Cara Memperbaiki Kamera Android yang Tidak Bisa Dibuka, Cuma Butuh 3 Langkah Aja!

cara memperbaiki kamera hp yang tidak bisa dibuka (Bukan Droid)
cara memperbaiki kamera hp yang tidak bisa dibuka (Bukan Droid)

Di antara beragam fitur smartphone, kamera barangkali jadi salah satu yang paling penting. Apalagi, semua orang suka mengabadikan momen yang berkesan! Tapi, keinginan tersebut tak akan terwujud jika kamera HP rusak, bukan? Untuk itu, kamu perlu melakukan cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka berikut ini.

Perusahaan produsen HP paham benar apa keinginan masyarakat. Nggak cuma masyarakat di Indonesia aja. Tapi juga di seluruh penjuru dunia: kita ingin mengabadikan momen berkesan lewat. Dan berkat perkembangan teknologi kamera, keinginan tersebut mudah diwujudkan.

Tapi, namanya juga teknologi. Rusak dan usang adalah satu hal yang pasti dan akan ditemui. Maka saat kamera HP rusak atau tidak bisa dibuka, segera jalankan beberapa langkah di bawah. Tapi, sebelum itu, kenali juga penyebabnya. Sehingga, kamu bisa lebih hati-hati supaya tidak rusak lagi.

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret?

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret (Technobezz)
Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Memotret (Technobezz)

Sebenarnya, ada banyak alasan dan faktor yang membuat kamera HP Android tidak bisa memotret. Mulai dari kerusakan di bagian perangkat keras, hingga problem di bagian software. Dan umumnya, ketika kamera HP rusak, kamu akan melihat pemberitahuan berbunyi “Unfortunately, camera has stopped”. Pernah?

Penyebab paling umum yakni kapasitas penyimpanan internal yang tinggal sedikit. Sementara itu, untuk kasus yang cukup langkah, yakni ada problem dibagian software yang disebabkan pembaruan firmware Android kurang komplit, malware, adanya aplikasi pihak ketiga yang mengganggu operasi kamera, serta software yang masih banyak bug.

Selain menampilkan pemberitahuan di atas, faktor-faktor ini juga bisa menyebabkan munculnya beberapa jenis masalah. Seperti munculnya pesan eror berbunyi “Warning: Camera Failed”, kamera depan dan belakang tidak bisa digunakan, aplikasi kamera yang keluar terus, serta aplikasi yang tiba-tiba saja freeze.

Lantas, gimana cara memperbaiki kamera tidak bisa dibuka? Lebih lengkap, simak uraian yang sudah dirangkum tim Droila berikut ini, ya.

Cara Memperbaiki Kamera HP yang Tidak Bisa Dibuka

Karena ada beberapa penyebab kamera HP tidak bisa dibuka dan dipakai untuk memotret, maka ada beberapa juga cara untuk memperbaikinya. Merangkum penjelasan dari Make use Of, ini beberapa langkah yang bisa kamu coba:

Restart HP

Cara restart HP Android (Tenorshare)
Cara restart HP Android (Tenorshare)

Aplikasi kamera yang rusak bisa jadi karena dipakai terlalu lama. Mungkin, kamu gunakan untuk merekam video, bikin streaming audio atau video, dan masih banyak lagi aktivitas lainnya.

Jika hal itu penyebabnya, kamu cukup tutup aplikasi kamera pada perangkat. Jangan cuma di-minimize ya. Tapi, benar-benar ditutup. Kemudian, buka lagi. Atau, kamu bisa melakukannya lewat langkah ini: buka aplikasi Pengaturan > Aplikasi dan Pemberitahuan > Lihat Semua Aplikasi > Kamera > terakhir ketuk tombol Paksa Berhenti.

Jika masih tidak bisa, terpaksa kamu harus memulai ulang perangkat. Caranya mudah, kok. Cukup tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat. Saat muncul menu baru di layar, ketuk tombol Restart. Kemudian, ponsel pun akan memulai sendiri secara otomatis.

Perbarui Aplikasi Kamera atau Sistem Operasi HP

Cara memperbarui sistem operasi Android (Make use of )
Cara memperbarui sistem operasi Android (Make use of )

Kemungkinan lain, aplikasi kamera pada perangkat milikmu tidak bisa dipakai untuk memotret karena versi yang dipakai sudah terlalu lawas. Perlu diketahui, dalam setiap pembaruan aplikasi, pengembang selalu memberikan perbaikan untuk bug atau kerusakan tertentu.

Sehingga, penting bagi pemilik HP agar selalu memperbarui versi aplikasi yang terpasang pada perangkatnya. Apalagi, caranya pun nggak mudah, kok. Untuk memperbarui aplikasi, kamu bisa melakukannya lewat Play Store.

Cukup buka aplikasi Play Store, ketikkan aplikasi kamera yang kamu gunakan, lalu ketuk tombol Update yang tertera di layar. Sedangkan untuk memperbarui firmware atau sistem operasi, kamu bisa melakukannya lewat menu Pengaturan.

Caranya juga mudah, kok. Buka aplikasi Pengaturan, pilih menu Sistem, ketuk menu Advanced lalu pilih Pembaruan Sistem. Di dalamnya, kamu bisa mengecek jika ada pembaruan firmware untuk versi ponsel yang dipakai.

Hapus Data yang Tidak Terpakai atau Backup ke Drive

Cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka (Make use Of)
Cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka (Make use Of)

Cara terakhir yakni dengan menghapus data yang tidak lagi terpakai. Ya, soalnya, penyebab yang umumnya dialami pengguna Android saat kamera tidak bisa dipakai adalah karena kapasitas penyimpanan yang penuh.

Jika begitu, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Pertama, kamu bisa memanfaatkan kartu SD. Kini, sudah tersedia banyak pilihan kartu SD. Baik brand produsen maupun jumlah kapasitasnya. Jadi, bukan alasan untuk tidak melakukan cara ini, bukan?

Cara kedua yakni dengan memindahkan file yang tidak terpakai pada platform lain. Penulis sih lebih nyaman untuk menyimpan file digital lewat Drive. Selain mudah, juga terdapat kapastias gratis sebesar 15GB yang bisa kita manfaatkan. Jadi, sayang kalo nggak dipakai, kan?

Terakhir tentu saja dengan menghapus file-file yang dirasa tidak dipakai lagi. Biasanya jenis file ini bisa kamu temukan pada media grup WA. Lokasi inilah yang biasanya paling memakan banyak ruang, tapi diisi file-file yang tidak terlalu berguna. Coba cek aja, deh.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka. Jika kamu sedang menghadapi masalah ini, segera deh jalankan tips HP Android di atas.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like