Cara Lengkap Melacak HP Android Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak HP hilang (iThemeForests)
Cara melacak HP hilang (iThemeForests)

Tak peduli betapa hati-hatinya kamu menggunakan gadget atau handphone, tetap masih ada kemungkinan untuk kehilangannya. Entah itu karena ketinggalan di suatu tempat, dicuri orang, atau bahkan terjatuh di pinggir jalan.

Beruntunglah untuk pengguna Android, ada banyak cara melacak HP hilang yang bisa kamulakukan sendiri. Kamu bisa menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga, ataubahkan memanfaatkan fitur-fitur dari Email, WA, hingga Google sendiri.

Ya, ada banyak cara lacak HP hilang yang bisa kamu coba. Dan jika kamu benar-benar sedang membutuhkannya, berikut adalah cara lacak HP yang hilang yang sudah dikumpulkan tim Droila dari berbagai sumber.

Cara melacak HP yang Hilang (Android Authority)
Cara melacak HP yang Hilang (Android Authority)

Cara Melacak HP Hilang

Berdasarkan penelusuran tim Droila, ada tiga cara lacakHP hilang yang bisa kamu coba sendiri.Berikut uraian dan langkah demilangkah dari masing-masing cara tersebut.

Melacak HP Hilang dengan Email

Google Temukan Perangkat Saya (Dok.Istimewa Google)
Google Temukan Perangkat Saya (Dok.Istimewa Google)

Setiap HP Android membutuhkan email Gmail agar bis aktif dan digunakan. Untungnya, email ini bisa kita pakai untuk melacak HP hilang. Yang kamu butuhkan hanyalah menggunakan layanan Find My Device Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka situs pencarian Google, bisa lewa HP milik teman atau Laptop.
  2. Login akun Gmail yang aktif di HP kamu yang hilang di halaman Google, biasanya terletak di ujung kanan atas halaman Google.
  3. Kamu harus memastikan jika kedua perangkat –yakni HP yang hilang dengan perangkat yang kamu gunakan untuk mencarinya- login menggunakan akun Gmail yang sama.
  4. Jika sudah, masuk ke halaman Find My Device. Selanjutnya akan muncul keterangan HP milikmu serta lokasi yang tertera di Maps.
  5. Ada tiga pilihan menu yang bisa kamu pakai. Jika kamu ingin menemukannya, pilih menu Putar Suara. Jika kamu merasa HP dibawa orang lain, pilih menu Amankan Perangkat. Dan kalo kamu merasa kemungkinannya kecil untuk menemukan HP, pilih menu Hapus Perangkat. Setidaknya, data-data yang ada di dalam HP bisa aman tanpa khawatir diretas orang.

Melacak HP Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara melacak HP hilang dalam keadaan mati (Google Maps)
Cara melacak HP hilang dalam keadaan mati (Google Maps)

Mungkin kamu berpikir ini adalah hal yang mustahil. Padahal, di balik rasa sangsi yang kamu miliki, ada lho cara lacak HP hilang dalam keadaan mati. Begini langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Maps lewat HP teman, saudara, atau lewat Laptop. Setelah itu, tap ikon garis tiga yang terletak di pojok kiri atas. Kemudian masukkan akun dari HP kamu yang hilang dengan memilih opsi Add Account.
  2. Selanjutnya, tekan ikon berbentuk hamburger dan pilih menu Your Timeline atau Linimasa Anda. Dengan memilih menu ini, maka proses pelacakan pun dimulai.
  3. Terakhir, tekan ikon kalender guna mengetahui lokasi HP kalo sudah hilang dalam hitungan hari. Sekalipun HP dalam keadaan mati, cara melacak ini tetap bakal menemukannya, kok.
Cara melacak HP hilang dalam keadaan mati (Google Maps)
Cara melacak HP hilang dalam keadaan mati (Google Maps)

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

Sejak Pemerintah mengumumkan kalo semua HP yang IMEI-nya belum terdaftar bakal dinonaktifkan, IMEI jadi salah satu bahasan panas. Selain berfungsi sebagai nomor identitas HP, IMEI juga memiliki kegunaan lain. Kamu juga bisa menggunakannya untuk melacak HP hilang. Begini langkah-langkahnya:

Nomor IMEI (Tribun Jakarta)
Nomor IMEI (Tribun Jakarta)
  1. Tentu kamu harus mengetahui nomor IMEI dari perangkat. Biasanya, nomor IMEI tersedia di box HP. Ingat, ini hanya tersedia untuk boxHP dengan garansi resmi.
  2. Jika sudah mendapatkan nomor IMEI, segera pergi ke servicecenter terdekat. Di sini, kamu bisa meminta petugas untuk melacak HP hilang denganIMEI yang sudah kamu bawa.
  3. Jika gagal, minta petugas untuk menonaktifkanatau mematikan HP tersebut. Harapannya, HPyang hilang itu nggak diretas oleh pencuri sehingga data-data pribadi punikut terbawa.

Nah, itulah berbagai cara melacak HP hilang yang bisa kamu lakukan sendiri. Yah, semoga saja ini hanyalah jadi sebatas pengetahuan; tanpa kamu butuh mempraktikannya.

Kalo kamu masih mencari artikel tutorial menarik lainnya, jangan sampai ketinggalan update artikel di Droila, ya. Kamu juga bisa membaca beragam referensi HP terbaik, lho.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like