Cara Mengatasi Force Close atau Game Mobile Legend di HP, Trik Terbaru Nih!

Mobile Legend keluar sendiri (YouTube)
Mobile Legend keluar sendiri (YouTube)

Meksipun sudah jarang ditemui, masih aja ada pemain yang menemukan game Mobile Legend keluar sendiri. Tenang, begini lho cara mengatasi force close Mobile Legend yang gampang.

Siapa sih sekarang ini yang nggak tau game Mobile Legend. Kamu bisa dengan mudah kok menemukan pemain game ini; baik anak-anak, remaja, hingga dewasa. Apalagi, game ini udah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna dari berbagai penjuru dunia.

Saking populernya game MOBA ini, banyak pemain yang nggak sadar kalo dibutuhkan spek minimal Mobile Legend. Dan karena dipaksakan, ada aja pemain yang menghadapi kondisi dimana game Mobile Legend force close atau keluar sendiri.

Gameplay Mobile Legend (XDA-Developers)
Gameplay Mobile Legend (XDA-Developers)

Nggak perlu tegang dan khawatir. Ada kok cara mengatasi force close Mobile Legend di HP. Entah HP yang kamu pakai didukung RAM 1GB atau 2GB, ada cara untuk mengatasinya.

Sebagai tambahan aja, simak dulu yuk penyebab game Mobile Legend sering keluar sendiri. Sehingga, kamu bisa mengantisipasi masalah yang sama terulang di kemudian hari, ya.

Spek Minimal Mobile Legend

Harus diakui kalo Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu game mobile paling populer di dunia. Dikembangkan oleh Moonton, game ini sukses mendapatkan pengguna dari beragam latar belakang dan usia.

Sayangnya, game MOBA online ini nggak bisa dimainkan di sembarang HP. Ya, ada spek minimal Mobile Legend agar game berjalan lancar. Melanir situs resmi Moonton, berikut ini keterangannya untuk Android dan iOS:

Spek minimal Mobile Legend (YouTube)
Spek minimal Mobile Legend (YouTube)

Spek Minimum Android Agar Lancar Main Mobile Legend

  • OS: Android 4.1 dan yang lebih tinggi
  • RAM: 1GB
  • Media penyimpanan: 1,7 GB (untuk memasang dan menjalankan komponen game)
  • Koneksi internet

Spek Minimum iOS untuk Main Mobile Legend

  • iOS 9.0 atau yang terbaru
  • RAM: 1GB
  • Media penyimpanan: 1,7GB
  • Koneksi internet

Dari uraian di atas, bisa kita simpulkan kalo game Mobile Legends nggak bisa dimainkan pada HP dengan RAM 512MB. Baik lewat Android maupun iOS, masing-masing membutuhkan kapasitas RAM minimal 1GB.

Jadi, kalo kamu yang menggunakan HP Ram 512MB dan menghadapi force close game ini, bisa kok coba memainkannya lewat PC atau laptop. Tinggal pasang aplikasi emulator Android, kamu bakal bisa memainkan game ini lewat layar yang lebih besar.

Penyebab Aplikasi Game Mobile Legend Force Close

Game Mobile Legend (APKPure)
Game Mobile Legend (APKPure)

Memang, di dalam game Mobile Legend sendiri masih ada bug yang seringkali menggangu pengalaman pengguna. Oleh karena itu, pengembang senantiasa meluncurkan update aplikasi untuk mengatasi bug-bug tersebut.

Namun, bukan berarti permasahan selesai. Bug akan selalu ada. Dan salah satu bug yang masih sulit diatasi pada beberapa perangkat adalah jenis bug force close. Nah, berdasarkan penelusuran tim Droila, ada beberapa penyebab aplikasi Mobile Legend sering keluar sendiri atau force close.

  1. Spesifikasi HP kamu di bawah spek minimal Mobile Legend (baca penjelasan di atas)
  2. Koneksi internet buruk
  3. Banyak aplikasi latar belakang yang berjalan bersamaan
  4. HP overheat atau suhu yang terlalu tinggi
  5. Ada banyak tumpukan sampah atau file cache di RAM

Cara Mengatasi Game Mobile Legends Keluar Sendiri

Setelah mengetahui apa saja penyebab force close game Mobile Legends, yuk kenali cara mengatasinya. Sehingga, kamu nggak perlu merasa kesal ketika memainkan game ini atau mabar bareng teman, bukan?

Nah, berdasarkan penelusuran penulis, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba sebagai cara mengatasi force close Mobile Legend di HP RAM 1GB   atau 2GB. Mau tahu?

Update Aplikasi Game Mobile Legends

Memperbarui aplikasi Mobile Legend (Blogspot)
Memperbarui aplikasi Mobile Legend (Blogspot)

Seperti sudah disinggung di atas, kendala force close merupakan bug yang masih belum bisa diatasi hingga saat ini. Selain itu masih ada sejumlah jenis bug yang kerap mengganggu pengalaman pengguna saat bermain.

Jadi, saat kamu menghadapi masalah ini, hal pertama yang bisa dilakuakan adalah memperbarui aplikasi game Mobile Legends. Bisa jadi, bug yang kamu hadapi sudah diperbaiki dan dirilis pada pembaruan patch.

Paksa Berhenti Aplikasi Latar Belakang

Paksa berhenti aplikasi bloatware (Mixotekno)
Paksa berhenti aplikasi bloatware (Mixotekno)

Ya, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang berpengaruh besar pada performa Mobile Legends. Apalagi kalo HP milikmu cuma memiliki RAM 1GB atau 2GB. Pasti pengaruhnya sangat terasa.

Oleh karena itu, baiknya tutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sebelum membuka game in. Langkahnya cukup mudah, kok. Cukup masuk aplikasi Pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi Terpasang. Setelah itu, pilih aplikasi latar belakang yang ingin ditutup, masuk aplikasi tersebut, lalu tap tombol Force Stop.

Hapus File Cache Android

Membersihkan file sampah di HP Android (Hongkiat)
Membersihkan file sampah di HP Android (Hongkiat)

Inilah salah satu penyebab HP Android jadi lemot dan mudah panas. Jumlah file sampah yang menumpuk terlalu banyak juga menjadikan baterai HP cepat habis. Dan pada kasus ekstrem bisa menyebabkan baterai HP Android bocor.

Maka dari itu, perlu sesekali untuk menghapus File Cache. Menurut penulis, paling aman hapus beberapa hari sekali. Karena bagaimanapun file cache juga memiliki fungsi bagi HP. Tapi, terlalu banyak juga menyebabkan kerusakan. Nah, harus makin waspada dan teliti, bukan?

Usai sudah uraian hari ini mengenai cara mengatasi force close Mobile Legend di HP. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengatasi masalah ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like