Cara Memblokir Nomor HP Orang yang Tidak Ada di Kontak atau Tidak Dikenal

Cara blokir no hp yang tidak dikenal (MegaInteresting)
Cara blokir no hp yang tidak dikenal (MegaInteresting)

Meskipun jarang digunakan, aplikasi telepon tetap dipasang oleh pengembang Android. Masalahnya, kita sering mendapatkan masalah dari aplikasi ini; mulai dari dapat telepon tawaran produk tertentu sampai kericuhan akibat Debt Collector. Maka dari itu, langsung terapkan cara memblokir nomor HP di bawah aja. Hidup bisa jadi lebih tenang!

Mungkin hanya sebagian dari kita yang masih menggunakan panggilan telepon. Rata-rata, kalo kita perlu ngobrol secara langsung, yang dipakai adalah fitur panggilan telepon dari aplikasi chatting  –entah itu WhatsApp, Telegram, Line, atau Facebook Messenger.

Anehnya, penurunan pengguna ini nggak membuat Google menghapuskan fitur telepon dari sistem operasi Android. Bahkan, alih-alih sepi panggilan, justru kita kerap mendapatkan telepon dari berbagai instansi untuk beragam jenis keperluan.

Saat ini, kita mengenal telepon tersebut sebagai panggilan spam. Atau panggilan sampah. Biasanya, berisi tawaran dari produk-produk yang kerap kita gunakan.

Atau juga penawaran asuransi, kartu kredit, sampai Debt Collector yang menghubungimu karena ada seseorang yang menyimpan kontak teleponmu mengajukan hutang pada pinjaman online dan belum bayar.

Barangkali, untuk kasus terakhir, adalah kasus yang paling menjengkelkan. Tanpa ada pembukaan maupun perkenalan yang lembut, biasanya Debt Collector dari pinjaman online ilegal langsung memberikan kata-kata kasar lengkap dengan sumpah serapah yang bikin keki.

Cara Blokir No HP dari Nomor yang Tidak Dikenal

Beruntungnya, teknologi makin memudahkan kita dalam memilih ingin terhubung dan terputus dengan siapa. Tak terkecuali dalam hal layanan panggilan telepon.

Dan berdasarkan penelusuran tim Droila, terdapat beberapa cara memblokir nomor telepon yang tidak ada di kontak. Sehingga, kamu bisa terhindar dari tawaran yang nggak diinginkan atau sumpah serapah para Debt Collector, bukan?

Pengin tahu? Langsung terapkan cara-cara di bawah, ya.

Blokir Nomor HP Orang di HP Android Lewat Pengaturan

Cara blokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal (BusinessInsider)
Cara blokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal (BusinessInsider)

Seperti kita tahu, Android jadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan. Dan langkah-langkah di bawah pas diterapkan untuk kamu yang menggunakan HP Xiaomi, Oppo, Realme, Advan S5E, Samsung, atau Lenovo.

Mudah, kok. Begini uraiannya.

  1. Masuk aplikasi Telepon yang terletak di halaman utama HP kamu. Biasanya ikon aplikasi ini berada di bagian paling bawah dari layar.
  2. Setelah aplikasi terbuka, tap ikon titik tiga yang terletak di bagian atas layar
  3. Pilih menu Setting atau Pengaturan pada jendela menu yang muncul
  4.  Tap menu Blok Nomor, lalu geser toogle yang terletak di samping menu Blokir Panggilan dari Orang Tak Dikenal dan Blokir Panggilan Terusan

Kalo kamu sudah menerapkan langkah-langkah di atas, maka tenang aja. Semua panggilan dari nomor HP yang belum disimpan atau nomor tak dikenal bakal langsung diblokir oleh perangkat.

Blokir No HP dari Panggilan yang Tak Dikenal pada OS Android One

Blokir panggilan tidak dikenal pada Android One (BusinessInsider)
Blokir panggilan tidak dikenal pada Android One (BusinessInsider)

Untuk pengingat, Android One merupakan produk dari program Google yang ditujukan untuk HP dengan spesifikasi rendah. Ini adalah versi modifikasi yang berisikan berbagai aplikasi yang sudah dibuat ringan.

Dan karena merupakan versi ringan, tentu ada keterbatasan dan perbedaan pengaturan. Tak terkecuali dalam hal memblokir panggilan dari nomor tak dikenal.

HP yang kamu gunakan menjalankan Android One? Kalo memang begitu, begini langkah mudah untuk blokir no HP yang tidak ada di kontak HP.

  1. Buka aplikasi Phone
  2. Tap ikon titik tigo yang terletak di bagian kanan atas layar
  3. Pilih menu Setting pada jendela menu yang muncul
  4. Usap menu Blocked Numbers dan tambahkan aja nomor-nomor yang ingin kamu blokir

Perlu dipertegas, Android One nggak menyediakan fitur yang bisa memblokir panggilan dari nomor tak dikenal secara otomatis. Membaca uraian langkah di atas, kamu harus melakukannya secara manual. Ya, itulah perbedaan utama dari fitur ini pada Android One dan Android versi reguler.

Memblokir Nomor Tak Dikenal di iPhone

Memblokir nomor tak dikenal di iPhone (Pinterest)
Memblokir nomor tak dikenal di iPhone (Pinterest)

Pada dasarnya, pemrosesan dari sistem operasi Android dan iOS sangat berbeda. Oleh karena itu, untuk cara memblokir nomor HP pada iPhone pun juga berbeda dari HP Android.

Nah, untuk kamu yang menggunakan HP iPhone, penulis sudah siapkan beberapa langkah untuk memblokir panggilan dari nomor tak dikenal. Langsung coba aja, ya.

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada HP iPhone milikmu
  2. Begitu aplikasi terbuka, tap pada menu Do Not Disturb
  3. Selanjutnya bakal muncul beberapa pilihan. Geser toogle yang terletak di samping menu Do Not Disturb on Manual lalu pilih menu Only Allow Calls from Your Contact List.
  4. Di samping itu, kamu juga bisa memblokir panggilan yang berulang kali menghubungimu dan dinilai mengganggu selama tiga menit.

Jika sudah sampai di sini, artinya kamu sudah memahami dan mempraktikan cara memblokir nomor HP di atas. Bukankah hidup lebih tenang jika kamu nggak diganggu dengan panggilan-panggilan yang nggak jelas?

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android dan iOS terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan pembaruan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like