Cara Menambahkan Link di Bio Instagram: Bisa 2 Link, Link Aktif, Situs Web, Linktree, atau link WA

Cara menambahkan link di bio instagram (Conversie Company)
Cara menambahkan link di bio instagram (Conversie Company)

Hampir semua sosial memberi kemudahan bagi pengguna untuk menambahkan tautan atau link pada bio di halaman profil mereka. Hampir semua, kecuali Instagram. Kali ini, tim Droila sudah merangkumkan beberapa cara menambahkan link di bio Instagram. Cekidot langsung aja, ya.

Twitter membebaskan pengguna untuk menambahkan akun lain pada keterangan profil. LinkedIn memberi kebebasan untuk menambahkan tautan langsung menuju situs perusahaan tempat seseorang bekerja pada profil Bio.

Begitu pula dengan profil Facebook yang bisa ditambahi sejumlah halaman bisnis, halaman yang disukai, hingga akun lain pada bagian ‘About’.

Hanya saja, bagaimana dengan Instagram?

Sejak pertama kali perusahaan menambahkan fitur untuk mencantumkan link pada bio,  perusahaan tak memberikan gambaran jelas mengenai caranya. Memang, baru-baru ini perusahaan sudah menambahkan keterangan tersebut lewat halaman Bantuan Instagram.

Tapi, karena baru ditambahkan, tentu masih banyak orang yang belum tahu atau bahkan bingung dengan cara menambahkan link di bio Instagram. Kamu salah satunya?

Kamu tentu pernah membaca unggahan atau stories IG seseorang yang menyebutkan ‘link di Bio’. Pernah, kan? Artinya, kamu bisa mendapatkan konten yang diinginkan dengan membuka profil akun tersebut, kemudian meng-klik tautan yang terdapat pada bagian Bio.

Lantas, apa sih fungsi menambahkan tautan di bio IG? Pada dasarnya, ‘Link di bio’ bisa diartikan sebagai Call to Action, promosi untuk informasi yang lebih jauh terkait konten yang dibagikan seseorang.

Namun, berkat pembaruan aplikasi beberapa saat lalu, perusahaan kini menambahkan lebih banyak fungsi pada fitur ini. Kini, pengguna bisa menambahkan tautan profil serta hashtag pada bagian Bio mereka.

Penasaran gimana cara membuat link untuk bio Instagram? Simak terus uraian di bawah, ya.

Menambahkan link di bio instagram (HubSpot)
Menambahkan link di bio instagram (HubSpot)

Beruntungnya, menambahkan link di Bio Instagram bukanlah perkara sulit. Maka, untuk memudahkanmu bikin profil IG yang makin apik, tim Droila sudah rangkumkan cara menambahkan link di bio Instagram dari berbagai sumber. Langsung cek dan praktikkan aja, ya.

Tak jarang, kita menemukan profil IG yang berisi tautan menuju halaman WA seseorang. Biasanya, ini digunakan oleh akun online shop atau bisnis tertentu. Kamu juga bisa menambahkannya sendiri, kok. Hanya saja, sebelum itu kamu harus membuat link WhatsApp menuju chat. Gini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi browser pada ponsel atau laptop yang kamu gunakan
  2. Kemudian, ketikkan link berikut pada kotak alamat: https://api.whatsapp.com/send?phone=6282917481720
  3. Ganti bagian angka dengan nomor telepon Anda

Berbekal tautan menuju chat WhatsApp di atas, Anda tinggal menambahkannya pada bio Instagram. Begini caranya:

  1. Buka halaman profil akun Instagram kalian
  2. Klik menu Sunting Profil
  3. Copy tautan menuju chat WA yang sudah disiapkan di atas, lalu paste pada bagian website
  4. Klik ikon centang yang terletak di bagian bawah
  5. Klik tombol Simpan

Selanjutnya, Anda akan menemukan tautan menuju chat WA sudah terpasang pada profil bio Instagram. Mudah, bukan?

Cara membuat link di bio instagram (Dok.Istimewa/Droila)
Cara membuat link di bio instagram (Dok.Istimewa/Droila)

Barangkali, ada beberapa di antara pembaca yang ingin menambahkan lebih dari satu link pada bio Instagram. Bisa jadi untuk mengarahkan pengunjung menuju situs pribadi, akun di Tokopedia atau toko online lainnya, dan masih banyak lagi.

Tenang, kamu juga bisa melakukannya sendiri, kok. Soalnya, kamu bisa membuatkan platform Linktree. Melalui platform ini, kamu bisa membuat banyak link sekaligus untuk kemudian ditempelkan pada bio Instagram.

Hanya saja, sebelum menempelkan tautan Linktree di bio IG, kamu perlu membuat akun di situs ini terlebih dul. Lebih lengkap, gini uraian langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Linktree. Klik di sini agar kamu langsung masuk ke halaman situs website tersebut
  2. Kemudian, klik tombol Sign Up Free atau Get Started For Free
  3. Isi data-data yang dibutuhkan. Contohnya seperti alamat email, username, password. Baiknya bikin username dan password yang berbeda dari akun IG kalian. Biar data IG lebih aman!
  4. Jika sudah, klik tombol Register
  5. Kemudian, isi nama akun pada linktree.
  6. Pilih versi gratis atau Free. Menurut penulis, fitur yang ditawarkan untuk versi ini sudah terbilang komplit
  7. Jika sudah mendaftar, kini waktunya kamu memverifikasi pendaftaran lewat email. Maka, kamu perlu membuka email dan cari surat elektronik yang dikirimkan Linktree
  8. Buka pesan tersebut kemudian klik tombol Verifiy Email
  9. Begitu akun sudah dibuat, kini waktunya menambahkan sejumlah link yang sudah kamu siapkan. Klik tombol Add New Link, kemudian isi nama dari link tersebut beserta URL-nya
  10. Jika sudah, kamu bisa menghias desain dari tampilan Linktree agar terlihat lebih kece
  11. Terakhir, tambahkan link dari Linkree ini pada Bio IG lewat cara sebelumnya

Nah, itulah beberapa cara menambahkan link di bio Instagram yang bisa kamu tiru. Mudah dan nggak ribet, bukan?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like