Cara Memperbaiki Tombol Power HP Rusak, Langkah-Langkah Paling Mudah

Tombol HP Android (Gadgethacks)
Tombol HP Android (Gadgethacks)

Meskipun tidak semuanya, tapi ada banyak pengguna HP Android yang mengalami kendala di mana tombol power HP rusak. Memang sudah ada tips menghidupkan HP tanpa tombol power. Bahkan ada beberapa yang penulis temukan. Tapi itu bukanlah memperbaiki. Dan jika kamu tidak ingin masalah ini bertahan lama, penulis sudah siapkan cara memperbaiki tombol power HP rusak.

Beruntungnya, kini kita bisa menanyakan berbagai hal kepada Google. Tak terkecuali hal-hal yang berkaitan dengan cara memperbaiki bagian tertentu dari HP.

Memang, alangkah baiknya sih cara-cara tersebut diterapkan oleh kamu yang sudah punya pengalaman. Setidaknya sudah pernah membongkar ponsel dan memperbaiki.

Tapi, tenang aja. Untuk yang masih pemula, penulis sudah menyiapkan uraian langkah demi langkah. Sehingga, kamu bisa segera mengatasi tombol power HP rusak tanpa banyak kendala.

Nah, dalam cara kali ini, penulis mencoba pakai ponsel Samsung Galaxy. Tapi, karena komponen dari semua HP Android hampir mirip, kamu juga bisa kok menerapkan cara memperbaiki tombol power HP rusak pada HP lain.

Sebelum mulai masuk ke pembahasan, kita pahami dulu yuk apa sih yang menyebabkan tombol power HP rusak. Sehingga kamu bisa meminimalisir kerusakan yang sama terulang di masa depan. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

Tombol siwtch yang harus diperbaiki (PakFones)
Tombol siwtch yang harus diperbaiki (PakFones)

Penyebab Tombol Power HP Android Rusak

Berdasarkan uji coba penulis, memang ada perbedaan modul tombol power dari masing-masing vendor. Selain itu, desain tombol power juga berbeda dari tombol modul volume. Biasanya, ukuran modul power kecil serta hanya memiliki 1 tombol switch saja.

Umumnya, kerusakan yang membuat tombol power HP tidak berfungsi berlangsung di bagian switch. Ini bentuknya seperti membran plastik. Dan yang menyebabkan tombol power mudah rusak tentu saja karena ditekan terus setiap hari.

Apalagi pada ponsel yang masih menjalankan sistem operasi Android KitKat atau Lollipop. Tombol power belum bisa digantikan dengan sensor sidik jari atau gestur mengetuk layar dua kali. Tidak seperti pada Android Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie, hingga Android 10 atau 11.

Saking kerapnya dipakai, maka wajar bukan jika tombol tersebut rusak?

Switch tombol power HP (Maxbhi)
Switch tombol power HP (Maxbhi)

Cara Perbaiki Tombol Power Rusak

Sekadar mengingatkan, cara ini baiknya kamu lakukan kalo memiliki perlengkapan lengkap. Jika tidak dan menggunakan peralatan seadanya, berpotensi merusak dan bikin lecet perangkat. Kamu tentu tidak ingin ponsel malah jadi burik, kan?

Jika alat-alat sudah tersedia, ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbaiki tombol power HP. Cekidot, cuy.

  1. Gunakan pengering untuk memanas tepi kaca belakang dan mengendorkan perekat di bagian bawah
  2. Letakkan mulut dari penghisap debu di bagian body belakang lalu angkat perlahan sehingga kamu bisa menyelipkan pick gitar di dalam bagian yang sudah merekat
  3. Gunakan alat spudger atau pick gitar untuk mencungkil sekeliling bagian yang sudah mereka hingga kamu bisa benar-benar melepaskan body dari layar. Jika HP yang kamu gunakan menggunakan baterai copotan, bisa langsung mencopot baterai lalu copot sekrup untuk melepas plastik yang membungkus bagian dalam
  4. Copot sekrup dari rangka tengah dan gunakan spudger untuk melepaskan kabel yang terlihat. Ingat, lepaskan dengan hati-hati dan lakukan sampai rangka bagian tengah terlihat.
  5. Gunakan spudger untuk melepas semua kabel dari motherboard. Selanjutnya, angkat motherboard dengan hati-hati. Ingat, HATI-HATi. Soalnya, motherboard memiliki kabel yang terhubung dengan berbagai komponen perangkat dan terletak di bagian bawah. Jadi, pastikan seluruh kabel sudah terlepas sebelum kamu benar-benar mengangkatnya
  6. Selanjutnya, pakai spudger untuk melepas baterai. Langkah ini dilakukan jika ponsel menggunakan baterai tanam
  7. Pakai penjepit untuk melepaskan daya dari tombol power atau kabel fleksibel
  8. Pisahkan antara tombol daya dari kabel fleksibel
  9. Ganti tombol daya atau kabel fleksibel. Tergantung bagian apa yang rusak. Selanjutnya, ulangi langkah 1 hingga 8 tapi dilakukan secara kebalikan. Tentu saja tujuannya untuk memasang kembali perangkat, bukan?
Cara memperbaiki tombol power HP (PakFones)
Cara memperbaiki tombol power HP (PakFones)

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa kok mencontoh langkah-langkah yang diuraikan pada video di bawah. Sehingga, bisa membantumu agar tidak melakukan kesalahan yang terlalu fatal.

Ada dua poin utama yang penulis garisbawahi. Pertama, kamu wajib melakukan langkah-langkah di atas menggunakan alat yang sudah disebutkan. Jangan mengganti alat yang memiliki tekstur sejenis. Meskipun fungsinya mungkin sama, tapi hasilnya bisa berbeda. Bahkan juga bisa berpotensi merusak.

Kedua, lakukan langkah demi langkah di atas dengan penuh kehati-hatian. Harus diingat, yang kamu bongkar adalah barang mudah rusak. Dan jika kamu nggak ingin berakhir rugi besar, hati-hati wajib dilakukan sepanjang proses.

Usai sudah uraian kali ini mengenai cara memperbaiki tombol power HP rusak. Semoga uraian di atas bisa membantumu dalam mengatasi kendala ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like