5 Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca dan Penyebabnya

kartu sim tidak terbaca
kartu sim tidak terbaca

Pernah menemukan masalah pada HP Android di mana kartu SIM tidak terbaca? Yuk kenali penyebabnya lalu ikuti cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di bawah ini. Dijamin manjur!

Biasanya, keterangan ‘No SIM Card’ muncul kalo kamu nggak memasang kartu SIM dengan benar di perangkat. Inilah alasan utama yang kerap jika kartu SIM tidak terbaca. Namun, alasan kartu SIM tidak terbaca di HP nggak cuma itu aja.

Ya, ada juga alasan-alasan lain yang menyebabkan kamu mengalami hal ini. Salah satunya adalah kerusakan di bagian software. Alasan lainnya yakni kegagalan perangkat untuk mendeteksi jaringan.

Kalo kamu tengah mengalami hal ini, yang dibutuhkan tentunya adalah cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca. Begitu, kan? Tenangkan dirimu, bray. Tim Droila sudah menyiapkan 5 cara mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi.

Namun, sebelum kita mulai pembahasan, penulis akan menguraikan terlebih dulu penyebab kartu SIM tidak terbaca. Setidaknya, kamu bisa menghindari hal ini terjadi atau berulang untuk yang kedua kali.

cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di android
cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di android

Penyebab Kartu SIM Tidak Terbaca

Seperti sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang menyebabkan kartu SIM nggak terbaca. Lebih lengkap dan detail, berikut adalah penyebab-penyebabnya.

Bagian Kuningan Kartu SIM Rusak

Wajib kamu ketahui, bagian kuning pada kartu SIM adalah komponen yang penting. Pasalnya, komponen ini menyimpan data-data pengguna. Masalahnya, bagian ini rentan rusak. Bisa rusak karena usia yang terlalu tua, sering kena overheat mesin, hingga gegara kamu sering memindahkannya ke perangkat lain.

Maka dari itu, untuk menjaga kartu SIM agar tidak rusak, jangan sampai terlalu sering memindahkannya ke perangkat lain. Membahayakan kesehatan kartu SIM milikmu.

Slot Kartu SIM Kendor

Alasan lain yang menyebabkan terjadinya hal ini yakni perangkat yang gagal membaca SIM. Biasanya hal ini disebabkan slot SIM yang kendor.

Tentu saja untuk memperbaikinya kamu butuh membongkar HP. Atau, kamu juga bisa mengganjal kartu SIM agar perangkat bisa membacanya. Mudah, kan?

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Itula dua penyebab utama yang mengakibatkan kartu SIM tidak terbaca. Kini, saatnya kita beralih pada bagaimana cara untuk mengatasinya. Kurang lebih, penulis sudah mengumpulkan 5 langkah yang bisa langsung kamu terapkan.

penyebab kartu sim tidak terbaca
penyebab kartu sim tidak terbaca

Restart HP Milikmu

Di sebagian kasus seperti ini, reboot atau restart HP bisa mengatasinya. Mudah dan nggak butuh waktu lama. Apalagi kalo ada tanda-tanda yang menunjukkan kegagalan software mendeteksi kartu SIM; tanpa ba bi bu, langsung restart aja.

Dengan melakukan restart HP, maka sistem operasi dan program yang berjalan di HP pun bakal diluncurkan ulang. Bakal dimulai dari awal. Dengan begitu, kartu SIM yang terbaca akibat kegagalan software pun bisa langsung teratasi.

Aktifkan Mode Airplane

Kalo kamu nggak mau terlalu ribet untuk menunggu HP reboot, bisa lho cukup mengaktifkan mode airplane. Terutama jika penyebab utamanya bukan pada slot kartu SIM. Cara ini sangat efektif untuk mengatasinya.

Cara mudah untuk mengaktifkan mode Airplane bisa kamu lakukan lewat aplikasi Pengaturan Android atau iPhone. Biasanya, akan ada pilihan menu dengan simbol pesawat. Cukup tap ikon tersebut, maka perangkat pun masuk ke mode pesawat secara otomatis.

Ubah Mode Jaringan Menjadi Auto

Ini adalah penyebab yang jarang dialami oleh pengguna. Biasanya, hal ini terjadi akibat pengguna yang salah memilih penyedia jaringan pada pengaturan. Hasilnya, kartu SIM tidak terbaca.

Maka, untuk mengatasinya, kamu perlu mengubah mode jaringan menjadi Auto. Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Pengaturan. Lalu, buka Jaringan > Mode Jaringan > Jaringan Selular > Jaringan yang Tersedia.

Setelah itu, pilih menu Pilih Otomatis. Dengan begitu, kamu sudah mengaktifkan mode Auto dalam pemilihan jaringan untuk koneksi internet.

kartu sim tidak terdeteksi
kartu sim tidak terdeteksi

Bersihkan Kartu SIM

Ya, sekalipun kamu menyimpannya di tempat yang terbilang rapat, kartu SIM juga bisa kotor, lho. Apalagi jika sampai debu atau jenis kotoran lain menutupi lapisan kuningan; bisa jadi penyebab kartu SIM tidak terbaca.

Jadi, untuk mengatasinya, cukup bersihkan aja kotoran yang menempel. Namun jangan sembarangan membersihkan. Kain dengan permukaan kasar juga berpotensi menambah kerusakan pada lempengan.

Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan kain kering yang lembut. Pun jangan ditekan keras. Lembut dan perlahan.

Bersihkan Cache di Android

Terkadang, masalah ini ternyata bisa kamu selesaikan dengan solusi sederhana: bersihkan aja data cache yang ada di perangkat. Dan untuk melakukannya, mudah kok: buka aplikasi Pengaturan > Storage > Internal Storage > Cached Data.

Kemudian, tap pilihan menu. Selanjutnya kamu akan melihat jendela pop-up yang ingin mengkonfirmasi apakah kamu benar-benar ingin menghapus semua data cache. Proses ini membutuhkan waktu sedikit lama. Jadi, kamu perlu menunggu aja.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan sebagai cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca. Semoga penjelasan tips HP Android di atas bisa membantumu mengatasi masalah ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like