Cara Memperbaiki HP Android yang Tidak Bisa Masuk Recovery Mode, Mudah

cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk recovery (GuidingTech)
cara memperbaiki hp android yang tidak bisa masuk recovery (GuidingTech)

Bingung gegara menemukan recovery mode Android rusak? Tenang, langsung jalankan cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery mode berikut ini aja.

Bagi kamu yang kurang mengenalinya, Mode Recovery merupakan sistem canggih yang dipakai untuk memperbaiki sejumlah besar kerusakan pada ponsel Android. Mulai dari HP bootlop, sering lag, hingga baterai mudah panas.

Tak hanya itu, Mode Recovery juga dibutuhkan saat pengguna ingin memasang ROM kustom, melakukan formatting perangkat Android, dan masih banyak lagi. Maka, saat perangkat Android milikmu tidak bisa membuka Mode Recovery, tentu jadi kesulitan tersendiri jika ingin memperbaiki  perangkat.

Beruntungnya, cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery bukanlah perkara sulit. Kamu cuma butuh mengikuti beberapa langkah yang sudah tim Droila siapkan di bawah.

Mau tahu apa aja? Langsung scrolling untuk membaca keterangan yang lebih lengkap, ya.

Mode Recovery Android (DigitalTrends)
Mode Recovery Android (DigitalTrends)

Cara Mengatasi Recovery Mode Android Rusak

Berdasarkan penelusuran penulis, ada beberapa cara mengatasi recovery mode Android rusak. Tapi, sebagai catatan, ikuti setiap langkah demi langkah yang dijelaskan. Jika tidak, berpotensi menambah kerusakan pada perangkat.

Selain itu, jangan memaksakan diri untuk mengatasinya sendiri. Jika dirasa kerusakan sudah tidak mampu diatasi lagi, segera bawa ke service center terdekat. Atau kamu juga bisa mendatangi konter yang membuka layanan servis HP di sekitar rumah.

Copot Baterai  Lalu Pasang Lagi

Cara pertama cukup sederhana. Ya, kamu cuma perlu mencopot baterai lalu memasangnya lagi. Namun, sebagai catatan, cara ini cuma bisa dilakukan pada HP dengan baterai yang bisa dicopot.

Lantas, bagaimana jika ponsel yang kamu pakai menggunakan baterai tanam? Tenang, kamu masih bisa melakukan langkah selanjutnya. Scrolling terus aja, ya.

Colokkan Perangkat ke Sumber Daya

Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna HP Android, perangkat ternyata butuh diisi ulang terlebih dulu agar bisa di-boot ulang. Contohnya seperti pengguna Nokia 6.1 Plus. Agar bisa memasang pembaruan firmware, perangkat harus dicolokkan ke sumber daya supaya mau menjalankan perintah boot.

Mengetahui kondisi tersebut, banyak pengguna pun mencoba menerapkannya pada perangkat yang berbeda. Dan hasilnya cukup mengejutkan. Langkah ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi recovery mode Android yang rusak.

Ya, meskipun terkesan sederhana, tak ada salahnya jika kamu coba, bukan? Toh, nggak buang waktu, tenaga, maupun biaya.

Mode Recovery Android (DigitalTrends)
Mode Recovery Android (DigitalTrends)

Menggunakan Terminat Emulator

Jika dua langkah di atas masih belum bisa mengatasi problem yang kamu hadapi, harap sabar. Kamu perlu menjalankan langkah yang lebih rumit. Dan untuk cara ketiga, kamu membutuhkan aplikasi lain yang disebut Terminal Emulator for Android.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna menjalankan fungsi atau fitur tertentu pada Android hanya menggunakan perintah dalam bentuk kode. Dan berdasarkan uji coba banyak pengguna, cara ini cukup efektif untuk memperbaiki mode recovery Android yang tidak bisa dibuka.

Nah, untuk menjalankan langkah ini, pertama-tama kamu perlu memasang aplikasi Terminal Emulator for Android terlebih dulu. Kamu bisa menemukannya lewat Play Store. Jadi, mudah didapatkan.

Jika sudah, buka aplikasi, lalu ketikkkan perintah reboot recovery pada jendela terminal berwarna hitam. Selanjutnya, tekan tombol OK yang terletak di sebelah kanan. Tunggu beberapa saat, maka HP akan melakukan reboot kemudian masuk ke Mode Recovery secara otomatis.

Factory Reset Ponselmu

Cara keempat yakni dengan melakukan Factory Reset. Ya, bisa dibilang, inilah cara paling ampuh untuk mengatasi berbagai problem dan masalah pada HP Android.

Dengan melakukan Factory Reset, ponsel akan dikembalikan ke kondisi semula. Kondisi ketika kamu baru saja membeli perangkat dan mengaktifkannya.

Artinya, sebagian besar data pun akan hilang. Mulai data aplikasi, data yang tersimpan, hingga pengaturan perangkat.

Maka dari itu, sebelum melakukan factory reset baiknya sih kamu back-up dulu data-data yang ada di ponsel. Bisa dengan memindahkannya pada PC atau laptop. Atau, kamu juga bisa mengunggahnya ke Google Drive.

recovery mode android rusak (YouTube)
recovery mode android rusak (YouTube)

Flash HP Android Milikmu

Jika keempat cara di atas masih gagal dalam memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk ke recovery mode, maka langkah terakhir perlu kamu jalankan. Yakni flash HP milikmu.

Pada dasarnya, Flash bakal mengembalikan kondisi HP ke seperti semula. Sama seperti Factory Reset. Perbedaannya, pada factory reset, data yang terhapus bisa dipulihkan menggunakan bantuan aplikasi atau software pihak ketiga.

Sementara itu, lewat flash, seluruh data yang tersimpan pada perangkat benar-benar dihapus. Tak hanya itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa file yang lebih rumit: seperti file sistem operasi Android, ROM kustom, dan masih banyak lagi.

Jadi, saran penulis, jangan sampai kamu melakukan cara ini sendiri. Soalnya, banyak hal-hal teknis yang dibutuhkan dan harus dikuasai. Dan kalo kamu tetap bersikukuh mengerjakannya sendiri, maka ponsel berpotensi makin rusak dan tidak bisa hidup lagi.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki HP Android yang tidak bisa masuk recovery mode. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengatasi masalah ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like