Cara Mengetahui HP Disadap, Waspada dengan Pencurian Data!

Ciri HP disadap (Brightside)
Ciri HP disadap (Brightside)

Di tengah zaman teknologi seperti saat ini, cara mengetahui HP disadap adalah informasi yang penting untuk kamu pahami. Selain bisa membantumu menjaga keamanan data, pun juga bisa mencegah tindak seperti ini dialami orang sekitar.

Mulai dari berbagi informasi dan komunikasi dengan kawan, sampai transaksi keuangan, handphone jadi penghubung kegiatan kita untuk beraktivitas di dunia digital. Tak ayal, kemampuan smartphone yang makin mendekati komputer pun jadi target dari hacker atau peretas.

Bukankah masih hangat di telinga kabar terkait bocornya data milik Tokopedia. Oleh peretas, data-data milik pengguna Tokopedia –mulai dari identitas sampai alamat email dan nomor HP- diperjualbelikan secara bebas di Dark Web.

Nantinya, pihak yang membeli dan memiliki data-data tersebut berkesempatan untuk mengakses akun kalian. Padahal, data-data tersebut rentan untuk disalahgunakan. Dan cara penyalahgunaannyapun beragam.

Peristiwa tersebut memang bukan yang pertama. Pun tampaknya nggak akan jadi yang terakhir. Maka, di tengah perkembangan yang makin membuat kita bergantung pada teknologi seperti saat ini, cara mengetahui HP disadap adalah sesuatu yang wajib dipahami.

Ilustrasi peretasan (Techlicious)
Ilustrasi peretasan (Techlicious)

Ciri HP Disadap

Sebelumnya, penulis bakal menguraikan terlebih dulu bagaimana ciri HP disadap. Soalnya, agar kamu bisa mengerti benar sebelum memberi penilaian akhir kalo HP milikmu tengah disadap orang lain.

Tiba-Tiba HP Jadi Lemot

Pada artikel sebelumnya, penulis sudah menyebabkan beberapa penyebab HP Android lemot. Dan perlu kamu tahu, adanya spyware atau malware yang sedang meretas handphone milikmu juga bisa menyebabkan HP lemot.

Soalnya, virus yang meretas perangkat tersebut bakal berjalan di latar belakang bebarengan dengan aplikasi lain. Hasilnya, aplikasi bisa tiba-tiba menutup sendiri, lag, freeze, atau juga nggak bisa ditutup msama sekali.

Pemakaian Data Tinggi

Ciri handphone disadap yang kedua yakni konsumsi data dalam jumlah tinggi. Maka, saat biaya pemakaian internet melonjak dari bulan-bulan sebelumnya, kamu patut waspada. Ada baiknya, segera lakukan salah satu cara mengetahui HP disadap yang akan dijelaskan di bawah.

Munculnya Aplikasi atau Iklan yang Nggak Kamu Install

Apakah kamu memperhatikan ada aplikasi yang nggak biasa di layar HP? Bisa jadi, itu adalah tanda sesuatu sedang berjalan di perangkat milikmu. Terkadang, hacker butuh meng-install aplikasi tertentu di perangkat target. Tujuannya, untuk mengaktifkan layanan tertentu.

Maka, coba deh mulai memperhatikan jenis-jenis aplikasi yang sudah kamu install dan sering gunakan. Kalo sekiranya ada yang mencurigakan, langsung hapus aja!

Ilusrasi HP disadap (Certosoftware)
Ilusrasi HP disadap (Certosoftware)

Cara Mengetahui HP Disadap Jarak Jauh

Ada banyak cara yang digunakan peretas untuk menyadap HP orang lain. Bahkan, kamu bisa menemukan informasi terkait cara hack HP orang lain dengan mudah lewat internet. Hanya saja, tentu hanya sedikit cara yang benar-benar kredibel dan terbukti.

Setelah kamu memahami bagaimana ciri HP disadap, kini saatnya kamu mengumpulkan bukti untuk benar-benar mengetahui apakah perangkat yang kamu gunakan sedang disadap atau tidak. Dirangkum dari berbagai sumber, begini langkah paling ampuh menurut tim Droila.

Menggunakan Layanan Aplikasi Antivirus

Karena ciri HP disadap salah satunya adalah adanya aplikasi yang mencurigakan serta kemungkinan program virus berjalan dan mengakibat HP lemot, maka kamu bisa memastikannya dengan menggunakan layanan antivirus.

Tapi kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih layanan antivirus. Soalnya, ada juga aplikasi antivirus yang malah disusupi program spyware oleh pengembang. Bukannya aman, data-data milikmu malah disimpan oleh perusahaan keamanan. Ironik, bukan? So, pilih aja aplikasi antivirus Android terbaik yang pernah penulis bahas, ya.

Cara Tahu HP Disadap Menggunakan Kode

Ya, kamu bisa menggunakan kode-kode rahasia untuk pengguna HP Android. Yang pertama adalah kode *#21#. Kode ini bisa membantumu untuk mengetahui adanya pengalihan panggilan aktif pada handphone.

Jika sampai ada, seluruh panggilan telepon yang kamu lakukan juga bisa didengarkan dan direkam oleh penyadap, lho. Tapi tenang aja. Ada kok cara untuk mengatasinya. Cukup tekan kode ##002# pada aplikasi telepon. Kode ini berfungsi menghentikan seluruh perintah pengalihan panggilan yang sudah ditanamkan di perangkat.

Cara mengetahui HP disadap (PhoneArena)
Cara mengetahui HP disadap (PhoneArena)

Adanya Gangguan Suara Aneh Selama Panggilan Telepon

Barangkali, proses penyadapan bisa mudah kita kenali lewat film-film spionase. Biasanya, penyadapan dilakukan sekelompok orang atau pihak tertentu untuk mengetahui informasi apa yang disampaikan selama panggilan telepon.

Nggak Cuma itu aja, penyadapan juga bisa memindahkan sejumlah data milik pengguna ke perangkat lain. Bahaya, bukan? Nah, cara mengetahui HP disadap jarak jauh yang terakhir yakni dengan telepon. Hanya saja, kamu perlu melakukan langkah ini dengan teliti.

Dengarkan secara seksama, apakah ada suara atau bunyi aneh yang terdengar ketika kamu sedang telepon seseorang. Jenis suara yang nggak kamu atau lawan bicara buat selama panggilan telepon.

Keamanan data digital (TheNYPost)
Keamanan data digital (TheNYPost)

Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk mengetahui HP disadap atau tidak. Dan sekalipun terbukti handphone milikmu aman dari gangguan peretas, bukan berarti kamu bisa tenang. Selalu waspada dan jangan sampai lengah, ya.

Jangan sampai ketinggalan beragam tips HP Android dan iOS terlengkap dari Droila. Kamu juga bisa membaca beragam informasi terupdate seputar teknologi, games, software, dan rekomendasi handphone terbaik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like