8 Cara Membersihkan Casing HP yang Benar, Bahannya Mudah Didapatkan!

cara membersihkan casing hp
cara membersihkan casing hp

Casing HP menjadi salah satu aksesori yang penting karena dapat melindungi HP sekaligus mempercantik tampilan. Seiring berjalannya waktu, casing yang digunakan pasti akan kotor. Terutama casing karet berwarna bening. Ketika casing kesayanganmu menguning, jangan buru-buru dibuang. Ada banyak cara membersihkan casing HP yang telah kotor atau menguning.

Cara Membersihkan Casing HP Berwarna yang Menguning

cara membersihkan case hp
cara membersihkan case hp

Penggunaan HP sehari-hari tak mungkin lepas dari debu. Bahkan, tangan pun tak selalu bersih saat memegang HP.

Oleh karena itu, case yang tadinya berwarna biru, berwarna putih, berwarna pink, dan berwarna lainnya akan cenderung memudar. Bahkan, bisa juga terkena kotoran lem saat tanpa sadar kamu meletakkannya di suatu tempat yang lengket.

Nah, karena itulah, Droila akan berbagi tips cara membersihkan casing HP berwarna agar tampilannya kembali cerah dan tentunya lebih bersih. Bahan yang digunakannya tidak sulit kok. Kamu bisa menemukannya di sekitar tempat tinggalmu.

Pasta Gigi

Fungsi pasta gigi tak hanya digunakan untuk membersihkan gigi, loh. Kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan casing HP milikmu. Kandungan pasta gigi tak hanya dapat memutihkan gigi, tetapi juga mengembalikan warna case.

Cara membersihkan dengan odol ini sangat mudah. Oleskan pasta gigi secukupnya pada permukaan casing. Setelah itu, sikat casing hingga tampak bersih. Setelah itu, bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

Sabun Cuci Piring

Selain menggunakan pasta gigi, kamu juga bisa membersihkan case HP menggunakan sabun cuci piring. Kamu bisa gunakan sabun cuci piring yang krim maupun yang cair. Nggak perlu sebut merek lah, ya. Kamu pasti tahu apa saja contohnya.

Cara menggunakannya mudah kok. Campurkan sabun cuci piring ke dalam air hangat. Setelah itu, gosok permukaan casing menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam larutan sabun cuci piring tadi.

Setelah bersih, bilas dengan air dingin hingga bersih. Jangan lupa dikeringkan dulu sebelum digunakan. Pastikan benar-benar kering, ya!

Alkohol

Cara membersihkan case HP berikutnya adalah menggunakan alkohol. Tipe alkohol yang digunakan adalah alkohol dengan kandungan 70%. Alkohol memiliki sifat dekontaminasi dan volatilisasi yang kuat sehingga mampu mengangkat kotoran pada casing.

Cara membersihkan casing HP berwarna  yang menguning dengan alkohol tidak sulit kok.. Tuangkan alkohol pada kapas secukupnya. Gosokkan kapas pada bagian casing yang kotor hingga tampak bersih. Setelah itu, bilas dengan air bersih lalu keringkan.

Penghapus

Selain untuk menghapus goresan pensil, penghapus ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan  casing HP. Terutama pada case HP yang menggunakan finishing matte.

Cara menggunakannya sama halnya dengan menghapus goresan pensil. Gosokkan penghapus pada casing yang kotor.

Setelah korotannya hilang, bersihkan dengan tisu basah untuk menghilangkan bekas penghapus. Setelah itu, gunakan tisu kering untuk membersihkan casing HP yang masih basah. Mudah, kan?

Cara Membersihkan Case HP Bening

cara membersihkan casing hp berwarna
cara membersihkan casing hp berwarna

Case bening banyak diminati lantaran dapat menampilkan warna asli HP. Setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama, case ini dapat menguning. Faktornya banyak, bisa karena kotoran yang menempel saat diletakkan sembarangan atau tangan yang kotor saat menggunakan HP.

Case bening yang menguning tentu membuat tampilan HP tak lagi menarik. Jangan langsung dibuang dulu. Case bening memang perlu perhatian ekstra. Kamu harus kerap membersihkannya agar warnanya tidak cepat menguning. Gunakan salah satu dari bahan-bahan berikut untuk membersihkannya.

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki kandungan cineol, terpineol, dan lignin. Kandungan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan casing HP, terutama caning HP yang bening. Jika digunakan untuk casing berwarna, warna aslinya pun tak akan pudar.

Cara membersihkan case HP dengan minyak putih mudah. Teteskan minyak kayu putih pada tisu atau kain yang lembut. Bersihkan casing HP yang menguning tersebut menggunakan tisu atau kain tersebut. Setelah bersih, lap casing menggunakan kain yang bersih.

Baking Soda

Selain sebagai bahan membuat kue, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan case HP bening. Buatlah pasta menggunakan baking soda. Kamu hanya perlu menyiapkan baking soda, air, sikat, dan wadah kecil, mangkuk misalnya.

Nah, cara membersihkan casing HP menggunakan baking coda sebagai berikut. Tuangkan baking soda ke dalam wadah.

Teteskan air bersih secukupnya sambil diaduk. Jangan terlalu encer, ya! Jika bentuknya sudah seperti pasta, oleskan pasta tersebut ke permukaan casing yang menguning. Gosok perlahan menggunakan sikat. Setelah itu, silas dengan air bersih kemudian lap dengan kain kering.

Hand Sanitizer

Tips HP Cara membersihkan case HP bening berikutnya dengan menggunakan hand sanitizer. Caranya lebih sederhana dibandingkan cara sebelumnya.

Bersihkan HP dari debu yang menempel menggunakan tisu kering. Setelah itu, oleskan hand sanitizer di permukaan casing yang menguning. Setelah itu, lap kembali menggunakan tisu kering. Casing pun jadi kinclong lagi.

Pemutih

Jika bahan-bahan di atas tidak berhasil, kamu biasa menggunakan cairan pemutih. Usahakan tangan jangan terkena langsung dengan cairan pemutih, ya. Soalnya kandungan pemutih berbahaya jika terkena kulit secara langsung.

Berikut ini cara membersihkan casing HP yang menguning dengan cairan pemutih. Siapkan air hangat di dalam wadah kemudian tuangkan cairan pemutih secukupnya.

Masukkan casing HP ke dalam wadah tersebut. Tunggu beberapa menit. Setelah itu, keringkan casing menggunakan lap kain.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, masih ada juga beberapa bahan yang bisa digunakan, seperti sabun cair dan boraks. Kalau dengan garam, sampai saat ini belum ada yang membuktikan keefektifannya.

Sebagai alat komunikasi yang penting, tentu menjaga kebersihan casing HP juga penting. Jadi, usahakan membersikan casing HP dengan rutin, terutama casing bening. Dengan begitu, casing tak akan cepat menguning.

Nah, sekian dulu informasi cara membersihkan casing HP. Semoga uraian tips HP Android dan iPhone di atas bisa membantumu dalam mengatasi masalah, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like