Kumpulan Cara Mengedit Foto di Lightroom Ala Selebgram untuk Pemula

Cara mengedit foto di Lightroom (Adobe)
Cara mengedit foto di Lightroom (Adobe)

Kalo kamu pengin bikin feed Instagram lebih indah dilihat, mengedit pakai aplikasi Lightroom adalah langkah yang tepat. Dan kali ini, tim Droila sudah menyiapkan bagaimana cara mengedit foto di Lightroom. Hasilkan foto ala selebgram dengan tutorial untuk pemula ini.

Baik kamu seorang pemula maupun sudah berpengalaman dalam hal edit foto, Lightroom adalah alat yang sempurna kalo kamu pengin bikin tampilan tanpa cela. Bikin gambar yang aesthetic dan tanpa cela.

Dan kamu pun nggak perlu mengeluarkan dana terlalu besar. Soalnya, untuk aplikasi Lightroom versi handphone, baik untuk Android maupun iOS, bisa kamu unduh dan pakai secara gratis.

So, untuk kamu yang pengin meningkatkan tampilan foto maupun feed Instagram jadi lebih menawan, simak uraian langkah-langkah di bawah ini, ya.

Foto Ala Selebgram

Contoh Feed Instagram (ExpertPhotography)
Contoh Feed Instagram (ExpertPhotography)

Nggak bisa dipungkiri, kini kita bisa menemukan banyak sekali foto berkualitas di Instagram. Baik foto yang dihasilkan para profesional maupun amatir. Serta foto yang digunakan untuk berbagai kepentingan; mulai dari foto produk dari brand tertentu, bisnis, maupun para influencer dan selebgram.

Lalu, bagaimana cara mencuri perhatian di tengah keindahan yang tidak ada habisnya ini? Memang, sulit untuk mewujudkannya. Tapi, bukanlah sesuatu yang nggak mungkin, kok. Yang kamu perlukan hanyalah alat yang tepat serta tutorial yang lengkap.

Sebelum memulai langkah menggunakan Lightroom untuk menghasilkan foto dan feed Instagram yang estetik, baiknya kamu pahami dulu bagaimana  menciptakan kesan estetik pada foto dan feed Instagram.

Feed Ala Selebgram (WordPress)
Feed Ala Selebgram (WordPress)

Yang pertama kamu perlukan adalah konsitensi. Hal ini bisa membantumu untuk menciptakan brand atau ciri khas. Akhirnya, bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk membuka profil. Dan wajib diingat, kamu harus mewujudkan konsistensi tersebut lewat skema warna atau suasana pada foto-foto yang diunggah.

Contohnya, kamu bisa kok mengisi feed Instagram dengan foto yang cerah dan berwarna pastel. Atau, kamu pengin menunjukkan kesan moderen dan elegan tapi estetik dengan penggunaan warna hitam, putih, serta metalik.

Ya, satu-satunya cara untuk menghasilkan feed Instagram yang sempurna adalah dengan mengetahui identitas serta visi-misi dari brand atau ciri khas personal. Jika perlu, tentukan juga tema foto yang akan diunggah selama beberapa pekan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keberlanjutan dalam hal tema dan warna yang digunakan.

Cara Mengedit Lightroom di HP

Memang, sebelumnya penulis pernah menguraikan bagaimana cara edit foto di Lightroom. Hanya saja, penulis merasa masih banyak kekurangan dari artikel tersebut.

Oleh karena itu, artikel ini bertujuan melengkapi artikel sebelumnya dengan penjelasan yang lebih detail dan uraian langkah-langkah yang lebih mudah diikuti. Artikel ini terutama ditujukan untuk kamu yang masih pemula.

Selain itu, masih ada banyak fitur serta rumus yang belum penulis sertakan pada artikel sebelumnya. So, tanpa berlama-lama, langsung simak uraian dari cara mengedit foto di Lightroom yang ada di bawah ini, ya.

Jenis Fitur Efek pada Lightroom

Fitur Lightroom (PicTrix)
Fitur Lightroom (PicTrix)

Untuk menghasilkan foto yang mengagumkan, aplikasi Lightroom menyediakan banyak sekali pilihan efek yang bisa kamu gunakan. Berdasarkan uji coba penulis, ini lho fungsi serta cara menggunakan efek-efek pada aplikasi Lightroom.

Tekstur                 : Fitur ini digunakan untuk menghasilkan tekstur yang lebih halus dan detail. Makanya, kalo kamu mengedit foto potret, mendingan nggak perlu pakai fitur ini. Soalnya, fitur ini lebih berguna untuk kamu yang pengin menunjukkan detail dari foto produk atau foto alam dengan pengambilan close-up.

Dehaze                 : Efek ini bisa maksimal kalo kamu gunakan pada foto dengan latar belakang blur atau berkabut. Pun juga bisa diterapkan pada foto bokeh. Soalnya efek ini bisa meningkatkan grain dan saturasi. Jadi, waspada aja ketika menggunakannya. Jangan sampai terlalu tinggi.

Clarity                   : Efek clarity bisa menambahkan kesan kedalaman dan perspektif dari foto milikmu. Hasilnya, objek foto terkesan jauh serta latar belakang lebih mencolok. Efek ini juga bisa meningkatkan tampilan agar terlihat lebih natural.

Vignette              : Efek vignette bisa menambahkan warna hitam atau putih di bagian pinggir foto. Efek ini bisa menonjolkan objek dari foto.

Panel untuk Memotong foto dan Mengubah Perspektif

Meluruskan Objek di Lightroom (PicTrix)
Meluruskan Objek di Lightroom (PicTrix)

Setiap foto pemandangan, bakal terasa lebih kuat dan indah berkat kehadiran garis horizon. Dan dalam fotografi, yang dimaksud dengan garis horizon yakni bagaimana lurusnya objek yang ditunjukkan di foto.

Nah, jika foto yang dihasilkan sedikit miring, kamu bisa sedikit meluruskannya, lho. Cukup buka filter Geometry, lalu tap Guided Option untuk melihat bagaimana tampilan terbaik dari foto versi aplikasi.

Ya, cukup dilakukan secara otomatis aja. Soalnya, Lightroom dibekali Kecerdasan Buatan yang bakal bantu kamu menghasilkan foto indah dan menawan. Hasilnya, jika ada sedikit kemiringan dari foto, bisa langsung diluruskan!

Mengatur Warna

Mengatur warna di Lightroom (PicTrix)
Mengatur warna di Lightroom (PicTrix)

Apakah kamu pernah coba zoom-in foto lalu menemukan ada kilau cahaya magenta atau hijau di sekitar objek? Masalah warna ini bisa berakibat fatal untuk profesional; soalnya objek jadi terlihat bercahaya.

Nah, kamu bisa memperbaiki masalah ini menggunakan Lightroom, kok. Cukup tap menu Optics, lalu pilih Remove Chromatic Aberration. Hasilnya, pendar cahaya di sekitar objek pun bakal hilang tanpa sisa.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengedit foto di Lightroom. Memang, penulis mengakui, nggak ada uraian langkah-langkah pada artikel di atas. Tapi, dengan menjelaskan fungsi fitur dan filter yang dimiliki aplikasi Lightroom, setidaknya bisa membantumu menghasilkan foto yang lebih mengagumkan.

Jangan sampai ketinggalan beragam artikel tutorial software Android dan iOS terbaik dari Droila. Klik subscribe agar kamu mendapat pemberitahuan beragam informasi terupdate seputar teknologi, games, aplikasi, tips HP, dan rekomendasi handphone terbaik setiap hari.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like