Cara Membuat Website Keren & Profesional Tanpa Koding, Ikuti Langkah Ini

cara membuat website di hp
cara membuat website di hp

Website menjadi salah satu kebutuhan semua kalangan di era digital ini. Baik untuk bisnis, blog, layanan masyarakat, dan komunitas. Perkembangan teknologi digital menuntut kebutuhan konten digital yang kian masif. Namun, sayangnya tak semua orang memiliki keahlian dalam membuat situs. Tak heran jika banyak orang mencari cara membuat website seperti yang kamu lakukan saat ini.

Jangan khawatir, kamu mengunjungi stus yang tepat. Kali ini, kami akan membagikan cara membuat website yang mudah, antiribet, dan sangat cocok untuk pemula.

Tanpa basa-basi, yuk kita simak penjelasannya yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Menentukan Jenis Website

Sebelum membuat website, kamu harus menentukan jenis website. Hal ini sangat penting agar website fokus menyajikan informasi topik tertentu. Saat ini, ada beberapa jenis situs yang sedang popular.

Website Toko Online

Banyak orang yang beralih mengembangkan toko online karena tingginya minat konsumen berbelanja online. Tak dapat disangkal bahwa toko online mampu memberikan penawaran menarik yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh konsumen, contohnya gratis ongkir, diskon, reward poin, dan sebagainya.

Website Berita

Saat ini, banyak orang mencari informasi melalui smartphone. Tak heran jika tingkat pengunjung di berbagai situs naik drastis. Hal inilah yang melandasi bertambahnya minat membuat situs berita yang menyajikan berbagai macam informasi.

Website Pribadi/Blog

Kebiasaan menulis blog masih dilakukan sebagian orang hingga saat ini. Bedanya, saat ini blog memiliki masa depan yang cerah. Sebagai salah satu penyedia informasi, kamu bisa mendapatkan uang dari blog.

Website Edukasi

Tak hanya berbelanja, belajar pun dapat dilakukan secara online. Bahkan banyak anak sekolah yang lebih suka bertanya kepada Google ketimbang pada temannya sendiri. Hal inilah yang mendasari maraknya bimbel online.

cara membuat website gratis
cara membuat website gratis

Memilih Web Hosting dan Nama Domain

Setelah memililih jenis situs, kamu harus memilih web hosting dan nama domain. Web hosting adalah tempat penyimpanan data situs secara online. Nama domain adalah alamat situs, contohnya belajarbikinwebsite.com.

Memilih Web Hosting

Web hosting tidak disediakan secara gratis. Namun, jangan berkecil hati. Banyak hosting murah Indonesia yang berkualitas. Kamu harus menyewa web hosting sebagai rumah situs kamu. Kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum menyewa web hosting.

  1. Kecepatan akses hosting
  2. Selalu uptime
  3. Layanan after-sales

Berikut ini ada beberapa hosting murah Indonesia yang sangat popular dan kami rekomendasikan.

Shared Hosting

Hosting ini sangat cocok untuk pemula. Harganya lebih terjangkau dan memiliki beberapa kelebihan yang layak dipertimbangkan.

  1. Domain gratis
  2. Instalasi mudah
  3. Control panel sederhana
  4. Adanya backup mingguan otomatis
  5. File manager berbasis web
  6. Adanya cache manager

Cloud Hosting

Jika kamu memiliki banyak pengunjung di situs, Cloud Hosting adalah pilihan terbaik. Hosting ini menawarkan kemudahan shared hosting sehingga situskamu tetap online meskipun server satunya sedang down. Keunggulan Cloud Hosting lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Gratis sertifikasi SSL seumur hidup.
  2. Alamat IP khusus.
  3. Resource terpisah dari user lain.
  4. VPS Hosting

Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS) merupakan pilihan tepat bagi kamu yang ingin mengontrol penuh dalam mengelola website. Kamu harus memiliki kemampuan manajemen server dan terminal agar dapat menjalankan VPS hosting dengan maksimal. Kelebihan VPS hosting adalah sebagai berikut.

  1. Bebas mengelola environment.
  2. Mendapatkan alamat IP berbeda.
  3. 1-click OS install
  4. Server snapshot

Namun, jika kamu bingung, bisa memilih pakai layanan Dewaweb. Apalagi, kini sedang ada banyak promo yang sayang kalo kamu lewatkan!

Memilih Nama Domain

Jika kamu ingin membuat website bisnis, pilihlah nama domain yang mencerminkan nama perusahaanmu. Usahakan memilih nama domain yang mudah diingat dan dieja. Kamu juga bisa mengecek ketersediaan nama domain menggunakan tool cek domain.

Setelah itu, cari tempat membeli nama domain tepercaya. Belilah nama domain yang sudah kamu tentukan tadi. Jika sudah, kita langsung ke tahap selanjutnya.

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Mulai Membuat Website

Cara selanjutnya adalah memilih platform. Untuk membuat situstanpa koding, kamu bisa menggunakan CMS. Content Management System (CMS) merupakan sistem pengelolaan seluruh konten pada situs.

Software CMS inilah yang sangat memungkinkan untuk membuat situs dengan mudah. Platform CMS yang paling popular saat ini adalah WordPress. Selain WordPress, ada juga Blogger, Joomla, Shopify, dan sebagainya.

Berikut ini adalah cara bikin website menggunakan WordPress.

  1. Login ke situs melalui namadomain.com/cpanel
  2. Buka Softaculous App Installer
  3. Klik Install Now
  4. Pilih domain yang ingin diinstal dengan WordPress
  5. Atur detail informasi seperti nama dan deskripsi website
  6. Atur username dan password WordPress
  7. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Mengoptimasi Website

Di tahap ini, kamu bisa mengubah pengaturan situs agar tampilan website lebih berkualitas. Apa saja yang harus kamu atur?

  1. Mengatur tampilan situs agar lebih menarik.
  2. Membuat sitemap dan submit XML
  3. Mengubah struktur permalink
  4. Menginstal plugin untuk SEO
  5. Menginstal plugin untuk back up data
  6. Konfigurasi Google Analytics
  7. Gunakan Google Search Console

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa memantau website dan juga mempromosikan situsagar ramai pengunjung. Selain itu selalu update konten agar trafik pengunjung juga naik.

Nah, itulah cara membuat website yang mudah dan tanpa koding. Pada intinya membuat website membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan kreativitas. Jadi, jangan langsung beranggapan bahwa membuat website itu sulit ya! Selamat mencoba!

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like