Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus atau Terhapus Oleh Pengirim, Terbukti Berhasil!

cara melihat dm instagam yang sudah dihapus (StarzSoft)
cara melihat dm instagam yang sudah dihapus (StarzSoft)

Pernahkah kamu mendapatkan DM Instagram tapi nggak bisa membaca karena sudah dihapus pengirim? Tenang, ada kok cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus atau terhapus pengirim. Kalo pengin tahu, simak uraian di bawah, ya.

Seperti umumnya platform media sosial, Instagram juga memiliki fitur Private Message. Hanya saja, pada Instagram, fitur tersebut disebut sebagai DM, singkatan dari Direct Message. Melalui fitur ini, kamu bisa mengirim dan menerima pesan pribadi dari akun Instagram lainnya.

Dan sama seperti Facebook Messenger, kamu bisa mengirimkan beragam jenis file lewat fitur ini. Mulai dari pesan teks, foto, video, hingga lokasi atau Instastory.

Kalo kamu sering menggunakan fitur DM Instagram, tentu pernah mendapati kejadian dimana pesan yang sudah diterima dan masuk tapi nggak bisa dibaca. Biasanya, penyebab dari kejadian ini adalah pesan yang dikirimkan sudah dihapus atau nggak sengaja terhapus.

Ya, semua pengguna platform Instagram pasti pernah mengalaminya. Dan saat kamu menghadapi masalah ini, tentu rasanya apes banget. Apalagi kalo pesan yang dikirim atau diterima ternyata penting.

cara mengembalikan dm instagram yang terhapus (StackPath)
cara mengembalikan dm instagram yang terhapus (StackPath)

Cara Mengembalikan DM Instagram yang Terhapus

Memang, kalo kita membaca halaman Pusat Bantuan Instagram, diterangkan kalo setiap pesan pada DM IG yang sudah dihapus nggak akan bisa diakses atau dibaca oleh penerima. Padahal, ada lho beberapa cara mengembalikan DM Instagram yang sudah dihapus.

Nah, untuk pembaca yang sedang mencari cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus, tenang aja, ya. Berdasarkan penelusuran Droila, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba. Langsung praktikan aja, ya.

Menghubungkan dengan Akun Facebook

Menautkan Facebook Messenger dengan DM IG (Fonelab)
Menautkan Facebook Messenger dengan DM IG (Fonelab)

Beruntungnya, berkat pembaruan aplikasi Instagram yang baru-baru ini diluncurkan, pengguna bisa mengakses DM Instagram lewat Facebook Messenger, lho. Alhasil, untuk melihat DM Instagram yang sudah dihapus pun lebih mudah, bukan?

Ya, cukup tautkan akun Instagram dan Facebook Messenger kalian aja. Sehingga, setiap pesan yang sudah dikirimkan tapi dihapus pengirim bakal bisa kamu baca. Nah, begini langkah untuk membaca DM Instagram yang sudah dihapus lewat Facebook Messenger:

  1. Buka website Facebook, lalu masuk ke akun FB yang sudah terhubung dengan akun IG milikmu. Setelah itu, buka halaman Inbox Facebook.
  2. Di bagian kiri pada halaman Inbox, tap ikon Direct Message Instagram. Maka, kamu bakal menemukan semua pesan yang sudah masuk ke DM IG. Termasuk pesan yang sudah dihapus pengirim.

Mengirim Permintaan Download Data Akun

Download data akun IG (Fucosoft)
Download data akun IG (Fucosoft)

Untuk langkah kedua terbilang cukup ribet. Soalnya, kamu perlu mengirim permintaan kepada Instagram untuk mengumpulkan data akun milikmu. Kelebihannya, kamu bisa mendapatkan semua jenis data yang ada di akun; mulai dari foto, video, stories IG, hingga DM IG yang sudah dihapus.

Nah, cara untuk mengirimkan permintaan download data akun IG begini:

  1. Buka aplikasi Instagram atau website Instagram pada desktop. Kali ini penulis menggunakan versi desktop. Jika sudah, login dan masuk ke akun IG milikmu
  2. Jika sudah, masuk halaman Pengaturan Instagram. Selanjutnya pilih menu Privacy and Security
  3. Scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan menu Data Download, klik pilihan Request Download yang terletak di bawahnya
  4. Masukkan email yang terhubung dengan akun IG milikmu. Setelah itu, cukup tunggu sampai 48 jam agar Instagram bisa mengumpulkan semua data dari akun milikmu.

Nantinya, lewat email yang kamu daftarkan, kamu bakal mendapatkan seluruh data dari akun IG. Baik itu data postingan yang sudah dihapus, sampai DM yang terhapus.

Menggunakan Aplikasi Json Genie (Editor)

Membaca DM yang sudah dihapus pakai Json Genie (Istaunch)
Membaca DM yang sudah dihapus pakai Json Genie (Istaunch)

Cara ketiga hanya bisa berfungsi untuk HP Android. Soalnya, kamu perlu mengunduh dan memasang aplikasi Json Genie (Editor) lewat Play Store.

FYI, aplikasi ini sebenarnya merupakan aplikasi yang dipakai untuk membuka, membaca, dan mengedit file Json. Perlu kamu ketahui, setiap data pengguna yang dikirimkan maupun diterima dari aplikasi biasanya tersimpan dalam bentuk file Json.

Maka dari itu, untuk membuka pesan yang sudah terhapus pun bisa kok menggunakan aplikasi ini. Nah, untuk keterangan cara menggunakannya begini, lho.

  1. Download dan install aplikasi Json Genie (Editor) lewat Play Store
  2. Jika sudah, buka aplikasi tersebut, lalu temukan folder yang berisi data Instagram.
  3. Kalo sudah, masuk folder dan cari folder bernama messages.json
  4. Nah, di dalam folder tersebut kamu bisa menemukan semua DM Instagram, baik itu DM yang sudah lama banget sampai DM IG yang terhapus.

Bagaimana setelah membaca cara melihat DM Instagram yang sudah dihapus di atas? Kamu tentu sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mengetahui DM Instagram yang dihapus pengirim, bukan?

Jangan sampai ketinggalan beragam tutorial software terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berita HP, smartphone, HP, aplikasi, dan games terbaru serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

5/5 - (1 vote)
22 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like