Cara Membuat Baterai HP Awet Kembali, Solusi Kalo Cepat Habis dan Gampang Ngedrop!

cara membuat baterai hp awet kembali tanpa root (Komando)
cara membuat baterai hp awet kembali tanpa root (Komando)

Cara membuat baterai HP awet kembali di bawah bisa kamu terapkan untuk mengatasi daya tahan yang mulai lemah. Baik itu untuk baterai tanam maupun baterai copotan yang kembung. Mau tahu bagaimana caranya?

Mendengarkan musik, main game, nonton film, mengambil foto, browsing informasi, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa kita lakukan lewat smartphone. Sayangnya, satu aspek yang tampaknya kurang mendapatkan perhatian besar; baterai.

Memang, masing-masing pengembang saat ini sudah membekali produk unggulannya dengan baterai berkapasitas besar. Sebagai tambahan, dibekali pula fitur fast charging yang mampu mempercepat proses pengisian.

Ada yang mengklaim mampu mengisi 0-100% dalam waktu 60 menit saja. Bahkan, ada pula yang Cuma membutuhkan 30 menit. Alhasil, proses pengisian daya makin cepat dan singkat.

Yang jadi persoalan, hanya sedikit yang menawarkan daya tahan baterai panjang. Sekalipun chipset yang dipakai sudah dibekali fitur hemat daya super, biasanya hanya bertahan beberapa bulan –untuk kemudian jadi boros dan cuma bisa bertahan beberapa jam saja.

cara membuat baterai hp awet kembali (Android Authority)
cara membuat baterai hp awet kembali (Android Authority)

Cara Agar Baterai HP Awet Kembali yang Mudah

Tak ada habisnya jika membicarakan baterai HP. Sebelumnya, penulis sudah menguraikan bagaimana membuat baterai lebih awet saat main game serta merawat baterai non-removable. Tapi,penulis belum sempat untuk menguraikan cara mengatasi baterai boros dan cepat habis.

Memang, Google sudah mengupas mengenai cara memaksimalkan daya perangkat Android milikmu. Tapi, tetap nggak bisa dipungkiri kalo cara tersebut sifatnya hanya pencegahan. Artinya, jarang sekali yang membahas cara memperbaiki baterai yang cepat habis.

Nah, kali ini, penulis bakal mengulas lebih dalam mengenai cara membuat baterai HP awet kembali. Artinya, cara ini bisa diterapkan pada baterai HP yang boros. Mau tahu bagaimana langkah-langkahnya? Simak uraian di bawah, ya.

Hindari Suhu Ekstrem: Terlalu Panas atau Dingin

Tanpa kamu sadari, suhu ekstrem bisa berpengaruh besar pada kesehatan baterai. Baik suhu yang terlalu panas maupun dingin. Apalagi kalo kamu meninggalkan HP di dalam mobil, bisa mengurangi daya tahannya!

Maka dari itu, jaga HP agar selalu berada di suhu ruangan. Yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Dan kalo kamu sudah melakukan, artinya kamu sudah menerapkan satu cara membuat baterai tanam awet kembali.

Hindari Penggunaan Sampai 0% atau Isi Ulang Sampai 100%

Meskipun jarang, tak sedikit baterai yang rusak akibat perangkat charger. Apalagi kalo ponsel milikmu seri lawas. Soalnya, charger HP seri lawas dibekali teknologi yang disebut “Battery Memory”.

Artinya, ingatan baterai kalo kamu pernah memakai ponsel sampai daya 0% atau isi ulang langsung hingga 100% bakal mengurangi ketahanannya. Yah, inilah kondisi yang oleh banyak pengguna disebut baterai bocor atau kembung.

Maka dari itu, untuk HP yang sudah rusak atau bocor, hindari deh memakai sampai 0% atau isi ulang langsung hingga 100%. Setidaknya, bisa sedikit menyembuhkan luka yang sudah lama dipelihara.

Isi ulang baterai HP (Android Authority)
Isi ulang baterai HP (Android Authority)

Agar Bisa Dipakai Jangka Panjang, Isi Ulang Daya hingga 50% Saja

Di atas, penulis sudah menjelaskan mengenai hal-hal yang nggak boleh kamu lakukan saat isi ulang daya. Sebaliknya, ada pula kok cara yang disarankan. Dan cara paling tepat untuk merawat baterai HP adalah dengan mengisi ulang daya sampai 50% saja.

Metode ini paling tepat diterapkan pada baterai berjenis Lithium-Ion. Dan sudah banyak orang yang membuktikan kemanjuran dari cara ini. Jadi, langsung terapkan aja, ya.

Mengubah Siklus Isi Ulang

Biasanya, butuh waktu berapa lama agar ponsel milikmu bisa menghabiskan daya baterai dari 100%? Setiap pengguna HP tentu sudah mengetahui waktu pakai dari perangkat masing-masing, bukan?

Alhasil, biasanya waktu pakai tersebut bakal memengaruhi kebiasaan pengguna. Artinya, setiap siklus habis dan HP butuh isi ulang, pengguna bakal sibuk cari colokan. Agar daya bertambah dan perangkat tetap bisa digunakan.

Lama-kelamaan, siklus tersebut makin berkurang seiring durasi yang makin pendek. Nah, untuk cara membuat baterai HP awet kembali tuh mudah, kok. Perpanjang aja siklusnya.

Caranya pun sederhana. Jika baterai HP milikmu bisa dipakai selama 3 jam non-stop, maka kamu perlu memberi jeda agar perangkat bisa beristirahat. Letakkan lalu diamkan. Biarkan siklus berubah makin panjang.

Nantinya, berdasarkan ingatan yang disimpan oleh baterai, maka durasi penggunaan pun bakal makin panjang. Coba langsung aja deh kalo nggak percaya.

cara membuat baterai tanam awet kembali (TribunNews)
cara membuat baterai tanam awet kembali (TribunNews)

Nonaktifkan Aplikasi Bloatware dan Aplikasi Lain yang Menguras Daya

Terakhir tentu saja berkaitan dengan pemakaian. Agar baterai HP, yang harus kamu lakukan tentu cek konsumsi daya baterai dari masing-masing aplikasi yang terpasang.

Jika kamu merasa ada aplikasi bloatware yang nggak terpakai, segera deh untuk menonaktifkannya. Di samping itu, cek pula aplikasi yang pernah kamu unduh tapi kini jarang dipakai. Jika menemukan, langsung uninstall.

Bagaimanapun, poin terakhir ini adalah yang paling penting. Karena bisa berpengaruh langsung pada konsumsi daya baterai HP milik kita.

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai cara membuat baterai HP awet kembali. Butuh komitmen dan tekad untuk menyembuhkan baterai HP yang pernah rusak. Dan kalo kamu benar-benar berniat melakukannya, langsung praktikkan aja langkah di atas.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android dan iPhone terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, games, software, dan rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like