainkan, maka aplikasi game berat pun bakal muncul dengan grafis yang lebih baik dan FPS yang lebih bagus.

Wajib dicatat, langkah ini bakal memalsukan informasi GPU yang dikirimkan perangkat ke server game. Sehingga menjadikan perangkat bisa menampilkan grafis yang lebih baik.

Dan usai sudah uraian hari ini mengenai cara main game berat di HP kentang. Kalo pembaca masih mencari artikel tutorial Android lainnya, jangan lupa untuk subscribe Droila, ya.

Setiap hari, ada beragam artikel menarik seputar teknologi, startup, games, aplikasi, dan referensi handphone terbaik yang sayang kalo dilewatkan.

5 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like