Cara Membuka WhatsApp Terkunci Tapi Lupa Sandi atau Pola, Mudah Lho

Lupa sandi WhatsApp (TheTechSuggest)
Lupa sandi WhatsApp (TheTechSuggest)

Sudah jadi rahasia umum, ingatan manusia begitu pendek. Sedangkan informasi dan data terus diproduksi baru setiap hari. Wajar kiranya kalo kita kini kerap lupa berbagai hal, termasuk lupa pola kunci aplikasi WhatsApp. Tenang, gini cara membuka pola WhatsApp yang lupa. Mudah!

Sebagian besar pembaca tentu memberikan kunci pada aplikasi WhatsApp yang sudah dipasang di HP, bukan? Baik kunci dalam bentuk pola, PIN, atau sidik jari. Jika yang digunakan adalah sidik jari, tentu saja mudah.

Ya, kamu nggak perlu khawatir lupa sandi WhatsApp saat ingin buka aplikasi. Cukup tempelkan sidik jari pada panel yang tersedia, maka aplikasi bakal terbuka sendiri.

Sayangnya, melansir dari Halaman Bantuan WhatsApp, fitur ini Cuma bisa digunakan pada HP yang menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow atau yang terbaru.

Maka, untuk kamu yang perangkatnya belum menjalankan OS Android tersebut, hanya bisa mengandalkan layanan kunci aplikasi dari Android atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

cara membuka pola whatsapp yang lupa (TrikiNet)
cara membuka pola whatsapp yang lupa (TrikiNet)

Cara Lengkap Membuka Pola WhatsApp yang Lupa

Kali ini, tim Droila sudah menyiapkan berbagai cara untuk membuka pola WhatsApp yang lupa. Arti berbagai tentu saja menandakan kalo uraian tutorial di bawah bisa kamu gunakan pada semua HP. Ya, baik yang sudah menjalankan OS Android Marshmallow atau belum.

Mau tahu bagaimana langkah-langkahnya? Simak terus uraian di bawah, ya.

Buka Pola WhatsApp Pada Android 6.0 atau Yang Terbaru

Lupa kunci WhatsApp (CNet)
Lupa kunci WhatsApp (CNet)

Untuk kamu yang sudah menjalankan fitur kunci aplikasi WhatsApp dan lupa pola, bisa lho menjalankan langkah-langkah ini. Di bawah, penulis sudah mengujicoba langsung cara reset password WA. Mau tahu lebih lengkap?

  1. Buka halaman WhatsApp Zendesks. Ini merupakan halaman yang dibuat WhatsApp untuk membantu pengguna mengatasi kesulitan. Termasuk nggak bisa masuk WhatsApp gegara lupa kunci atau sandi.
  2. Masukkan email pada kotak menu yang tersedia. Ingat, email yang dimasukkan harus email yang juga terhubung pada WhatsApp.
  3. Setelah itu, kamu bakal mendapatkan email. Di dalamnya, terdapat tautan yang bisa kamu gunakan untuk reset password WhatsApp.
  4. Setelah itu, kamu bisa login WhatsApp menggunakan password baru yang telah kamu buat.

Cara Buka Pola WhatsApp pada OS Android Lawas

Cara membuka WhatsApp lupa sandi (Seruni)
Cara membuka WhatsApp lupa sandi (Seruni)

Untuk kamu yang menggunakan versi Android lawas, yakni Android 5.0 Lollipop atau sebelumnya, penulis sudah siapkan cara buka pola kunci yang lupa. Dan untuk cara ini, kamu butuh akses pada email yang digunakan atau terhubung pada WhatsApp.

Setelah itu, kamu perlu restart pola kunci aplikasi lewat sistem operasi. Lebih lengkap dan jelas, berikut ini uraian langkah-langkahnya.

  1. Buka kunci aplikasi pakai pola yang kamu ingat. Meskipun salah, teruskan aja. Lakukan sampai lima kali, lalu bakal muncul jendela pemberitahuan berbunyi ‘Forgot Password’, ‘Forgot Pattern’, atau ‘Lupa Sandi’.
  2. Klik tombol Lupa Sandi. Selanjutnya kamu akan diarahkan pada halaman Sign In atau masuk ke Gmail.
  3. Masukkan ID dan Passwor dari akun gmail yang sudah kamu hubungkan dengan WhatsApp.
  4. Jika sudah, maka kamu akan mendapatkan email berisi tautan untuk reset password.
  5. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan. Kemudian, bikin password atau pola kunci yang baru.
  6. Terakhir, terapkan pola tersebut sebagai pola kunci aplikasi baru. Maka, kamu bisa langsung masuk aplikasi menggunakan pola tersebut.

Barangkali, ada beberapa dari kamu yang mengalami kondisi khusus; dimana lupa pola kunci aplikasi serta lupa sandi Gmail atau akun Gmail yang terhubung dengan WhatsApp. Tenang, masih ada cara.

Cukup terapkan reset pabrik aja. Dengan begitu, pengaturan HP Android akan kembali ke kondisi saat pertama kali kamu memilikinya. Hanya saja, karena data backup WhatsApp tersimpan pada Google Drive, dan karena kamu nggak bisa buka akun Google, maka kamu perlu bikin akun WhatsApp baru.

Cara Buka WhatsApp yang Lupa PIN Verifikasi

Membuka PIN WhatsApp yang lupa (HowToGeek)
Membuka PIN WhatsApp yang lupa (HowToGeek)

Ada beberapa di antara kita yang mungkin sulit mempercayai satu lapis keamanan. Hasilnya, kamu menggunakan beberapa lapis keamanan. Dan memang, WhatsApp sudah menyediakan fitur autentifikasi dua faktor.

Biasanya, fitur ini bakal memberimu PIN yang bisa digunakan saat aplikasi autentifikasi nggak bisa dibuka. Lalu, bagaimana seandainya PIN tersebut juga terlupakan? Tenang, masih ada cara yang bisa kamu lakukan. Begini langkah-langkahnya.

  1. Kamu perlu menghapus atau uninstall aplikasi WhatsApp dari HP.
  2. Setelah itu, install ulang aplikasi WhatsApp. Tujuannya, agar kamu bisa kembali ke halaman Login WhatsApp.
  3. Begitu aplikasi ter-install, buka dan masukkan nomor WhatsApp milikmu. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan PIN verifikasi. Jika lupa, pilih menu Lupa PIN.
  4. Tap tombol Kirim Email, lalu buka email yang terhubung dengan akun WhatsApp
  5. Kamu bakal menemukan email dari WhatsApp. Di dalamnya, terdapat tautan yang bakal mengarahkanmu untuk reset pengaturan PIN. Tap tautan tersebut.
  6. Klik konfirmasi pada pilihan yang menjelaskan keinginanmu untuk menghapus verifikasi 2 faktor pada WhatsApp. Selanjutnya tap tombol Confirm.
  7. Begitu selesai, maka kamu bisa kembali membuka WhatsApp. Soalnya, perlindungan keamanan lapis kedua sudah dihapus. Mudah, bukan?

Nggak perlu tegang dan tetap tenang. Jika kamu mengalami masalah di atas, langsung saja terapkan cara membuka pola WhatsApp yang lupa di atas, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam tutorial aplikasi terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan berbagai informasi terupdate seputar teknologi, gadgets, aplikasi, games, tips HP Android atau iOS, dan rekomendasi HP terbaik yang hadir setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like