Cara Memperbaiki Layar HP Terlengkap: Touchscreen Tidak Bisa Disentuh atau Layar Blank, Bisa Diatasi!

Cara memperbaiki layar HP rusak (The Computer Warriors)
Cara memperbaiki layar HP rusak (The Computer Warriors)

Ada banyak cara memperbaiki layar HP. Soalnya, penyebab kerusakannya pun beragam. Mulai dari layar HP tidak bisa disentuh, layar HP bergaris, layar mati tapi mesin hidup, layar HP bergerak sendiri, layar yang tidak merespon, LCD HP blank hitam, dan masih banyak lagi.

Namanya juga smartphone layar sentuh, komponen layar tentu punya fungsi utama. Apa lagi  kalo bukan sebagai tempat di mana kamu bisa melihat isi dari aplikasi, program. Yang jelas, dipakai untuk menjalankan berbagai fungsi perangkat.

Tapi, masalah muncul manakala layar HP Android milikmu rusak. Dan kerusakannya pun ada beragam jenis. Mulai dari layar touchscreen tidak bisa disentuh, mati tapi hidup, bergerak sendiri, dan masih banyak lagi.

Penyebab layar HP rusak (CNBC)
Penyebab layar HP rusak (CNBC)

Penyebab Layar HP Rusak

Sebelum mulai menjalankan langkah untuk mengatasi, baiknya kamu juga mengenali penyebab dari kondisi ini. Berdasarkan penelusuran penulis, ada beberapa hal yang menyebabkan layar HP tidak bisa disentuh.

Antara lain: layar yang kotor, penggunaan Ram terlalu besar karena aplikasi terlalu banyak, perangkat pernah jatuh dari ketinggian, pernah terendam air, atau LCD HP yang sudah retak. Karena alasannya beragam, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Kalo pengin tahu lebih lengkap, scrolling lagi aja halaman ini, ya.

Cara Mengatasi Layar HP Rusak

Masing-masing kerusakan pun memiliki penyelesaiannya tersendiri. Maka dari itu, untuk memudahkan kamu yang sedang cari cara memperbaiki layar HP, tim Droila sudah merangkumkan berbagai cara dalam satu halaman saja.

Sehingga, kamu tidak perlu pindah ke lain halaman ketika masalah yang dihadapi nggak ditemukan, bukan?

Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Bisa Disentuh dengan Membersihkannya

Mengelap HP agar tidak kotor (Lifewire)
Mengelap HP agar tidak kotor (Lifewire)

Seperti sudah sedikit disinggung di atas, layar HP yang kotor bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan touchscreen kurang responsif. Mungkin karena kamu aktif di lapangan, sering kena debu, dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya pun sederhana saja. Kamu cukup membersihkan layar dari kotoran yang menempel. Manfaatkan kain atau tisu yang sedikit dibasahi. Kemudian, usap secara perlahan pada permukaan layar.

Begitu merata, segera keringkan layar. Maka, kamu pun akan menemukan kalo layar HP sudah bisa digerakkan kembali. Ingat, jangan sampai air yang dipakai untuk membasahi layar terlalu banyak, ya. Soalnya, malah berpotensi membahayakan kesehatan perangkat!

Memperbaiki Layar HP Mati Tapi Hidup atau Blank

Touchscreen HP blank (Freepik)
Touchscreen HP blank (Freepik)

Di antara berbagai kerusakan, barangkali inilah yang kerap bikin pengguna HP Android kebingungan. Wajar kiranya. Apalagi kalo kamu aktif menggunakan perangkat untuk pekerjaan. Tentu makin panik, bukan?

Baiknya sih tetap tenang. Soalnya, layar HP mati tapi hidup masih bisa kamu perbaiki  sendiri. Kondisi ini kamu alami karena kinerja RAM terlalu banyak. Ada terlalu banyak aplikasi pada perangkat. Dan ketika beberapa aplikasi berjalan bebarengan, sedangkan kapasitas RAM tidak mencukupi, maka HP pun akan masuk ke mode blank.

Nah, untuk memperbaikinya, kamu perlu force restart perangkat. Cukup tekan dan tahan beberapa saat tombol Power. Selanjutnya, tunggu beberapa saat hingga perangkat agak dingin. Jika sudah, hidupkan kembali.

Sebagai catatan, baiknya sih kamu kurangi beberapa aplikasi pada perangkat. Pilih berdasarkan tingkat kebutuhan serta frekuensi penggunaan. Jika jarang dipakai, lebih baik sih dicopot aja pemasangan aplikasi pada perangkat.

Mengatasi Layar Touchscreen Bergaris dengan Kalibrasi Ulang

Kalibrasi layar HP Android (Winduf)
Kalibrasi layar HP Android (Winduf)

Jika layar smartphone milikmu menunjukkan garis memanjang, harap tenang. Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Berdasarkan uji coba penulis, kamu bisa melakukan kalibrasi layar sentuh dari HP Android.

Pada beberapa kasus, kalibrasi terbukti ampuh untuk mengembalikan tampilan layar kembali normal. Namun, untuk menjalankan langkah ini, kamu perlu memasang satu aplikasi tambahan. Penulis memanfaatkan aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh.

Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut lewat Play Store. Sudah ada 1 juta pengguna HP Android yang pernah menggunakannya. Menunjukkan betapa aplikasi ini sudah diakui layanannya.

Nah, untuk langkah mengkalibrasi layar HP, cukup install aplikasi tersebut. Jika sudah, buka aplikasi dan ketuk tombol menu Calibrate. Kemudian layar pun akan berwarna putih. Jangan kaget atau panik, karena itulah proses yang harus dilalui.

Setelah itu,  tinggal ikuti proses kalibrasi. Maka langkah pun selesai. Mudah, kok!

Ganti LCD HP

Jual LCD HP (Akamaized)
Jual LCD HP (Akamaized)

Jika tidak ada satu pun dari langkah di atas yang bisa membantumu, maka, solusi terakhir tentu saja ganti LCD HP. Beruntungnya, sekarang sudah ada banyak toko online yang menjual LCD HP.

Jika kamu ingin lebih tenang, bisa kok menghubungi Pusat Perbaikan HP terdekat. Kelemahannya, harga komponen yang dijual lebih mahal. Tapi, setidaknya dijamin keasliannya.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki layar HP terlengkap versi Droila. Semoga salah satu tips HP Android di atas bisa membantumu mengatasi masalah kala layar touchsreen HP milikmu bermasalah, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like