Cara Membuat Bot di WA Bisnis yang Mudah, Cuma 3 Langkah Aja!

droila-aplikasi-whatsapp-business
Aplikasi WhatsApp Business (Sasana Digital)

Sejak awal kehadiran chatbot, bisnis terbukti berjalan lebih efektif. Dan kemunculan bot di WA Bisnis, membuat pelaku UMKM dari berbagai ukuran lebih gampang berhubungan langsung dengan pelanggan. Untuk itu, penting lho tahu bagaimana cara membuat bot di WA bisnis.

WhatsApp menjadi salah satu alat penting bagi pelaku bisnis. Baik bisnis dengan produk yang dibuat sendiri, maupun Anda yang menekuni retail.

Melalui WhatsApp, pebisnis dan konsumen lebih mudah dan cepat terhubung. Apalagi jika kamu juga memiliki website serta akun media sosial. Tentu jadi lebih gampang mendapatkan atau menjaring pelanggan baru.

Seiring pertumbuhan bisnis dan produk, jumlah pelanggan pun semakin banyak. Sehingga, lama-kelamaan, kamu bakal merasa kewalahan meladeni pertanyaan dari pelanggan. Baik pertanyaan tentang ketersediaan, maupun informasi lainnya.

Tenang, WhatsApp juga masih bisa kamu gunakan. Melalui aplikasi WhatsApp Business, kamu bisa membuat bot chat. Dan menggunakan bot ini, kamu bisa lebih gampang membalas ratusan hingga ribuan pertanyaan pelanggan.

Tertarik mencoba? Atau, kamu bahkan belum tau apa itu bot chat WA? Tenang aja, ya. Tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi mengenai chatbot WA yang untuk kamu. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara membuat bot di WA bisnis.

Langsung cek uraian di bawah aja, ya.

droila-cara-membuat-bot-di-wa-bisnis
Cara membuat Bot di WA bisnis (Inbenta)

Apa itu Chatbot WA?

Bagaimana kamu  bisa mengoptimalkan fungsi sebuah fitur jika tidak mengetahui apa dan bagaimana cara kerjanya. Maka dari itu, sebelum kita membahas bagaimana cara membuat chatbot di Whatsapp, pahami dulu fungsi dan cara kerja dari fitur Whatsapp Business ini.

Mengutip blog resmi WhatsApp, chatbot WA adalah program software yang bisa digunakan secara khusus pada WA Bisnis saja. Fungsi bot WA adalah memudahkan komunikasi antara pelaku bisnis dan konsumen.

Melalui chatbot, kamu bisa menyediakan berbagai informasi yang bisa memudahkan pelanggan mengakses produk atau bisnis. Bisa berupa jawaban atas kendala yang sering dihadapi user, ketersediaan stok produk, hingga sekadar informasi singkat dari pilihan produk yang ditawarkan.

Dengan begitu, chatbot WA memudahkan pelaku bisnis dan konsumen untuk terhubung secara langsung. Tak hanya itu, kamu juga bisa menghemat waktu konsumen maupun pekerjaan dalam menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan.

Mengapa Bot WhatsApp Bisnis Penting untuk Usaha Anda?

Seperti sudah disinggung di atas, ada beberapa keuntungan yang bakal diperoleh bisnis ketika menggunakan chatbot. Jika kamu ingin lebih memahami, simak penjelasan di bawah ini.

Pertama, bot WhatsApp bakal menghemat waktu Anda. Terutama bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi, bot WhatsApp bisa jadi solusi untuk memberikan penjelasan singkat pada calon pembeli.

Kedua, pelanggan bakal mendapatkan kepuasan yang lebih baik. Soalnya, bot WA bisa bekerja selama 24 jam nonstop. Sehingga, kapanpun pelanggan mengirimkan pertanyaan, bakal langsung dijawab oleh bot begitu diaktifkan.

Ketiga, dana yang dibutuhkan tidaklah besar. Dibandingkan menggunakan customer service untuk memberi jawaban-jawaban singkat, bot terbukti menghemat pengeluaran perusahaan. Bahkan, margin keuntungannya cukup besar!

Terakhir, bot WhatsApp meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh manusia. Atau human error. Soalnya, bot WA bisnis bisa disesuaikan berdasarkan fungsi serta tujuan. Misal untuk menjawab kesulitan pelanggan, mengedukasi pengguna, dan masih banyak lainnya.

Cara Membuat Bot di WhatsApp Business

Setelah mengetahui apa dan mengapa bot WA penting untuk bisnis kamu, waktunya untuk mempelajari cara membuat bot di WA bisnis. Tenang aja, kamu nggak memerlukan pengetahuan tentang pemrograman atau koding untuk membuat bot di WA, kok.

Yang dibutuhkan hanyalah waktu, kesabaran, akun WA bisnis, serta tutorial yang tepat dan mudah dipahami. Dan di bawah, tim Droila sudah menyiapkan langkah demi langkah paling mudah agar kamu bisa membuat bot WA bisnis sendiri.

Penasaran? Langsung scrolling dan simak penjelasan di bawah ini aja, ya.

droila-bot-whatsapp-bisnis
Bot WhatsApp bisnis (Soft Web Solutions)

Mendaftar API WhatsApp Business

Sebelum kamu bisa membuat bot WA, kamu harus mendaftar WhatsApp Business API terlebih dulu. FYI, API adalah singkatan dari Application Program Interface. Melalui API WA, kamu bisa membuat akun WhatsApp jadi lebih efisien.

Dan sebelum mendaftar API, kamu perlu mendaftarkan akun ke program verifikasi terlebih dulu. Ada beberapa hal yang harus dimiliki akun agar lolos program verifikasi. Seperti surat izin usaha, akta pendirian, surat keterangan pajak, laporan rekening bank, dan masih banyak lagi.

Lebih lengkap, kamu bisa membaca dokumen yang dibagikan pada halaman Facebook ini.

Begitu pengajuan verifikasi sudah disetujui oleh Facebook, maka kamu pun siap untuk menggunakan API WhatsApp.

Rencanakan Percakapan

Pada dasarnya, bot WA adalah program yang akan menjawab seluruh pertanyaan pelanggan secara otomatis. Namun, karenaini adalah program, kamu juga perlu merancang bentuk percakapan yang kira-kira bakal berlangsung.

Dalam merancang pertanyaan, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Seperti tujuan pembuatan chatbot, jenis percakapan, serta respon chatbot jika menghadapi pertanyaan yang tidak bisa dijawab.

Sederhana, bukan?

Submit Rancangan Percakapan

Terakhir, kamu perlu mengirimkan rancangan percakapan yang sudah dibuat. Begitu rancangan tersebut disetujui, maka Anda bisa langsung menggunakannya pada akun untuk menjawab semua kebutuhan pengguna.

Nah, itulah beberapa cara membuat bot di WA bisnis yang mudah. Dengan menjalankan beberapa langkah di atas, dijamin kalo pengguna bakal makin senang dan nyaman untuk mengajukan pertanyaan.

Alhasil, omset perusahaan pun tentu bakal meningkat. Nggak percaya? Langsung coba aja, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like