Cara Memperbaiki Android Mentok di Logo Buat Pemula dan Awam, Atasi Tanpa Kehilangan Data!

Handphone stuck di logo (Gadget Hacks)
Handphone stuck di logo (Gadget Hacks)

Meskipun HP Android semakin canggih, bukan berarti terbebas dari masalah dan kendala. Dan salah satu problem berat pada HP yang cukup sulit diatasi yakni bootlop. Ciri utamanya, layar stuck menampilkan logo. Nah, di bawah penulis sudah menyiapkan beberapa cara memperbaiki Android mentok di logo.

Cara memperbaiki HP Xiaomi mentok di logo (Object Ahsan Cloud)
Cara memperbaiki HP Xiaomi mentok di logo (Object Ahsan Cloud)

Berdasarkan pengertiannya, Bootloop adalah sebuah kondisi di mana piranti lunak Android gagal untuk masuk ke dalam sistem. Ciri khas dari kondisi ini bisa terlihat dari logo Android atau produsen yang terus muncul.

Sementara itu, berdasarkan tingkat kerusakan, terdapat dua jenis bootloop. Antara lain ligh bootlop atau bootlop ringan dan hard bootloop atau bootloop berat.

Untuk light bootloop, biasanya jenis ini cuma berlangsung sementara. Jika ditunggu beberapa saat atau kamu force restart perangkat, problem itu bisa teratasi dengan sendirinya.

Sedangkan untuk  bootloop berat atau parah, biasanya adalah kondisi yang paling gampang bikin pusing pengguna. Soalnya, pada kondisi ini, handphone stuck di logo saja untuk waktu yang lama.

Merangkum pengalaman dan ulasan banyak pengguna telepon pintar, ada beberapa alasan yang menyebabkan bootlop. Terdiri dari:

Salah Langkah Ketika Flashing HP

Memang flagshing bisa membuat perangkat kembali seperti baru. Seakan-akan baru saja dibongkar dari box pembungkus. Tapi, lebih baik jika kamu menyerahkan pada teknisi untuk menjalankan langkah ini.

Memang, langkahnya tidak terlalu sulit. Tapi, jika salah langkah, akibatnya bisa fatal. Dan akibat yang paling sering dihadapi pengguna awam adalah handphone stuck di logo atau bootloop.

Kegagalan Sistem Gegara Root

Sebelumnya, penulis sudah menguraikan panjang lebar mengenai apa itu root HP Android. Dan disebutkan pula bahwa root HP Android bisa membahayakan perangkat.

Pasalnya, kalo kamu salah langkah ketika menjalankan proses rooting, bisa mengakibatkan HP stuck di logo terus. Jadi, meskipun kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi root HP Android, baiknya sih kamu melakukannya dengan didampingi teknisi atau yang ahli.

Salah Menyesuaikan Permission

Sistem operasi Android membutuhkan ijin untuk mengakses berbagai jenis data perangkat agar layanannya berjalan optimal. Jenis data yang diakses seperti lokasi, kontak, hingga foto.

Mungkin, kamu ingin menjaga privasi perangkat dengan mengatur ijin dari setiap aplikasi yang tersedia. Tapi, jika salah memblokir ijin, bisa berdampak pada kegagalan sistem. Kemudian, kamu pun bakal menemukan layar yang cuma menampilkan logo Android atau vendor saja.

Cukup bahaya, bukan?

Cara Memperbaiki Android Mentok di Logo (YouTube)
Cara Memperbaiki Android Mentok di Logo (YouTube)

Setelah mengetahui beberapa penyebab handphone stuck di logo, kini waktunya kamu menjalankan langkah-langkah untuk mengatasinya. Berdasarkan jenis kerusakannya, kamu bisa mencoba beberapa langkah di bawah.

Memperbaiki HP yang Rusak Bootloop Ringan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ini adalah jenis bootloop yang paling mudah diatasi. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan.

Pertama, force restart perangkat. Caranya dengan menekan dan tahan beberapa saat tombol Power HP. Tahan hingga logo Android atau vendor hilang dari layar. Jika sudah, cabut kartu SD, kartu nomor telepon, serta baterai (jika HP dibekali baterai yang bisa dilepas).

Selanjutnya, diamkan selama beberapa menit. Bisa 30 menit, atau 24 jam. Kalo sudah, pasang kembali seluruh komponen pada tempatnya. Mulai dari kartu SD, kartu nomor telepon, serta baterai. Terakhir, hidupkan kembali perangkat.

Mengatasi Bootloop Berat

Nah, untuk mengatasi bootloop berat, sebenarnya penulis menyarankan agar kamu menyerahkan perangkat ke teknisi saja. Setidaknya, proses bisa berlangsung lebih aman dan tanpa potensi menambah kerusakan.

Namun, jika kamu ingin melakukan sendiri, bisa mencoba beberapa langkah berikut. Pertama, jalankan factory reset. Untuk itu, kamu perlu masuk ke Recovery Mode. Biasanya, cara masuk ke Mode Recovery adalah dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bebarengan.

Jika sudah, gunakan tombol Volume untuk mengarahkan kursor pada layar. Pilih menu Wipe Data/Factory Reset, kemudian tekan tombol power untuk menjalankan perintah tersebut.

Factory Reset dari Mode Recovery (Dianisa)
Factory Reset dari Mode Recovery (Dianisa)

Selanjutnya, gerakan kursor ke arah Yes- delete all user data, kemudian tekan kembali tombol Power. Begitu langkah tersebut dilakukan, maka sistem operasi bakal memproses permintaan Anda untuk reset pabrik.

Sebagai catatan, reset pabrik biasanya akan mengembalikan kondisi HP seperti sedia kala. Seperti kondisi ketika kamu baru pertama kali menggunakannya.

Tapi, dampak buruknya, seluruh data yang tersimpan pada perangkat bakal terhapus. Mulai dari data aplikasi, kontak, dokumen, hingga data-data pribadi pengguna.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki Android mentok di logo. Penjelasan di atas sudah disesuaikan buat pemula dan masyarakat awam. Sehingga, jika kamu tidak terbiasa dengan teknis smartphone, bisa menjalankan langkah-langka di atas tanpa perlu merasa khawatir. Semoga berhasil, ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like