A-Z Cara Memulai Bisnis StartUp, Langkah Demi Langkah yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi Startup (koalahero.com)
Ilustrasi Startup (koalahero.com)

Zaman digital seperti saat ini, ada satu kata yang lebih seksi dibandingkan berbagai kata yang kerap berseliweran di televisi. Kata itu adalah startup. Bagaimana tidak, kata ini menjelma sebagai salah satu cita-cita banyak orang. Apalagi jika melihat di luar sana, sudah ada banyak startup yang sukses dan meraih keuntungan besar.

Namun, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan startup itu sendiri? Jika kamu benar-benar penasaran, penulis akan mengajakmu untuk mengulik lebih dalam dari A sampai Z mengenai bisnis startup dan bagaimana cara memulainya.

Pengertian Startup Bisnis

Proses pengembangan startup (wp.com)
Proses pengembangan startup (wp.com)

Dilansir dari Wikipedia, yang dimaksud dengan startup bisnis yakni perusahaan rintisan. Ya, tak lebih dan tak kurang. Pendek dan sesuai dengan arti dari istilah itu sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, “memulai”.

Sementara itu, melansir dari salah satu artikel yang diterbitkan Forbes, terminologi startup ini sendiri lebih dimaknai sebagai sebuah perusahaan yang ingin membantu manusia menyelesaikan masalah, namun dengan solusi yang belum pasti, serta tak ada garansi berhasil.

Di antara kait kelindan semua pengertian yang sulit dipahami, penulis lebih menyetujui pengertian startup yang diberikan oleh kepala inkubator startup Y Kombinator, Paul Graham. Menurutnya, perusahaan yang berusia lima tahun pun layak disebut startup.

“Nantinya, saat menginjak usia 10 tahun, perusahaa ini mulaiuntuk merentangkan jangkauan. Namun, ciri utama dari jenis bisnis ini yaknikemampuannya untuk berkembang. Pasalnya, perusahaan startup didesain untuktumbuh cepat,” jelasnya ketika diwawancarai wartawan Forbes beberapa tahun lalu.

Di samping itu, lanjut Graham, fokus perusahaan untukberkembang dengan cepat ini tak lagi terikat batas-batas geografi. Itulah yangmembedakan startup dengan bisnis berukuran kecil.

“Contohnya, restoran di satu kota belum pantas disebutsebagai startup. Pun demikian halnya dengan sebuah usaha franchise yang hanyafokus di satu negara saja,” pungkas Graham.

Cara Memulai Bisnis Startup

Cara memulai bisnis startup (cribbdesign.com)
Cara memulai bisnis startup (cribbdesign.com)

Kesimpulan yang bisa kita tarik dari beberapa pengertian startup di atas yakni sebuah perusahaan yang baru dirintis dengan produk yang bertujuan membantu hajat manusia banyak namun belum memiliki gambaran pasar yang pas dan tak dibatasi oleh wilayah maupun geografis.

Contoh dari pengertian di atas bisa kita cari dariproduk-produk yang dimiliki Go-Jek. Startup asal Indonesia yang kini sudahmenyandang status unicorn ini bisa dibilang sebagai salah satu yang terbaik dansukses memudahkan hidup masyarakat Indonesia.

Setiap layanannya merupakan solusi yang selama ini dicari;tak punya motor kamu bisa panggil ojek, malas keluar rumah bisa gunakan layananGo-Food, pun jika ingin rebahan aja tanpa membersihkan kamar maka cukup panggilGo-Clean.

Dan kesuksesan Go-Jek menjadi pemicu ledakan startup-startupbaru di Indonesia. Masing-masing ingin keluar sebagai pemenang. Masing-masingmengunggulkan produk serta layananannya yang bakal diterima banyak orang.

Apakah kamu punya keinginan untuk mengembangkan startup?Atau kamu sudah punya rancangan startup tapi tak tahu harus mulai darimana? Jikamemang itu yang tengah kamu risaukan, uraian singkat di bawah bisa membantumumenemukan titik terang.

Buat Perencanaan Bisnis

Bisnis Startup (bbva.com)
Bisnis Startup (bbva.com)

Penulis mengandaikan kamu sudah punya gambaran bisnisstartup yang ingin dikembangkan. Langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukanyakni membuat rencana bisnis (BusinessPlan). Menurut penelitian yang sudah dilakukan berbagai lembaga risetpasar, business plan yang matang dandieksekusi dengan baik bisa meningkatan persentase perusahaan startup milikmuuntuk berkembang.

Sebaliknya, jika perusahaan mulai berjalan dan dikembangkantanpa perencanaan bisnis yang mendalam dan jangka panjang, sebagian besar gagaldi tengah jalan. Biasanya karena modal sudah habis padahal keuntungan belumjuga kelihatan.

Dalam bahasa sederhana, perencanaan bisnis yang baik bisamendiskripsikan dengan singkat masa depan dari perusahaanmu. Kamu cukupmenjelaskan garis besar mengenai rencana yang ingin kamu lakukan danlangkah-langkah dalam mewujudkannya.

Biasanya, perencanaan ini mencakup rencana selama 3-5 tahundari strategi bisnis. Itulah mengapa perencanaan bisnis menjadi hal pertamayang wjib kamu lakukan di daftar. Pasalnya, kamu bisa menjadikannya sebagaiacuan dalam mengembangkan bisnis dan produk ketika perusahaan mulai berjalan.

Cari Pendanaan yang Tepat

Lingkungan perusahaan startup (qerja.com)
Lingkungan perusahaan startup (qerja.com)

Jika kamu ingin perusahaan startup bernafas panjang, tentumembutuhkan modal dalam jumlah tertentu. Dan untuk berapa jumlah tepatnya,tentu saja berbeda-beda; tergantung pada jenis industri yang perusahaanmumasuki.

Kini, sudah ada banyak jalan untuk mendapatkan modalpendanaan usaha startup. Kamu bisa mendapatkannya dari crowd funding atau dana bersama, pinjaman bank, Angel Investors, modal ventura, temanatau keluarga, serta dana pribadi.

Di Amerika Serikat, terdapat 556,000 perusahaan startup yangdiluncurkan setiap bulannya. Rata-rata perusahaan ini memiliki modal awalsebesar USD78.406. Dan untuk sumber dana, uang tabungan atau hutang pribadimenjadi sumber tertinggi yang dijadikan banyak entrepeneur pijakan dalam mengembangkan usahanya.

Pekerjakan Orang-Orang yang Tepat, Bukan Orang-Orang yang Kamu Kenal

Membangun startup (squarespace)
Membangun startup (squarespace)

Seperti bisnis dan perusahaan pada umumnya, startup jugamembutuhkan karyawan agar perusahaan bisa berjalan dengan normal. Agar arusproduksi dan distribusi bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Namun, jika perusahaanmu masih di titik awal, dari manamulai mencari karyawan? Atau, berapa jumlah karyawan yang kamu butuhkan agarsemua bagian bisa berjalan tanpa banyak hambatan.

Untuk hal ini, jawabannya bergantung pada jenis industri. Menurutpenelitian yang dilakukan oleh BusinessInsider, rata-rata perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologidiisi oleh tim kecil. Angka yang berbeda tentu bakal kamu dapatkan jika mencarijumlah karyawan di startup yang bergerak di industri lain.

Selain itu, sebelum menentukan seberapa besar jumlah timyang kamu inginkan, ada baiknya melakukan konsultasi dengan penasehat keuanganperusahaan. Harapannya, jumlah karyawan yang kamu ajukan tak akan membebaniperusahaan dalam jangka panjang.

Bangun Kantor Lalu Buat Website

Merintis perusahaan startup (eliteworldhotels.com)
Merintis perusahaan startup (eliteworldhotels.com)

Sebagai perusahaan yang resmi dan legal, tentu kamu membutuhkanalamat kantor serta website. Tak masalah jika kantor itu masih berstatus sewa,pinjam, atau bahkan dalam bentuk ruko kecil saja. Yang pasti, bisa menjaminkelancaran karyawan dalam produksi.

Apalagi saat nanti kamu mulai mencari pemodal. Kamu tentumembutuhkan bangunan yang cukup representatif agar mereka percaya jikaperusahaan startup yang kamu dirikan benar-benar menjanjikan. Prospektif!

Selain alamat fisik, kamu juga butuh alamat maya. Ya, kamuperlu membangun website. Melalui website, kamu bisa memperkenalkan produk sertaperusahaan startup yang tengah dikembangkan ke masyarakat umum.

Di samping itu, kamu bisa mudah melakukan presentasi, ketikaberhadapan dengan para pemodal yang lebih besar.

Setelah membaca uraian di atas, semoga kamu bisa lebihmenerangi langkah-langkah yang wajib dijalani. Cara memulai bisnis startup diatas sudah dibuktikan banyak entrepeneur,kok. Dan sekarang, giliranmu untuk membuktikan khasiatnya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like