Cara Mudah untuk Memperkuat Jaringan H+ 3G, Pas Kalo Tinggal di Daerah Terpencil

Kamu nggak akan pernah memperkirakan kapan bakal membutuhkan artikel ini. Yang pasti, jika kamu terdampar di pedalaman dan tanpa jaringan internet 4G LTE, langsung terapkan aja cara memperkuat jaringan H+ di bawah.

Memang, hari ini, sebagian besar smartphone sudah menggunakan koneksi 4G dan LTE. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin kalo koneksi internet yang muncul adalah 3G. Apalagi saat kamu terpaksa berdiam serta menetap di daerah terpencil.

Dan naasnya, akibat beberapa kendala yang ada di perangkat, koneksi 3G pun ambyar. Lelet dan lemot. Kendala ini tentu berdampak langsung pada aktivitas; entah itu pekerjaan, kuliah atau sekolah, bahkan gombalin gebetan.

Maka, tanpa ba-bi-bu, langsung terapkan langkah-langkah di bawah ini. Tim Droila sudah menyiapkan beberapa cara untuk memperkuat sinyal 3G di HP milikmu. Mau tahu apa aja? Scrolling terus, bray.

cara memperkuat jaringan h+ (CarPhoneWareHouse)
cara memperkuat jaringan h+ (CarPhoneWareHouse)

Cara Memperkuat Jaringan H+ di Android

Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba. Mulai dari menggunakan aplikasi tambahan untuk memperkuat sinyal, sampai mengatur handphone sehingga mampu terkoneksi lebih kencang. Tinggal pilih, lalu langsung terapkan aja, ya.

Menonaktifkan Gambar pada Browser

Untuk hasil tercepat, coba deh aktifkan mode Text Only pada aplikasi browser di HP milikmu. Memang nggak semua aplikasi sudah dibekali fitur ini, tapi sebagian besar sih sudah, kok.

Dengan mengaktifkan fitur Text Only, setiap halaman yang kamu buka hanya ditampilkan dalam bentuk teks saja. Tanpa gambar maupun video. Soalnya browser sudah memblokir setiap gambar atau video yang akan dibuka. Dengan begitu, hasilnya, kecepatan internet pun jadi makin kencang.

Membersihkan Cache HP Android

Membersihkan cache Android (Android Central)
Membersihkan cache Android (Android Central)

Kalo kamu sudah mencoba langkah di atas tapi koneksi internet 3G masih lambat, masalah mungkin terletak pada perangkat. Bukan jaringan. Dan untuk mengatasinya, bersihkan memori HP Android.

Meskipun sistem operasi Android terbaru sudah makin bagus dalam menangani file sampah, tumpukan yang terlalu banyak juga berpengaruh besar pada perangkat. Terutama pada koneksi internet. Hal itu disebabkan cache yang memakan daya perangkat sehingga membuatnya jadi makin lambat.

Masalah ini umumnya bakal kamu temui pada perangkat yang masih menjalankan OS Android lawas. Mulai dari Gingerbread sampai Marshmallow sekalipun. Maka, untuk mengatasinya, langsung hapus aja file-file sampah tersebut.

Untuk membersihkan file cache aplikasi dari HP Android, buka Pengaturan, tap menu Aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus data sampahnya. Begitu terbuka, tekan tombol Clear Cache. Mudah, bukan?

Uninstall Aplikasi yang Membutuhkan Memory Besar

Cara uninstall aplikasi Android (DigitalTrends)
Cara uninstall aplikasi Android (DigitalTrends)

Kamu, sebagai manusia, tentu bakal bingung jika menerima banyak sekali informasi atau perintah dalam satu waktu. Begitu pula handphone Android. Banyaknya tugas yang dijalankan sekaligus berpengaruh langsung pada kecepatan perangkat maupun internet.

Harus diakui, OS Android terkini juga makin canggih dalam mengelola aplikasi latar belakang. Tapi, bukan berarti permasalah ini selesai. Buktinya, perkara HP Android lambat masih jadi masalah yang kerap dihadapi, bukan?

Oleh karena itu, cara memperkuat jaringan H+ yang ketiga adalah mengatur aplikasi Android secara manual. Pilih lalu hapus aplikasi yang nggak terlalu digunakan. Di samping itu, jika ada aplikasi yang berjalan di latar belakang tapi nggak terlalu dibutuhkan, lebih baik nonaktifkan aja.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menonaktifkan fitur widget pada Android. Jika langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, semoga kendala HP Android pun bisa diselesaikan.

Mengganti Tipe Jaringan Prioritas

Cara mengganti tipe jaringan prioritas Android (Dtechy)
Cara mengganti tipe jaringan prioritas Android (Dtechy)

Usai mengatasi problem-problem dari perangkat tapi koneksi tetap lambat, hanya satu kesimpulannya: jaringan internet di daerahmu memang buruk. Meskipun begitu, bukan berarti nggak ada solusi. Soalnya, kamu bisa menyesuaikan pengaturan Tipe Jaringan Prioritas.

Menu ini bisa kita ibaratkan perintah yang diberi pada Android untuk terkoneksi langsung pada salah satu jaringan yang dipilih. Jika perangkatmu sudah menggunakan 4G tapi tetap lambat, bisa jadi karena koneksi tersebut nggak mencakup wilayah.

Maka, solusinya, tinggal ganti aja Tipe Jaringan Prioritas jadi GSM / WCDMA auto. Pergantian tersebut sama artinya dengan kamu memerintahkan agar sistem hanya menghubungkan perangkat ke jaringan GSM atau WCDMA aja.

Menggunakan Aplikasi Browser HP Android yang Lebih Baik

Aplikasi Browser Opera (Android Authority)
Aplikasi Browser Opera (Android Authority)

Banyak pengguna mengakui keampuhan Chrome sebagai aplikasi browser terbaik. Soalnya, aplikasi ini dibekali fitur sinkronisasi dengan berbagai perangkat. Hasilnya, kamu bisa mengakses konten yang sama sekalipun lewat perangkat yang berbeda.

Hanya saja, Chrome juga populer atas kekurangannya; yakni kebutuhan aplikasi untuk mengkonsumsi daya dalam jumlah besar. Nggak Cuma daya baterai aja, tapi juga daya RAM serta memori internal. Jika kamu berada di wilayah yang punya koneksi lancar, kekurangan tersebut tentu nggak terlalu jadi kendala.

Tapi, jika kamu berada di situasi sebaliknya, lebih baik ganti aplikasi browser aja. Dan salah satu aplikasi browser terbaik untuk HP Android yang bisa penulis sarankan adalah Opera. Aplikasi ini sudah diakui keampuhan layanan serta kelengkapan fiturnya.

Di samping itu, aplikasi Opera juga menyediakan fitur hemat daya penyimpanan. Hasilnya, kamu bisa merasakan koneksi internet lebih kencang tanpa peduli lokasi serta perangkat yang digunakan.

Sebagai tambahan, kalo kamu doyan mengakses website yang diblokir pemerintah, Opera juga menyediakan VPN bawaan, lho. So, nggak perlu lagi meng-install aplikasi pihak ketiga dan membebani kinerja perangkat, bukan?

Download Aplikasi Browser Opera

Usai sudah uraian hari ini mengenai cara memperkuat jaringan H+. Ingat, kamu nggak akan pernah tahu kapan bakal berada di daerah pelosok dan jauh dari koneksi internet kencang. Dan sebelum hal itu terjadi, pahami dulu aja uraian cara-cara di atas, ya.

Jangan sampai lewatkan beragam tips HP Android dan iOS terlengkap dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapatkan informasi terupdate seputar teknologi, software, games, dan rekomendasi handphone terbaik setiap hari.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like