Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android Pakai atau Tanpa Aplikasi

Cara mengembalikan foto yang terhapus (Makeuseof)
Cara mengembalikan foto yang terhapus (Makeuseof)

Seringkali jari ini slip. Terpeleset atau nggak sengaja salah pencet. Hasilnya, foto atau video yang penting pun nggak sengaja terhapus. Eits, nggak perlu panik. Ada kok cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android.

Perlu kamu ketahui, adalah pemahaman yang keliru jika mengira setiap file –baik foto maupun video- yang terhapus pasti selamanya hilang. Sebenarnya, file-file tersebut masih tersimpan di penyimpanan HP. Hanya saja, dalam bentuk fragmen file yang nggak tersusun.

Cara mengembalikan file yang terhapus (MiniTool)
Cara mengembalikan file yang terhapus (MiniTool)

Oleh karena itu, setiap file yang terhapus di HP Android bisa dikembalikan. Sepanjang kamu nggak langsung menumpuk memori dengan sejumlah data baru dalam jumlah besar.

Jadi, cara mengembalikan file yang hilang di HP masih tetap efektif jika rentang waktu penghapusan dan proses pengembalian nggak lama. Dan untuk kamu yang pengin coba, tim Droila sudah rangkumkan beberapa caranya. Penasaran?

Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di HP

Seperti yang sudah kamu simpulkan dari judul, ada dua langkah untuk mengembalikan file yang terhapus. Yakni pakai atau tanpa aplikasi. Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangan.

Dan agar kamu bisa memilih, tim Droila cantumkan keduanya lengkap dengan pilihan aplikasi dan cara penerapan. Tanpa berlama-lama, langsung simak uraian di bawah, ya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi

Google Photo (Technologue)
Google Photo (Technologue)

Setiap HP Android tentu memiliki fitur Google Fotos. Dan beruntunglah kalian kalo fitur sinkronisasi otomatis diaktifkan. Soalnya, setiap foto yang kamu simpan secara otomatis juga akan di-back up oleh aplikasi Google Foto.

Maka, cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP tanpa aplikasi adalah pakai layanan ini. Cukup buka aplikasi Google Fotos, lalu tap ikon garis tiga yang ada di sisi kiri atas layar, pilih menu Trash.

Jika sudah masuk ke menu tersebut, bakal muncul tampilan dari foto-foto yang sudah terhapus. Pilih foto yang ingin kamu kembalikan, lalu tap dan pilih menu Restore. Dengan begitu, foto yang tidak sengaja terhapus pun bakal kembali di galeri HP Android kalian. Mudah, bukan?

Download Google Foto

Cara Mencari Foto yang Terhapus di HP Pakai Aplikasi

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi (Play Store)
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Tanpa Aplikasi (Play Store)

Jika cara di atas gagal dilakukan, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi pihak ketiga. Di Play Store, ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu gunakan. Contoh aplikasi yang banyak dipakai pengguna Android di Indonesia adalah DigDeep Image Recovery.

Aplikasi ini terbilang yang paling terpercaya. Soalnya sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Di samping itu, tampilan antarmuka dirancang agar memudahkan pengguna pemula.

Sehingga, kamu yang nggak terbiasa dengan layanan aplikasi perlengkapan seperti ini pun nggak bakal menemui kesulitan ketika mengoperasikan.

Download DigDeep Image Recovery

Patut dicatat, kamu bakal menemukan banyak pilihan aplikasi sejenis di Play Store. Akan tetapi, hanya sedikit yang terpercaya dan teruji layanannya. So, sebelum meng-install aplikasi untuk mengembalikan foto yang terhapus, lebih baik baca dulu review pengguna, ya.

Nah, itulah beragam cara mengembalikan foto yang terhapus di HP Android versi Droila. Nggak perlu panik, jangan malah piknik, tapi langsung kulik cara di atas bisa foto yang terhapus segera kembali di galeri kalian, ya.

Kalo kamu masih ingin mendapatkan tips HP Android atau iOS terbaik lainnya, jangan lupa subscribe website ini, ya. Setiap hari, ada beragam informasi teknologi, games, dan aplikasi terupdate serta referensi handphone terbaik yang sayang kalo dilewatkan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like