Cara Membuat Puzzle Feed Instagram Keren Pakai Canva atau Photoshop, Pengin Tahu?

Feed puzzle Instagram (Squarespace)
Feed puzzle Instagram (Squarespace)

Pernahkah kamu melihat postingan puzzle feed Instagram? Kalo kamu pengguna setia platform media sosial ini, tentu pernah melihatnya, bukan? Nah, kali ini tim Droila sudah menyiapkan bagaimana cara membuat puzzle feed Instagram keren. Cukup manfaatkan Canva atau Photoshop aja!

Saat Mike Krieger dan Kevin Systrom pertama kali mengembangkan Instagram, mungkin dirinya nggak membayangkan kalo platform media sosial ini bakal sebesar sekarang. Nggak Cuma dalam hal pengguna, tapi juga dampaknya terhadap kehidupan.

Melalui media sosial Instagram, kini pengguna nggak Cuma sekadar cari hiburan aja. Kamu, sebagai pengguna Instagram, juga bisa mencari informasi terbaru, tutorial, sampai mendulang cuan. Hanya saja, untuk yang terakhir, tentu butuh upaya serta waktu ekstra.

Beruntungnya, Instagram senantiasa mengembangkan fitur terbaru demi menambah kenyamanan pengguna. Dan salah satu yang kini mulai banyak digunakan adalah puzzle feed Instagram.

Contoh feed puzzle Instagram (IvoryMix)
Contoh feed puzzle Instagram (IvoryMix)

Apa Itu Feed Puzzle Instagram?

Feed puzzle Instagram merupakan tampilan dari Instagram Grid yang dirancang agar bisa menyatukan beberapa elemen dari beberapa kotak postingan. Hasilnya berupa tampilan yang unik dan kohesif secara keseluruhan. Begini lho contoh puzzle feed pada Instagram.

Contoh di atas merupakan desain feed Instagram yang dibuat pakai Canva dan penulis dapatkan dari New Ocean Creative. Dan dari contoh di atas, kita bisa melihat betapa fitur Instagram ini bisa membantumu dalam merancang tampilan akun Instagram yang lebih kece dan keren.

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Cara buat feed puzzle Instagram sendiri (IvoryMix)
Cara buat feed puzzle Instagram sendiri (IvoryMix)

Sebelumnya, penulis sudah sedikit menjelaskan mengenai cara membuat feed Instagram bisnis. Tapi perlu kamu ketahui, feed tersebut nggak Cuma bisa diterapkan oleh kamu yang memiliki bisnis saja, kok. Artinya, kamu yang ingin meningkatkan personal branding melalui Instagram pun juga bisa.

Sama halnya dengan tutorial sebelumnya, begitu pula cara membuat feed Instagram nyambung atau puzzle feed. Tutorial ini diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menggunakannya.

Apalagi, caranya pun gampang, kok. Cukup gunakan website tools Canva atau aplikasi Photoshop aja! Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tampilan feed Instagram yang lebih kece dan aesthetic. Pengin tahu bagaimana langkah-langkahnya?

Pakai Canva

Cara buat feed puzzle di Instagram dengan Canva (WordPress)
Dengan Canva (WordPress)

Sebelum memulai langkah ini, kamu harus tahu dulu apa itu Canva dan bagaimana cara menggunakannya. Singkatnya, Canva merupakan tools atau alat bantu dalam bentuk website atau aplikasi.

Menggunakan Canva, kamu bisa merancang beragai desain kreatif secara online. Contohnya seperti brosur, presentasi, poster, kartu ucapan, hingga feed Instagram.

Nah, khusus untuk feed puzzle Instagram, gini cara membuatnya pakai Canva.

  1. Buka website atau aplikasi Canva. Kemudian klik menu Custom Image dengan ukuran lebar 2300 dan tinggi 6900. Dari ukuran tersebut, kamu bakal mendapatkan 27 grid atau kolom yang bisa diisi foto untuk feed Instagram.
  2. Kemudian, tambahkan mark-up pada batas antara masing-masing kolom. Hal ini berfungsi untuk memudahkanmu mendapat tampilan feed Instagram secara keseluruhan.
  3. Pilih warna dasar yang ingin kamu terapkan pada feed Instagram. Jika Instagram milikmu adalah akun bisnis, bisa disesuaikan dengan warna produk. Sedangkan kalo akun personal, bisa pilih sesuai selera.
  4. Selanjutnya, isi gambar lalu pisahkan sesuai kolom.
  5. Terakhir, kamu bisa menyimpan tampilan tersebut pada memori penyimpanan atau langsung mengunggahnya ke Instagram.

Pakai Photoshop

Tips buat feed puzzle Instagram dengan Photoshop (EzTekno)
Buat pakai Photoshop (EzTekno)

Banyak desainer mengakui kalo software Adobe Photoshop adalah salah satu software desain yang paling komplit. Selain menawarkan kemudahan dan kelengkapan fitur untuk desain, Photoshop juga bisa dipakai untuk bikin Instagram puzzle, lho. Lebih lengkap, begini langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi atau software Adobe Photoshop lewat PC atau laptop
  2. Selanjutnya, klik menu File lalu klik Open untuk memasukkan foto
  3. Pilih menu Slice Tool yang teretak pada tabel menu bagian kiri layar
  4. Kemudian, klik kanan pada foto lalu pilih menu Divide Slice
  5. Setelah itu kamu bakal menemukan jendela menu, isi centang pada menu Divide Horizontally Into dan Divide Vertically Into lalu masukkan angka 3 pada kotak yang tersedia
  6. Klik menu File, pilih Save for Web, lalu pilih format JPEG.
  7. Terakhir, klik menu Save, tentukan lokasi penyimpanan, dan diakhiri dengan klik lagi tombol Save yang muncul di layar.

Catatan Kalo Pengin Desain Feed Instagram Puzzle

Cara membuat feed puzzle Instagram (Squarespace)
Cara membuat feed puzzle Instagram (Squarespace)

Instagram membebaskan kreativitas pengguna. Dan fitur-fitur yang ditambahkan pun bisa bebas dimanfaatkan tanpa adanya batasan.

Hanya saja, kalo kamu pengin merapikan feed Instagram dan menggantinya dengan desain puzzle, ada beberapa hal yang harus diingat.

Pertama, jangan pernah merasa takut ketika mengunggah gambar. Kamu bahkan wajib menambahkan logo bran, warna khas, atau desain yang spesifik agar pengguna bisa menemukan perbedaan antara postinganmu dengan yang lain.

Saat mengunggah postingan ini di Instagram, selalu ingat untuk memulai dari bawah, lalu bergerak ke kanan. Terakhir, lebih baik unggah tiga foto bersamaan sekaligus. Sehingga, kamu nggak bakal kehilangan gambaran utama dari tampilan feed yang diinginkan.

Nah, itulah berbagai cara membuat puzzle feed Instagram keren pakai Canva atau Photoshop. Setelah membaca artikel ini semoga bisa membantumu mengatasi kesulitan saat ingin merapikan feed Instagram, ya.

Jangan sampai ketinggalan berbagai informasi tutorial software terupdate dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan beragam informasi terlengkap seputar teknologi, software, games, tips HP Android dan iOS serta rekomendasi handphone terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like