Cara Lacak Posisi iPhone dari HP Android, Bisa Kamu Pakai Untuk Cek Lokasi HP Teman atau Gebetan

cara melacak lokasi hp iphone
cara melacak lokasi hp iphone

Kehilangan HP adalah persoalan besar. Dan untuk pengguna iPhone, tim Droila sudah siapkan cara lacak posisi iPhone dengan mudah. Ada tiga langkah yang bisa kamu coba!

Sampai saat ini, fitur Fing My iPhone terbukti sukses membantu banyak pengguna HP keluaran Apple ini. Bisa membantu kalian yang kerap lupa menaruh HP atau bahkan yang sempat hilang karena diambil orang.

Akan tetapi, bagaimana kalo nggak ada perangkat iOS atau Mac lainnya di sekitarmu. Artinya, di dalam lingkunganmu, baik itu lingkungan pertemanan maupun keluarga, hanya kamu yang menggunakan perangkat ini. Nah lho, kalo hilang tentu kamu bakal kehilangan.

Hal ini disebabkan fitur Find My iPhone hanya bisa diaktifkan oleh perangkat bikinan Apple dan untuk mencari perangkat keluaran Apple juga. Ya, dari Apple, oleh Apple, untuk Apple.

Padahal, di Indonesia sendiri, angka pengguna Apple nggak begitu besar. Menukil data rilisan Statista, sejak tahun 2012-2019 tercata pengguna perangkat berbasis iOS di Indonesia hanya meningkat sedikit saja.

Kini, dari total pengguna smartphone di Indonesia, 5,16% di antara menggunakan perangkat berbasis iOS. Sementara itu 92,4% lainnya menggunakan OS Android. Sisanya, terbagi antara OS Blackberry, Symbian, Tizen, Windows, Linux, dan masih banyak lagi dengan angka yang kian kecil.

Melihat data di atas, wajar jika kamu wajib tahu bagaimana lacak posisi iPhone dari HP Android. Dan kamu hari ini sedang beruntung: ada lho cara mudah untuk melacak posisi iPhone yang bisa kamu lakukan lewat HP Android.

Penasaran? Langsung cek uraian cara lacak posisi iPhone yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber ini aja, ya.

lacak posisi iphone
lacak posisi iphone

Cara Melacak Lokasi iPhone dengan Android

Ada beberapa hal yang perlu kamu catat sebelum melakukan langkah ini. Pertama, langkah ini bisa kamu terapkan pada berbagai produk yang menggunakan OS Android. Mulai dari Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dan lain-lain.

Hal kedua yang perlu kamu catat, kamu wajib mengaktifkan fitur Send last location yang ada di dalam fitur Find my iPhone. Dengan begitu, kamu pun bisa melacak lokasi iPhone lebih mudah ketika hilang atau lupa meletakkannya.

Melacak posisi iPhone menggunakan Browser Android

Kalo kamu sudah mengaktifkan fitur Find my iPhone dari perangkat iOS, saat kehilangan, kamu bisa lho mencarinya hanya dengan Log In akun iCloud. Cukup masukkan Apple ID yang terdaftar di perangkatmu lalu buka akses Find My iPhone dari akun pribadinya.

Tenang aja, cara ini bisa kamu jalankan lewat aplikasi browser Android, kok. Entah itu aplikasi bawaan vendor (Bloatware) atau browser Google Chrome. Namun, tetap ada tips yang wajib kamu lakukan.

Kenapa butuh tips. Pasalnya, tampilan mobile pada Android membatasi beberapa fitur dari iCloud. Oleh karena itu, agar kamu bisa membuka akses penuh ke fitur, kamu perlu mengubah tampilan mobile jadi tampilan Desktop.

Cara untuk mengubahnya mudah, kok. Cukup tekan ikon titik tiga yang terletak di sudut kanan atas Google Chrome. Setelah itu, akan muncul pilihan menu. Scroll ke bawah pilihan menu tersebut, lalu isi kotak yang terletak di samping menu Desktop Site dengan centang. Dengan begitu, tampilan pun akan otomatis berubah.

Jika sudah  Log In akun iCloud, lakukan beberapa hal berikut: pertama, hidupkan pengaturan suara pada perangkatmu yang hilang, aktifkan fitur Lost Mode untuk mencegah pencuri meretas perangkatmu, dan yang terakhir –kalo bisa jangan dilakukan- kamu juga bisa menghapus semua data yang tersimpan di iPhone milikmu lewat iCloud ini.

melacak lokasi iphone dengan android
melacak lokasi iphone dengan android

Cara lacak posisi iPhone menggunakan akun Google

Barangkali, ada di antara pengguna yang tetap meng-install aplikasi Gmail pada perangkat iPhone miliknya. Bisa dipahami, mengingat kemudahan yang ditawarkan serta popularitasnya.

Dan kalo kamu juga menggunakan aplikasi ini lewat iPhone, bersyukurlah. Menggunakan akun Gmail, kamu bisa melacak posisi iPhone yang hilang!

Cara untuk melakukannya: pertama, buka mode incognito pada aplikasi browser Android lalu Log In akun Gmail sesuai dengan akun yang tersimpan di perangkatmu.

Setelah itu, pilih menu Sign-in & Security > Find your phone, geser ke bawah sampai kamu menemukan menu Find your phone. Nantinya, semua smartphone yang sudah login  menggunakan email Google milikmu bakal muncul di sini. Klik logo iPhone yang muncul di daftar ini.

Kamu tinggal memasukkan kata sandi dari akun Gmail milikmu, lalu akan muncul halaman informasi yang menunjukkan informasi dasar; termasuk waktu terakhir akun Google milikmu disinkronisasikan serta lokasi terakhirnya.

Jika kamu melihat ada yang mencurigakan dari aktitvitas perangkatmu, pilih menu Something looks wrong. Maka, kamu akan dibawa menuju halaman untuk mengubah password Google.

Masih ada beberapa menu yang ada di fitur Find your phone. Antara lain Find and lock your iPhone, Try Calling your iPhone, Sign Out of your iPhone, serta Reach out to your carrier. Kamu tinggal pilih aja menu yang paling sesuai untuk mengatasi kondisimu.

melacak posisi iphone
melacak posisi iphone

Cara cek lokasi iPhone menggunakan Google Maps

Mungkin terkesan lawas untuk lacak posisi iPhone menggunakan Google Maps. Namun, bagaimanapun, ini tetaplah salah satu langkah manjur dan wajib kamu tahu. Dengan cara lacak posisi iPhone ini, kamu bisa mengetahui lokasi terakhir di mana kamu menggunakan iPhone.

Namun, ada kondisi yang wajib kamu penuhi sebelum mulai menjalankan langkah ini. Kondisi itu yakni iPhone milikmu sudah dipasangi dengan Google Maps serta kamu mengaktifkan pemindaian lokasi dari perangkat oleh Google Maps. Untuk mengaktifkannya mudah, kok: masuk halaman Pengaturan Google > pengaturan lokasi Google > Pengaturan riwayat lokasi.

Jika semua kondisi di atas sudah kamu penuhi, Log in Google Maps lewat HP Android milik teman. Ingat, kamu harus mengaktifkan mode incognito, ya. Langkah preventif aja saat kamu kelupaan Log Out  akun Google Maps.

Kalo sudah, pilih tanggal tanggal saat kamu mulai kehilangan iPhone, tinjau ulang lokasi terakhir serta rute perjalanan yang kamu tempuh ketika hari itu. Kalo kamu mengambil foto pada hari itu –dan mengaktifkan fitur Google Photos-maka akan muncul gambar yang menjelaskan runtutan waktu serta indikasi lokasi kamu kehilangan iPhone.

Nah, itulah berbagai cara lacak posisi iPhone dari HP Android yang bisa kamu praktikkan sendiri. So, nggak perlu khawatir lagi kalo misal HP iPhone milikmu hilang, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like